Apa perbedaan sabun Arab Pyary asli dan palsu?

Bagaimana cara membedakan sabun Pyary asli dan palsu? Apakah ada sabun arab pyary yang palsu? Bagaimana ciri-ciri yang palsu?

Memang banyak produk kw atau palsu di pasaran. Kalau yang palsu itu berupa produk fashion, tidak berefek ke kesehatan kulit. Tapi bagaimana kalau yang palsu itu produk skincare? Masih mending kalau produk palsu itu mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya. Tapi bagaimana kalau produk skincare palsu tersebut mengandung bahan berbahaya?

Salah satu sabun impor yang laris di pasaran Indonesia yaitu sabun dengan merk Pyary. Meskipun produk impor, harganya masih terjangkau. Sabun Pyary bisa didapatkan dengan harga mulai dari belasan ribuan rupiah. Sabun ini juga disebut sabun arab. Aku nggak tau kenapa sabun Pyary disebut sabun arab, padahal sabun ini adalah produk dari India. Kemasannya juga menggunakan bahasa Inggris, bukan bahasa Arab.

advertisement

Sabun Pyrary Turmeric Soap dikemas dalam box berwarna hijau muda dan putih. Di bagian kemasan terdapat gambar kunyit. Kunyit merupakan salah satu bahan yang digunakan pada sabun ini. Sedangkan secara fisik, sabun ini merupakan sabun batang berwarna oranye.

Sabun kunyit Pryary diklaim bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan flek hitam, menghilangkan bekas luka, menangkat kotoran di kulit, dan menghilangkan keputihan. Sabun ini dapat dipakai oleh wanita maupun pria.

advertisement

Selain sabun kunyit, ada juga sabun pepaya Pyary, dan sabun Pyary Nalpamara. Selain itu, ada juga cream Pyary yang bisa digunakan untuk perawatan wajah.

Banyak produk impor dan murah yang tidak terdaftar di BPOM. Tapi meskipun produk impor, produk-produk Pyary sudah terdaftar di BPOM, sehingga aman digunakan. Itu juga berarti produk Pyary sudah secara legal dijual di Indonesia. Adapun perusahaan yang mendaftarkan Pyary ke BPOM adalah PT Sanobar Gunajaya yang beralamat di Medan. Jadi, perusahaan ini merupakan importir resmi produk-produk Pyary.

Namun, meski merupakan produk yang aman digunakan, buat kalian yang mau mecoba sabun Pyary, berhati-hatilah dengan sabun Pyary palsu. Produk Pyary asli yang legal dan aman adalah yang diimpor oleh PT Sanobar Gunajaya selaku importir resmi produk tersebut. Kalian bisa beli ke penjual sabun Pyary yang ambil barangnya dari perusahaan tersebut, untuk berjaga-jaga agar mendapatkan produk asli.

Lalu bagaimana sih cara membedakan sabun Pyary asli dan palsu?
Sabun Pyary yang asli tidak gampang luntur setelah kena air. Beda dengan sabun Pyary palsu yang gampang luntur. Sabun Pyary asli yang diedarkan di Indonesia sudah terdaftar di BPOM, sehingga di kemasannya sudah ditempeli penjelasan produk dalam bahasa Indonesia.

sumber: Shopee @sabunarabwawa

Di marketplace banyak yang beli sabun Pyary tapi kecewa karena ia mendapatkan barang yang menurutnya palsu. Ada yang ragu tentang keaslian sabun Pyary yang ia beli.

Misalnya pembeli dengan username sheillakharismag ini. Ia bingung dengan produk yang ia dapatkan apakah asli atau tidak. Produk yang ia dapatkan warnanya gampang luntur dan menyebabkan kulitnya perih. Di pahanya juga muncul bintik-bintik merah dan gatal.

Ada juga pengguna Shopee dengan username dantivt yang kecewa karena bau, warna, dan kemasan sabun berbeda dengan sabun Pyary yang pernah ia beli. Ia juga mencantumkan foto sebagai bukti kalau sabun Pyary yang ia dapatkan berbeda dengan sabun Pyary yang pernah ia beli.

Dari foto yang di-upload tersebut jelas tampak perbedaannya. Produk yang sebelah kanan terdapat cetakan tulisan pyary, sedangkan kalau di sebelah kiri tidak ada dan warna oranyenya juga lebih gelap ketimbang yang sebelah kanan (asli).

Ternyata yang kecewa bukan cuma satu atau dua orang saja, tetapi banyak. Pengguna Shopee dengan username tata132 juga menganggap kalau ia mendapatkan sabun Pyary palsu, karena warna, aroma, dan kemasannya berbeda. Selain itu, sabun Pyary yang sudah ia pakai jadi licin, warnanya juga jadi pudar setelah sabun tersebut kena air.

Dari sejumlah komentar pengguna yang kecewa, ternyata komentarnya seragam, sabun Pyary yang dianggap palsu mudah luntur seteah kena air.

Bagi kalian yang tertarik ingin mencoba sabun Pyary, sebaiknya pilih sabun Pyary yang dikemasannya sudah ditempeli stiker berbahasa Indonesia dan sudah terdapat nomor BPOM.

Demikian pembahasan tentang perbedaan sabun Pyary asli dan palsu. Maaf, untuk toko yang menurut pembelinya menjual sabun Pyary paslu nggak bisa aku sebutin di sini. Aku nggak mau dibilang menjatuhkan lapak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button