5 Cara Blokir ATM BCA Yang Hilang Wajib Tahu!

Cara blokir ATM BCA – Kartu ATM adalah sebuah alat yang difasilitasi bank kepada nasabah untuk keperluan transaksi di seluruh jaringan mesin ATM saat dibutuhkan. Ada banyak jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui mesin ATM, seperti transfer uang, cek saldo, penarikan uang, transfer uang, hingga pembayaran dan pembelian. Selain itu, kartu ATM juga dapat Anda gunakan saat bertransaksi di mesin EDC dan online untuk berbagai merchant yang mendukung.

ATM umumnya dilindungi 6 digit PIN yang hanya Anda ketahui sendiri sehingga orang lain tidak bisa menyalahgunakan saldo milik Anda. Kendati demikian, tak jarang ada beberapa kasus kartu ATM hilang dan berpindah tangan ke oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, ketika Anda kehilangan kartu ATM segeralah lakukan tindakan memblokir kartu ATM tersebut. 

Hal ini patut dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan ATM saat ditemukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dengan begitu, saldo dalam rekening Anda tetap aman dan tidak berkurang. Lantas, bagaimana cara blokir ATM BCA yang hilang? Mari simak ulasan selengkapnya!

advertisement

Blokir ATM BCA Via BCA Mobile

BCA mobil atau dikenal dengan m-BCA merupakan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstal pada ponsel android dan iOS. Dengan adanya m-BCA, para nasabah bisa lebih mudah dan cepat melakukan transaksi tanpa perlu ke ATM maupun ke kantor cabang. 

Perlu diketahui, selain bertransaksi sebenarnya m-BCA ini juga dapat Anda manfaatkan untuk memblokir kartu ATM. Oleh sebab itu, jika Anda kehilangan kartu ATAM segera lakukan pemblokiran via m-BCA. Untuk melakukan pemblokiran ATM, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

advertisement

  • Buka aplikasi untuk melakukan login, lalu akses ke menu “m-Admin”.
  • Klik “blokir kartu ATM”.
  • Setelahnya akan muncul informasi kartu, mulai dari nomor hingga jenis kartu. Pastikan informasi tersebut benar lalu baru klik “Ok”.
  • Masukan PIN m-BCA milik Anda.
  • Terakhir akan muncul notifikasi atau pemberitahuan kartu ATM berhasil diblokir.

Blokir ATM BCA Via Halo BCA

Bagi Anda yang tidak memiliki m-BCA juga bisa melakukan pemblokiran kartu ATM via call center Halo BCA dengan nomor panggilan 1500888. Cara blokir ATM via telepon dengan menghubungi Halo BCA, bisa Anda lakukan dengan jaringan telepon rumah (PSTN/Public Switched Telephone Network) atau telepon seluler (telepon nirkabel). 

Untuk memastikan Anda memblokir rekening sendiri dan bukan milik orang lainnya, biasanya CS akan menanyakan beberapa hal seperti nama sesuai KTP, nomor rekening, perkiraan jumlah saldo, nama ibu kandung dan sebagainya. Supaya jawaban yang Anda berikan lancar dan cepat, sebaiknya siapkan data atau buku tabungan sebelum menelepon.

Hal ini patut dilakukan untuk penghematan waktu dan pulsa yang dikeluarkan. Pasalnya untuk menghubungi Halo BCA Anda akan dikenakan tarif layanan, yakni dari telepon kabel sekitar Rp220 per menit dan telepon seluler mulai dari Rp 900 per menit. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup saat menelepon call center Halo BCA untuk proses pemblokiran kartu ATM BCA. 

Cara Blokir ATM BCA Via Internet Banking Untuk Pengguna Ponsel

Fitur internet banking Klik BCA bisa Anda nikmati setelah melakukan registrasi. Perlu diketahui, untuk registrasi ini Anda tidak dikenakan biaya sehingga tidak ada salahnya jika Anda melakukan registrasi KlikBCA. Jika Anda ingin menggunakan KlikBCA untuk pemblokiran kartu via ponsel, maka bisa mengikuti beberapa cara blokir ATM BCA berikut:

  • Membuka aplikasi BCA Mobile, lalu pilih “KlikBCA”.
  • Selanjutnya pilih “Full Site” pada bagian sebelah kolom “Login”.
  • Masukan “User ID” dan nomor “PIN” internet banking milik Anda, lalu pilih “Login”.
  • Setelahnya pilih dan tekan “Administrasi” pada bagian pojok sebelah kiri bawah. Lalu akan muncul pilihan “Blokir Kartu ATM” pada bagian pojok sebelah kiri bawah.
  • Masukan “Tanggal Lahir Anda” untuk verifikasi keamanan, lalu tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi jika pemblokiran kartu ATM berhasil diproses.

Blokir ATM BCA Via Internet Banking Untuk Pengguna PC

Untuk pemblokiran kartu ATM via internet banking untuk pengguna PC ini sebenarnya hampir sama dengan pengguna ponsel. Hanya saja untuk pengguna PC harus membuka situs web resmi BCA terlebih dahulu untuk bisa melakukan pemblokiran kartu ATM. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara blokir ATM BCA lewat internet banking untuk pengguna PC/tablet, yaitu:

  • Membuka situs resmi BCA ibank.klikbca.com
  • Ketik “User ID” dan masukan nomor “PIN” dalam kolom yang tersedia, lalu klik “Login”.
  • Pilih “Administrasi”, lalu klik “Blokir Kartu ATM”.
  • Masukkan “Tanggal Lahir Anda” untuk verifikasi keamanan, lalu tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi jika kartu ATM milik Anda berhasil diblokir.

Blokir ATM BCA Dengan Mendatangi Kantor Cabang Bank

Cara blokir ATM BCA lainnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan berkunjung langsung ke kantor cabang bank dan membawa beberapa persyaratan seperti buku tabungan, KTP, hingga surat kehilangan dari kepolisian setempat. Dengan melengkapi beberapa persyaratan tersebut, maka pemblokiran kartu ATM bisa langsung diproses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button