10 Makanan Khas Kalimantan untuk Wisata Kuliner Asyik

Kalimantan adalah pulau dengan luas terbesar di Indonesia, bahkan yang kedua di seluruh dunia. Tidak hanya dikenal dari populasi suku Dayak yang sudah bertempat di pulau ini selama ratusan tahun, makanan khas Kalimantan juga turut menarik perhatian. Wisata kuliner di pulau ini tidak terlupakan karena penuh dengan kreasi makanan yang unik dan jarang ada. Berikut adalah beberapa menu andalan khas Kalimantan yang populer dan sayang untuk dilewatkan:

1. Soto Banjar

Siapa yang tidak mengenal soto Banjar? Makanan ini merupakan kuliner ternama dari Kalimantan. Cita rasanya sangat terasa, namun hal yang membedakannya dari soto pada umumnya terletak pada kuah. Kuah soto Banjar lebih bening dan tidak mengandung banyak minyak sehingga termasuk makanan sehat.

Penyajian soto ini berbeda dari biasanya karena tidak didampingi nasi maupun lontong. Karbohidrat yang digunakan adalah ketupat. Soto ini seringkali dimakan bersama sate untuk menghadirkan perpaduan rasa yang lebih lezat.

advertisement

makanan khas kalimantan

2. Patin Baubar

Makanan khas Kalimantan selanjutnya adalah Patin Baubar. Sajian ikan Patin ini pengolahannya adalah dibakar. Sebelum diolah, ikan Patin telah dibumbui menggunakan rempah-rempah khas sehingga menghasilkan aroma harum yang menggugah selera. Proses pembakaran membuat bumbu semakin meresap dan menghasilkan rasa yang lezat. Cocok dinikmati dengan nasi hangat bersama sambal.

3. Ayam Cincane

Makanan dengan bahan utama daging ayam sangat populer di Samarinda. Meski memiliki tampilan yang tidak berbeda jauh dari jenis ayam lainnya, namun perbedaannya akan langsung terasa setelah dicicipi. Rasa yang dihasilkan bumbu merah berpadu dengan lengkuas, kemiri, serta jahe menghadirkan citarasa baru yang menyegarkan.

advertisement

Tekstur ayamnya lembut dan gurih, umumnya memakai bahan ayam kampung. Biasanya ayam Cincane banyak ditemukan dalam acara resmi contohnya pernikahan, acara adat, dan sebagainya. Berkat kepopulerannya, hidangan ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai restoran.

4. Pepes Kepiting

Mendengar nama pepes, banyak orang membayangkan ikan atau ayam sebagai bahan dasar pembuatannya. Lain halnya dengan pepes kepiting. Makanan khas Kalimantan Timur ini bahan utamanya adalah kepiting. Jenis kepiting untuk pembuatan makanan ini yaitu kepiting soka, bersama perpaduan bumbu dari cabai, kemangi, serai, serta rampah lainnya.

Kepiting dibungkus daun pisang, lalu dikukus sampai matang. Prosesnya berlanjut dengan membakar kepiting untuk menghasilkan aroma yang lezat. Tekstur daging kepiting soka yang lembut dan cukup besar membuatnya digemari pecinta makanan pedas.

5. Pengkang

Pengkang adalah makanan khas Kalimantan terbuat dari bahan ketan dengan isian udang ebi. Makanan ini termasuk makanan yang bahan pembuatannya lebih banyak terdapat di Kalimantan Barat sehingga cocok dijadikan oleh-oleh khas yang berbeda dari biasanya. Bentuknya menyerupai lempe, namun Pengkang berbentuk segitiga dan didampingi saus kerang spesial yang cukup pedas.

6. Mie Kepiting

Mie yang umum beredar di masyarakat biasanya menggunakan lauk pendamping berupa ayam. Berbeda dengan mie asal Pontianak ini. Bahan utamanya adalah kepiting, dimasak bersama bumbu spesial. Mie kepiting merupakan makanan yang kepopulerannya semakin meningkat, bahkan dijual di daerah lain seperti Jawa dan sekitarnya. Bahkan makanan ini juga muncul dalam film berjudul Aruna dan lidahnya.

7. Nasi Bekepor

Ingin merasakan pengalaman mencoba makanan yang merupakan sajian kesukaan Raja Kalimantan? Nasi Bekepor jawabannya. Makanan khas Kalimantan ini disukai para raja Kalimantan, dimasak dengan santan sehingga menghasilkan rasa gurih dan wangi menyerupai nasi liwet. Meski begitu, perbedaan nasi Bekepor adalah menggunakan lauk daging yang dimasak bumi hangus sehingga menghasilkan aroma dan rasa tak terlupakan.

8. Ketupat Kandangan

Berasal dari Kandangan, racikan makanan ini menghasilkan cita rasa yang otentik. Pada umumnya ketupat dihidangkan bersama ayam hingga daging. Ketupat Kandangan ini menggunakan ikan sebagai lauk pendampingnya. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan gabus yang terlebih dahulu dipanggang sebelum dimasak bersama kuah santan berbumbu.

9. Juhu Umbu Rotan

Ingin mencoba makanan dengan bahan utama rebung? Juhu Umbu Rotan bisa menjadi pilihan, karena menggunakan bahan utama berupa rebung yang dimasak bersama rotan muda. Makanan dengan warna kuning kehijauan ini berasal dari Kalimantan Tengah, tepatnya Palangkaraya.

Makanan ini spesial karena cara membuatnya memerlukan tenaga yang cukup banyak. Hal ini karena duri-duri yang ada di sekitar batang rotan harus dihilangkan terlebih dahulu. Setelah itu rotan dipotong kecil-kecil, kemudian dibumbui dengan bumbu rempah dan dimasak dengan santan.

10. Bingka Kalimantan

Penyuka kue tidak boleh melewatkan jenis makanan yang satu ini. Berasal dari Kalimantan Selatan, kue bingka memiliki rasa manis yang lembut dan memiliki tekstur yang lembut sehingga banyak disukai anak-anak. Bingka adalah kue khas dari Banjar yang terbuat dari tepung terigu, santan, gula, telur, dan garam. Adonannya dipanggang dalam cetakan bunga sehingga menghasilkan bentuk yang menarik dengan warna kuning cantik.

Demikian ulasan seputar makanan khas Kalimantan yang cita rasanya telah membuat banyak orang jatuh hati. Nama-nama yang unik serta perpaduan bumbu khas dari Kalimantan membuat pengalaman kuliner lebih bervariasi. Makanan Kalimantan identik dengan cita rasa pedas, namun bila jeli mencari sebenarnya juga banyak menu yang tidak pedas dan bisa dinikmati karena keunikan rasanya.

sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button