10 Manfaat Minyak Kelapa Murni atau VCO untuk kesehatan Tubuh

Manfaat minyak kelapa murni. Siapa yang tidak tahu kelapa? Di antara kita tentu tidak asing dengan tanaman yang seluruh bagiannya bisa digunakan ini. Di Indonesia sendiri keberadaan tanaman ini mudah ditemui, terlebih di daerah-daerah pesisir pantai.

Seperti yang diketahui, seluruh bagian dari tanaman kelapa memiliki manfaat. Mulai dari buah, daun, batang, hingga minyaknya. Semuanya memiliki manfaat yang bisa memberikan nilai guna untuk manusia.

Belakangan ini, yang populer dari tanaman ini adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil tengah. Manfaatnya yang banyak membuat orang beramai-ramai ingin mengonsumsinya. Lalu apakah benar minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat untuk konsumennya? Yuk, kita simak penjelasan tentang beberapa manfaat dari minyak kelapa murni.

advertisement

Manfaat Minyak Kelapa Murni atau Virgin Coconut Oil (VCO)

1. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Minyak identik dengan sesuatu yang berlemak sehingga menyebabkan bertambahnya massa tubuh. Namun minyak kelapa murni justru sebaliknya. Di dalamnya terdapat kandungan asam lemak rantai sedang yang tidak mudah diubah menjadi cadangan lemak. Hal tersebut merupakan kabar baik sebab minyak kelapa murni mampu mendorong penurunan berat tubuh.

Meski begitu, jika ingin membakar lemak pada tubuh kita tetap harus berolahraga dan makan-makanan yang teratur. Minyak kelapa murni hanya menjadi satu alternatif untuk membantu proses penurunan berat badan. Kita dapat mengonsumsinya maksimal satu sendok makan setiap hari.

advertisement

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan jantung diduga karena mengandung polifenol. Polifenol dapat mencegah terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah yang diakibatkan oleh penumpukan plak lemak pada dinding pembuluh darah. Dengan adanya hal tersebut tentu akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Mengurangi Resiko Alzheimer

Seiring bertambahnya usia, manusia mengalami penurunan fungsi tubuh, salah satunya penurunan kemampuan fungsi otak. Maka tidak heran jika orang tua rentan sekali mengalami demensia atau Alzheimer. Minyak kelapa murni mengandung zat keton yang baik untuk meningkatkan memori. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Zat keton juga berfungsi sebagai sumber energi alternatif untuk regenerasi sel-sel otak yang telah rusak. Sehingga minyak kelapa murni baik dikonsumsi oleh penderita Alzheimer.

Meskipun begitu kandungan dalam minyak kelapa murni ini tidak serta merta bisa menyembuhkan seorang penderita alzheimer. Tetap dibutuhkan terapi dalam proses penyembuhannya.

4. Mengatasi Konstipasi

Sembelit atau konstipasi bukanlah penyakit yang asing di telinga kita. Penyakit ini menyebabkan kita sulit untuk buang air besar. Hal ini tentu menjadi masalah jika terjadi selama berhari-hari. Mengonsumsi minyak kelapa murni dapat membantu meredakan konstipasi. Sebab minyak kelapa murni memiliki manfaat untuk mendetoks atau mengeluarkan timbunan racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Efek detoks ini tentu akan terasa jika kita mengonsumsi minyak kelapa murni secara rutin.

5. Minyak Kelapa Untuk Diabetes

Penderita diabetes mengetahui bahwa menjaga berat badan tetap ideal adalah hal penting yang harus dilakukan. Lalu apa hubungannya diabetes dengan minyak kelapa murni? Penyakit diabetes mengakibatkan seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah tinggi ini disebabkan oleh jumlah hormon insulin yang kurang atau jumlah insulin cukup tetapi tidak efektif (resistensi insulin).

Pada penderita diabetes, selain diet rendah gula, diet rendah lemak pun sama pentingnya. Peneliti menemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi lemak rantai sedang seperti minyak kelapa, mengalami penurunan berat badan lebih banyak. Salah satu jenis minyak kelapa dengan panjang rantai sedang adalah Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni. VCO mengandung lemak padat yang lebih sulit diubah menjadi lemak yang disimpan tubuh dan lebih mudah dibakar.

6. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan pada tulang, yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang. Tulang yang semula padat menjadi tipis dan berongga. Untuk mencegah terjadinya osteoporosis, kita bisa mengonsumsi minyak kelapa murni. Akibatnya seseorang yang terserang osteoporosis akan mengalami penurunan kekuatan tulang-tulang.  

Mengonsumsi minyak kelapa murni membantu tubuh lebih efektif dalam menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti kalsium dan magnesium. Ketika asupan kalsium dalam tubuh sangat cukup maka  hal ini dapat membentuk kepadatan tulang yang lebih kuat.

7. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Tidak hanya bisa digunakan sebagai campuran makanan, minyak kelapa murni juga bisa digunakan dengan cara dioleskan. Mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit dapat menjaga kulit agar tetap lembab, halus, dan bercahaya. Selain di kulit, menggosok minyak kelapa murni pada rambut dapat dapat menjadikan rambut lebih lebat berkilau, menutrisi akar rambut, dan melindungi dari kerusakan akibat panas matahari.

8. Manfaat Minyak Kelapa Mengobati jerawat

Jerawat menjadi permasalahan yang seolah tidak ada habisnya. Ukurannya yang kecil ternyata mampu mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang karena dinilai mengganggu penampilan. Beberapa perusahaan kemudian menyediakan obat maupun krim penghilang jerawat. Namun untuk beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, menggunakan bahan organik akan lebih dianjurkan daripada bahan-bahan kimia.

Minyak kelapa murni mengandung asam minyak jenuh yang diduga efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri. Oleh karena itu, kandungan asam lemak jenuh pada minyak kelapa murni dapat menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat.

9. Menjaga Rongga Mulut Tetap Bersih

Jika biasanya kita berkumur dengan air biasa atau obat pencuci mulut, maka sekarang ada alternatif lain. Kita bisa menggunakan manfaat minyak kelapa murni sebagai obat kumur alami untuk membantu membersihkan rongga mulut. Metode ini juga dinilai bermanfaat untuk membantu melindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang, mengobati gejala radang gusi, dan menjaga bakteri di dalam rongga mulut tetap stabil.

10. Menghilangkan Noda Hitam

Selain jerawat, masalah yang muncul pada kulit dan mengurangi rasa percaya diri adalah munculnya noda hitam. Terlalu sering terpapar sinar matahari menjadikan kulit mudah mengeluarkan noda-noda hitam. Tentu hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam. Salah satunya yaitu dengan menggunakan minyak kelapa murni.

Manfaat minyak kelapa murni mengandung vitamin E yang mampu menyamarkan noda hitam tanda penuaan dini ataupun noda hitam akibat paparan sinar matahari. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa murni di area yang diinginkan. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah tadi 10 manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan tubuh kita. Apakah teman-teman tertarik mencobanya? Tentunya, selain mengonsumsi minyak kelapa murni, kita harus tetap rutin melakukan olahraga dan menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita.

sumber gambar : pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button