7 Pilihan Makanan Khas Gorontalo yang Menggoyang Lidah

Gorontalo menjadi salah satu provinsi di tanah air yang memiliki keindahan alam begitu menawan. Keindahan alamnya yang eksotis membuat Gorontalo sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Ternyata ada banyak pilihan makanan khas Gorontalo yang enak dan siap menggoyang lidah. Berikut adalah 7 rekomendasi makanan asal Gorontalo yang wajib dicoba:

1. Ayam Iloni

Pilihan menu pertama ada ayam iloni yang menjadi salah satu ciri khas kuliner Gorontalo. Ayam iloni ini sebenarnya merupakan olahan ayam bakar yang memiliki cita rasa khas karena bumbunya pun berbeda. Pengolahan ayam bakar iloni ini berbeda dengan jenis ayam bakar biasa yang ada di wilayah lain.

Ayam iloni akan dibumbui terlebih dahulu setelah dicuci bersih. Bumbu khas Gorontalo akan digunakan untuk melumuri daging ayam yang sudah dicuci. Setelah bumbu meresap sempurna barulah ayam dibakar sampai siap untuk dimakan. Bumbu yang digunakan juga dicampur dengan santan sehingga menghasilkan rasa yang lebih gurih.

advertisement

2. Bilenthango

makanan khas gorontalo Bilenthango

Berikutnya makanan khas Gorontalo ada menu bilenthango yang juga sangat populer di Gorontalo. Menu makanan ini terbuat dari bahan utama berupa daging ikan goropoa atau ikan kerapu. Jenis ikan ini sangat populer disantap di wilayah Gorontalo. Menariknya lagi bilenthango ini diolah dengan cara yang sangat unik sehingga membuat cita rasanya begitu berbeda.

Bilenthango diolah dengan cara yang tidak biasa. Daging ikan kerapu akan digoreng dengan menggunakan alas daun pisang. Tujuan penggunaan daun pisang ini adalah untuk menghindari daging ikan gosong ketika digoreng. Namun pemakaian daun pisang justru membuat daging mendapatkan cita rasa tersendiri yang membuatnya lebih enak.

advertisement

3. Sayur Putungo

Makanan khas Gorontalo berikutnya adalah sayur putungo. Sayur ini cukup unik karena menggunakan bahan dasar berupa jantung pisang. Ini merupakan salah satu menu khas Gorontalo dan sangat sering disantap sebagai makanan sehari-hari warga di sana. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan sangat nikmat disajikan bersama nasi putih hangat.

4. Duduli

Gorontalo juga punya camilan yang enak untuk disantap di waktu luang yaitu duduli. Duduli ini menjadi salah satu pilihan makanan ringan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan ini merupakan sejenis dodol khas Gorontalo yang dibuat dari bahan utama beras ketan dan gula merah.

Duduli memiliki cita rasa gurih yang sangat kuat karena menggunakan campuran santan di dalamnya. Proses pembuatan duduli ini tidaklah mudah karena membutuhkan pengadukan selama 8 jam. Sama seperti dodol lainnya, duduli ini memiliki cita rasa yang sangat manis dan teksturnya begitu legit.

5. Tili Aya

Selain duduli ada juga tili aya yang merupakan camilan khas Gorontalo. Tili aya ini memiliki rasa yang manis dan paling sering dijumpai sebagai menu makanan ringan favorit di bulan puasa. Warga Gorontalo juga mengenal tili aya sebagai makanan khas yang wajib dinikmati ketika pertama kali menjalankan sahur di bulan Ramadhan.

Sayangnya saat ini tili aya cukup sulit ditemui di Gorontalo. Tidak seperti dulu dimana tili aya begitu banyak dijual di pasaran apalagi saat bulan puasa. Seiring dengan semakin banyaknya jenis kuliner di Gorontalo, tiliaya pun mulai tenggelam. Jadi, ketika ada kesempatan maka pastikan untuk mencicipi kue khas yang punya banyak makna bagi warga Gorontalo ini.

6. Binte Biluhuta

Berikutnya ada menu binte biluhuta yang merupakan salah satu makanan khas dari Gorontalo. Makanan ini diberi nama binte biluhuta karena sesuai dengan bahan dan cara penyajiannya. Binte biluhuta menurut bahasa Indonesia berarti jagung yang disiram. Makanan ini terbuat dari bahan utama jagung dan diberi bahan campuran seafood seperti udang serta ikan cakalang.

Binte biluhuta menawarkan perpaduan rasa manis, asin, juga pedas. Makanan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi karena mengandung sayuran juga seafood. Menu binte biluhuta biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dan cocok sekali dijadikan sebagai santapan ketika tidak enak badan.

7. Kue Sabongi

Warga Gorontalo juga punya kue Sabongi sebagai camilan yang enak untuk dinikmati saat minum teh. Kue ini mudah sekali ditemukan di Gorontalo karena banyak dijual di pasar-pasar. Kue ini terbuat dari bahan utama parutan ubi dan memakai bahan isian khas Gorontalo yaitu potongan pisang raja.

Makanan ini sekilas mirip dengan combro namun tidak menggunakan bahan isian gula merah. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang sangat unik. Bagian luarnya garing namun cukup lembut di bagian dalam. Rasanya juga manis-manis gurih, sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

Itulah tadi 7 pilihan makanan khas Gorontalo yang wajib untuk dicicipi. Semua pilihan makanan ini cocok untuk dijadikan menu sajian ketika berkunjung ke Gorontalo. Provinsi dengan keindahan alam yang memukau ini akan menjadi destinasi yang tepat tak hanya karena pemandangannya tapi juga kelezatan kulinernya.

Sumber gambar
dedunumax.info
kabartravel.id
fimela.com
sawahku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button