10 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Sering menemukan selada air dalam lalapan makanan? Selada air merupakan jenis sayuran berwarna hijau gelap dengan bentuk daun bulat kecil. Selada air cukup mudah ditemui dan sering dijadikan sebagai hiasan dalam makanan. Namun, selada air juga bisa diolah menjadi salad, sup, atau tumis sayuran. Tak hanya lezat, ada banyak manfaat selada air untuk kesehatan, lho.

manfaat-selada-air
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selada air mengandung vitamin C yang memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga tubuh bisa melawan infeksi dan mengurangi peradangan. Asupan vitamin C dalam selada air pun bermanfaat dalam mengurangi risiko kerusakan sel darah dan masuk angin.

Kandungan vitamin C dalam selada air juga dapat mempercantik kulit. Selada air adalah sayuran yang kaya akan zat antioksidan. Kandungan mineral dengan vitamin C di dalamnya dapat menghilangkan racun dan mempercantik kulit kamu.

advertisement

  • Melindungi Kesehatan Mata

Manfaat selada air selanjutnya yaitu melindungi kesehatan mata. Kandungan antioksidan dalam selada air, yakni lutein dan zeaxanthin penting untuk kesehatan mata. Selain itu, kedua antioksidan tersebut juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru dari layar gadget. Kandungan tersebut pun bisa menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait dengan usia.

  • Mencegah Kanker

Selada air mengandung fitokimia yang mampu mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu. Bukan hanya itu, kandungan isothiocyanate yang ada dalam selada air juga terbukti mencegah kanker usus besar, prostat, kulit, hingga paru-paru. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa isothiocyanate serta sulforaphane dalam selada air pun dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

advertisement

  • Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Selada air memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker. Nah, kandungan antioksidan dalam selada air dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Selada air mengandung antioksidan seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Tidak hanya itu saja, selada air juga dapat membantu menurunkan kolesterol yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, selada air pun mengandung diet nitrat yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aliran pembuluh darah dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat selada air selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Tahukah kamu bahwa dalam selada air terdapat berbagai mineral yang baik untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, selada air juga mengandung vitamin K cukup tinggi yang dapat membantu tubuh untuk membentuk jaringan tulang yang kuat dan sehat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang dengan asupan vitamin K yang tinggi memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami patah tulang pinggul. Tak hanya itu, kandungan asam folat, magnesium, dan vitamin K dalam selada air juga berfungsi sebagai nutrisi dalam menjaga kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan membantu pembentukan sel-sel tulang.

  • Mengurangi Diabetes

Mengkonsumsi selada air secara teratur juga dapat membantu mengurangi diabetes. Hal ini dikarenakan selada air mengandung asam alfa-lipoat antioksidan. Senyawa tersebut dapat mengurangi kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah perubahan akibat stres oksidatif pada penderita diabetes, serta dapat mengurangi kerusakan saraf pada penderita diabetes.

  • Mencegah Penuaan Pada Kulit

Selain menggunakan skincare anti-aging, ternyata kamu juga bisa mencegah proses penuaan pada kulit dengan rutin mengkonsumsi selada air. Senyawa Isothiocyanate (ITC) dan vitamin C yang ada di dalam selada air dapat membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin pada kulit. Kandungan ini juga membantu kulit lebih banyak memproduksi kolagen, sehingga kulit bisa tampak lebih muda, lebih sehat, dan lebih elastis.

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selada air lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selada air mengandung nitrat yang membantu menciptakan elastisitas di dalam pembuluh darah yang berguna untuk menurunkan tekanan darah.

  • Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Olahraga

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 ditemukan bahwa olahraga meningkatkan potensi kerusakan DNA, serta meningkatkan peroksidasi lipid. Mengkonsumsi selada air sebelum olahraga dapat membantu mengurangi kedua masalah tersebut. Sayuran hijau ini berkontribusi dalam mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh olahraga.

Nah, itulah 10 manfaat selada air untuk kesehatan. Kini, mungkin kamu perlu memasukkan selada air dalam menu masakan sehari-hari. Selada air memang kurang populer di Indonesia. Namun, jenis sayuran yang satu ini cukup banyak ditemui pada masakan Eropa dan Asia Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button