Apa Itu Neraca Lajur? Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Neraca Lajur

Di sebuah perusahaan maka laporan keuangan adalah salah satu hal penting agar perusahaan bisa mengetahui bagaimana siklus keuangannya berjalan. Dengan membuat laporan keuangan yang rapi tentu perusahaan bisa melakukan analisis dan evaluasi menjadi lebih mudah. Salah satu laporan keuangan yang penting untuk dibuat adalah neraca lajur. Nah, jika anda membutuhkan Penjelasan neraca lajur, maka anda berada di tempat yang benar.

Adanya neraca satu ini akan menyediakan gambaran terkait keuangan yang ada, meskipun merasa tersebut bukan salah satu jenis laporan, namun kehadiran neraca satu ini akan membuat laporan keuangan menjadi lebih mudah. Untuk penjelasan lebih lengkap terkait neraca lajur, simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu neraca lajur?

Jika berbicara tentang neraca lajur – isinya adalah worksheet yang memuat semua data akuntansi dan dipakai untuk membuat penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah. Untuk sebuah perusahaan yang masih berskala kecil dan tidak membutuhkan terlalu banyak buku besar, neraca satu ini mungkin tak terlalu dibutuhkan karena perusahaan tersebut bisa langsung menyesuaikannya dengan neraca saldo.

advertisement

Hal ini berbeda ketika berada di perusahaan besar, kehadiran neraca lajur akan memberikan banyak kemudahan untuk merekap data keuangan sebelum staff keuangan melakukan sebuah penyesuaian tertentu. Neraca lajur bisa digunakan sebagai landasan yang akan dipakai untuk memeriksa rekening buku besar yang telah disesuaikan. Tak hanya menyesuaikan saja, namun ada keseimbangan dan dibuat berdasarkan rekening saat membuat laporan keuangan. Penjelasan neraca lajur satu ini mungkin bisa memberi anda sedikit pemahaman terkait neraca lajur.

Bentuk neraca lajur mempunyai 5 kolom yang dipakai untuk nomor akun, penempatan debit kredit, dan nama akun. Kolom tersebut akan dipakai untuk melakukan penyesuaian sehingga antara penyesuaian dan neraca saldo dapat masuk ke dalam neraca dengan baik.

advertisement

Tujuan menggunakan neraca lajur

Neraca lajur dapat membantu untuk memperkirakan hal yang mungkin dapat terjadi sehingga bisa dipakai untuk mengontrol keuangan dalam suatu perusahaan. Setelah sedikit memahami tentang pengertian neraca lajur, ada beberapa tujuan dari penggunaan neraca lajur seperti di bawah ini:

Proses penyusunan laporan keuangan menjadi lebih mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika neraca lajur harus dibuat terlebih dahulu untuk memudahkan proses pembuatan laporan keuangan. Hal tersebut karena semua nominal yang bersumber dari buku besar bisa langsung terlihat di neraca tersebut tanpa anda harus mencarinya lagi di buku besar yang mempunyai kolom banyak.

Meringkas informasi dari neraca saldo

Pada neraca saldo aka nada banyak sekali data baik yang berasal dari data penyesuaian yang dipakai untuk persiapan saat ingin membuat laporan keuangan. Adanya neraca lajur ini maka akan membantu anda saat ingin meringkas dan menggolongkan data pada neraca saldo. Untuk penjelasan neraca lajur satu ini mungkin sangat membantu.

Memperkirakan hal yang mungkin bisa terjadi pada perusahaan

Adanya neraca lajur juga bisa digunakan sebagai hal yang dapat memperkirakan sesuatu yang mungkin bisa terjadi pada perusahaan tersebut. Hal tersebut karena pengeluaran perusahaan bisa dilihat dengan mudah. Tentunya hal tersebut dapat menjadi sarana bagi manajemen untuk memperkirakan hal yang mungkin bisa terjadi.

Meminimalkan suatu kesalahan

Anda pastinya juga tahu kika proses pembuatan laporan keuangan berisiko mempunyai kesalahan . Bahkan mungkin kesalahan di awal sebelum membuat laporan keuangan bisa terjadi dan menyebabkan hasil akhir yang salah. Saat menggunakan neraca lajur bisa digunakan sebagai alat untuk meminimalisasikan kesalahan yang bisa muncul saat membuat jurnal penyesuaian.

Fungsi dari Neraca Lajur

Ada beberapa fungsi neraca lajur yang dapat anda gunakan saat menyusun laporan keuangan. Jika anda sudah memahami neraca ini maka menjadikan penyusunan laporan keuangan menjadi lebih efektif dan efisien.

Mengevaluasi transaksi keuangan

Saat anda bisa menyusun neraca lajur yang rapi maka akan lebih mudah untuk sebuah perusahaan untuk melakukan proses pendataan dan mengevaluasi pencatatan yang dilakukan sebelumnya. Saat proses pencatatan, terkadang staff keuangan bisa melakukan kesalahan saat menjumlah saldo. Saat menggunakan neraca satu ini maka hal tersebut bisa diminimalisir.

Meringkas data lebih mudah

Untuk perusahaan besar tentu akan melakukan banyak transaksi yang bisa terjadi setiap harinya dan saat melakukan proses rekap setiap bulan. Adanya neraca lajur bisa membantu anda saat ingin menggolongkan beberapa transaksi yang ingin diringkas. Setiap transaksi nantinya dapat dibagi dalam lajur berbeda dan menjadi lebih rapi saat anda mengeceknya kembali.

Prosedur untuk kredibilitas perusahaan

Sebuah perusahaan yang dapat mengelola keuangannya dengan baik maka akan membuat neraca satu ini. Neraca akan memberikan sebuah gambaran atau data yang lebih terstruktur. Nantinya akan membuat alur laporan keuangan menjadi lebih mudah. Semoga informasi terkait penjelasan neraca lajur bisa membantu anda dalam membuatnya dan menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button