10 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Sudahkah kamu mengetahui apa saja manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh? Seringkali kita menganggap bahwa cuka apel hanya bermanfaat untuk kepentingan dapur saja.

Namun penelitian sains membuktikan bahwa khasiat cuka apel sangatlah luar biasa untuk kesehatan tubuh, baik untuk meningkatkan maupun memeliharanya. 

Apa Itu Cuka Apel

Sebelum memasuki pembahasan utama, ada baiknya untuk kamu mengetahui apa itu cuka apel. 

advertisement

Cuka apel adalah jenis cuka yang dibuat dari ekstrak buah apel. Cairan atau sari-sari yang terdapat di dalam buah apel diambil dengan cara di jus. Kemudian cairan yang didapat akan diproses secara fermentasi.

Proses fermentasi yang dilakukan yakni sebanyak dua kali. Pertama, mengubah sari apel yang didapat menjadi alkohol. Kedua, alkohol tersebut selanjutnya diubah lagi menjadi cuka.

advertisement

Kandungan Cuka Apel

Sudah tentu dibalik cuka apel yang berkhasiat bagi kesehatan, maka didalamnya terdapat kandungan zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh. 

Di dalam cuka apel sendiri terdapat unsur ataupun senyawa yang mampu meningkatkan dan menjaga kondisi tubuh tetap sehat sekaligus mencegah berbagai penyakit.  

Nah berikut ini adalah senyawa atau zat yang terkandung di dalam cuka apel..

  • Magnesium

Magnesium merupakan salah satu senyawa yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang hingga jantung.

  • Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta memproduksi sel darah merah.

  • Phosphor

Phosphor berperan penting untuk memperkuat tulang gigi, hingga sebagai detoks tubuh alami.

  • Asam Amino

Cuka apel juga mengandung asam amino yang dapat membantu meningkatkan stamina hingga menjaga kesehatan jantung.

  • Mangan

Mangan sangat penting bagi tubuh untuk membantu memelihara kesehatan tiroid hingga mengontrol gula darah.

  • Antioksidan

Antioksidan juga sangat penting untuk melindungi kerusakan pada sel-sel tubuh akibat adanya radikal bebas.

Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Lalu apa saja khasiat yang akan kita dapatkan bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah 10 manfaat minum cuka apel :

  1. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita akhir-akhir ini. Bahkan pada tahun 2020 lalu, penderita diabetes di Indonesia naik sebesar 6,2 persen di masa pandemi.

Pada dasarnya diabetes merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Kendati demikian, kita masih dapat melakukan pencegahan. 

Selain gaya hidup yang sehat, mengkonsumsi cuka apel juga dapat mencegah penyakit ini menyerang kesehatan kita. Sebab, cuka apel dapat menurunkan kandungan gula darah yang terdapat dalam tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ada kabar baik untuk kamu yang memiliki masalah dengan berat badan, mengkonsumsi cuka apel juga dapat membantu program dietmu. 

Perlu kamu ketahui bahwa cuka apel sering digunakan untuk membantu menurunkan berat badan sejak dahulu. 

Mengkonsumsi cuka apel sebanyak 15-30 ml setiap harinya selama 3 bulan, dapat menurunkan berat badan hingga 1,7 kilogram.

Sumber gambar : tokopedia.com

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu fungsi cuka apel yang tak kalah pentingnya adalah mengontrol tekanan darah. Ini disebabkan, cuka apel mampu mengintervensi kerja dari hormon renin.

Hormon renin sendiri bertugas untuk mengecilkan serta melebarkan pembuluh darah. 

  1. Membantu Fungsi Pencernaan

Tak kalah pentingnya, cuka apel dapat membantu untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Setidaknya dengan mengkonsumsi cuka apel, kamu dapat terhindar dari beberapa gangguan pencernaan seperti rasa mulas serta kembung.

Cuka apel mampu meningkatkan produksi asam yang dapat berpengaruh baik terhadap kondisi pencernaan.

  1. Mencegah Asam Lambung

Disisi lain dengan peran cuka apel yang mampu meningkatkan produksi asam pada pencernaan, maka hal tersebut juga akan membantu mencegah terjadinya asam lambung. 

Produksi asam yang meningkat akan mencegah resiko terjadinya aliran balik asam, sehingga resiko asam lambung dapat terminimalisir. 

  1. Membunuh Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme yang berpotensi memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk terhindar dari ancaman bakteri maka mengkonsumsi cuka apel menjadi salah satu solusi.

Cuka apel mampu membunuh bakteri dengan sangat mudah. Sehingga bakteri-bakteri jahat yang menyebabkan infeksi pada luka maupun gangguan pencernaan dapat diatasi.

  1. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling dihindari oleh semua orang. Meski kita memiliki resiko untuk terkena kanker, akan tetapi pencegahan juga bisa dilakukan dengan mudah.

Salah satunya adalah mengkonsumsi cuka apel. Ini dikarenakan, cuka apel memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu cuka apel juga mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker atau tumor.

  1. Memperbaiki Penampilan Kulit

Cuka apel juga dapat memperbaiki tampilan kulitmu. Seperti mengobati dan mengurangi jerawat, mencegah penuaan, hingga menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Sama halnya dengan kulit, cuka apel juga mampu meningkatkan kesehatan rambut. Seperti mengurangi rambut kusut, mengobati ketombe, hingga menjaga kelembaban rambut. 

  1. Menghilangkan Bau Kaki

Tentu bau kaki sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak nyaman. Ditambah lagi orang lain juga bisa merasakan hal yang sama. Alas kaki yang kotor dan berjamur ditengarai sebagai faktor penyebabnya.

Cuka apel bisa menjadi salah satu ‘obat’ untuk menghilangkan bau kaki. Kamu tinggal merendam kakimu ke dalam air hangat yang telah dicampurkan dengan ½ cangkir cuka apel.

Waspadai Efek Samping Cuka Apel

Meski begitu, mengkonsumsi cuka apel juga tidak boleh berlebihan. Karena konsumsi yang berlebih berpotensi menimbulkan efek samping, diantaranya :

  • Melemahkan email gigi.
  • Gangguan pencernaan.
  • Menyebabkan kulit terbakar.
  • Mengurangi Kadar Kalium

Untuk mencegah timbulnya efek samping, saat meminum cuka apel disarankan menggunakan perantara air untuk melarutkan.

Kemudian batas aman konsumsi cuka apel antara 5 sampai 30 ml dalam sehari. Untuk mengobati jerawat pada kulit wajah, cukup sedikit cuka apel ke dalam air sebelum mengoleskannya ke wajah. 

Kesimpulan

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh ternyata banyak juga ya! Kamu bisa menggunakannya untuk membantu meningkatkan serta menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. 

Pastikan pula penggunaan cuka apel tidak berlebihan. Karena hal tersebut justru akan berpengaruh negatif dan menimbulkan efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button