3 Resep Membuat Masker Kopi Sendiri yang Harus Dicoba

Ingin kulit wajah cerah dan cantik secara alami? Tidak perlu biaya mahal, lho. Dengan memanfaatkan resep membuat masker kopi sendiri, kini siapa saja bisa merawat kulit tanpa harus pergi ke klinik kecantikan.

Kopi merupakan bahan pembuat masker herbal yang saat ini sudah mulai populer. Penasaran ingin tahu cara membuat masker kopi dan air biasa? kamu bisa menyimaknya di sini.

Khasiat Masker Berbahan Kopi

Membuat Masker Kopi

advertisement

Sebelum membahas cara membuat masker kopi tanpa campuran maupun dengan campuran, alangkah baiknya kita kenali manfaatnya terlebih dahulu. Adapun manfaat dan khasiatnya adalah sebagai berikut:

1. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah kandungan yang direkomendasikan untuk menangkal radikal bebas. Artinya, antioksidan sangat dibutuhkan oleh kulit kita. 

advertisement

Sebagai informasi, produksi antioksidan pada seseorang akan menurun semakin bertambahnya usia. 

Nah, masker berbahan kopi ini, bisa menjadi solusi untuk mendapatkannya kembali.

2. Sangat Dianjurkan Untuk Kulit Berjerawat

Jerawat adalah kondisi yang terkadang cukup sulit dihilangkan dalam waktu yang singkat. Bahkan, meski sudah berusaha melakukan perawatan, jerawat terkadang sering muncul kembali. 

Cobalah buat masker dari bahan kopi asli untuk mengatasi jerawat. Pasalnya, kopi bisa digunakan sebagai anti peradangan dan juga anti bakteri.

3. Bagus Untuk Menyegarkan Kantung Mata

Kamu sering mengalami kondisi mata panda? Kondisi ini terkadang membuat kepercayaan diri kita menjadi berkurang. Untuk menghilangkan lingkaran gelap pada area mata, kamu bisa membuat masker dari bahan kopi di rumah.

4. Sebagai Anti Aging Alami

Berapa besar biaya yang kamu keluarkan untuk membeli produk anti aging? Kini, cukup dengan tahu cara membuat masker kopi dan madu, kamu dapat mengatasinya sendiri tanpa produk berbahan kimia. Selain biayanya murah, hasilnya juga optimal.

Resep Masker yang Terbuat dari Bahan Kopi 

Pembuatan masker dari kopi ternyata cukup beragam. Kita bisa menyesuaikannya dengan kondisi kulit masing-masing. Adapun resep-resep dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

1. Resep Masker Campuran Minyak Nabati dan Kopi

Ambil kopi sebanyak satu cangkir saja, kemudian giling kasar. Untuk bahan berikutnya, ambil minyak zaitun, atau bisa juga diganti dengan minyak kelapa sebanyak 1 cangkir. 

Khusus yang ingin menggunakan minyak kelapa, pastikan kamu mencairkannya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memasukkannya ke dalam oven atau microwave selama beberapa detik.

Campurkan bahan-bahan tadi di dalam sebuah tempat atau wadah. Setelah tercampur rata, silahkan aplikasikan menggunakan tangan atau kuas kecantikan. Pastikan Anda mengaplikasikannya secara merata.

Selain bagus untuk kulit wajah, juga dapat digunakan di bagian tubuh lainnya. Misalnya area kulit yang terdapat selulit. 

Pijat masker yang sudah dioleskan dengan gerakan memutar. Diamkan selama beberapa menit, kemudian silahkan bilas dengan air hangat. Lakukan proses ini minimal sekali dalam seminggu.

2. Resep Masker Campuran Kopi dan Madu

Sediakan dua bahan, yaitu madu dan kopi. Pastikan kamu memilih madu asli agar hasilnya optimal. Takarannya yaitu satu sendok makan saja untuk setiap bahan-bahan tersebut.

Campurkan bahan tadi di dalam sebuah wadah. Aduk secara merata hingga berbentuk pasta. 

Jika sudah selesai dibuat, silahkan aplikasikan menggunakan tangan ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit dan pijat-pijat melingkar sebelum dibilas.

Setelah proses pemijatan selesai, silahkan bersihkan sisa-sisa masker dengan air. Keringkan menggunakan handuk yang lembut. Masker ini sangat bagus sekali untuk kulit berjerawat. 

3. Resep Masker Berbahan Kopi Untuk Mata Panda

Masker untuk kantung mata ini, hanya memerlukan dua bahan saja. Bahan-bahannya yaitu kopi bubuk 2 sendok makan dan putih telur 1 sendok makan saja.

Campur keduanya hingga berbusa. Kemudian, silahkan aplikasikan dengan cara mengoleskannya di bagian kantung mata. Pastikan bahannya menutupi kantung mata, dan hati-hati agar tidak masuk ke bagian dalam mata kamu.

Sesudah diaplikasikan, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Untuk membersihkannya, kamu tidak perlu langsung menggunakan air. Gunakanlah handuk basah. 

Gunakan air hangat membasahinya, kemudian bersihkan masker. Agar hasilnya optimal, kamu bisa menggunakan pelembap mata.

Itulah beberapa resep membuat masker kopi sendiri yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Selain mudah dan murah, resep di atas sudah terbukti ampuh untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit. Tertarik mencobanya?

sumber gambar : Pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button