Apa perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater?

Apa sih perbedaan Shopeepay dengan Shopee Paylater? Keduanya merupakan layanan pembayaran yang disediakan oleh Shopee. Sama-sama bisa buat belanja, tetapi cara kerjanya berbeda. Keduanya menawarkan kemudahan untuk belanja lewat Shopee.

Belanja online kini makin mudah, ada beragam pilihan pembayaran yang bisa dipilih oleh pembeli. Bahkan pengguna bisa menyimpan saldo di akun marketplace yang bisa digunakan untuk berbelanja atau bisa ditarik ke rekening. Kalau untuk Bukalapak namanya BukaDompet. Sedangkan kalau Shopee namanya ShopeePay.

Dengan banyaknya fitur yang ada, Shopee bukan sekedar marketplace saja. Aplikasi ini multifungsi, bukan hanya sekedar untuk jual beli. Selain itu, promo-promonya juga menarik. Tak heran jika Shopee menjadi aplikasi jual beli nomor 1 di Indonesia. Salah satu fitur yang banyak digunakan oleh penggunana Shopee adalah Shopee Paylater. Apa bedanya dengan ShopeePay?

advertisement

1. ShopeePay
Shopee pay merupakan layanan yang disediakan oleh Shopee untuk mempermudahkan pembayaran saat beli barang di Shopee. Dengan menggunakan saldo Shopee pay, belanja online jadi lebih praktis. Misal, kalau Anda beli barang ke tiga toko, kemudian pilih pembayaran lewat transfer, Anda harus tiga kali transfer.

Sedangkan jika menggunakan saldo Shopeepay, Anda tak perlu bolak-balik ke ATM kalau mau pesan barang di Shopee. Tinggal isi saldo Shopeepay, kemudian menggunakan saldo tersebut untuk berbelanja di Shopee.

advertisement

Untuk akun Shopee yang belum terverifikasi, limit saldo Shopeepay adalah Rp2 juta, sedangkan untuk akun yang sudah terverifikasi, limitnya Rp10 juta.

Saldo Shopeepay bisa diisi melalui transfer maupun lewat minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Shopeepay juga jadi tempat penampungan saldo dari pesanan yang dibatalkan. Misal, Anda pesan barang di Shopee dengan pembayaran lewat Indomaret, kemudian penjual membatalkan pesanan Anda, maka dana yang sudah Anda bayarkan akan masuk ke Shopeepay Anda.

Shopeepay juga tempat penampungan saldo hasil penjualan. Bagi yang jualan di Shopee, dana dari pembeli tidak langsung ditransfer ke rekening penjual, melainkan ditampung dulu di Shopeepay penjual. Setelah dana masuk ke Shopeepay, penjual bisa meminta penarikan dana.

2. Shopee Paylater
Layanan beli barang lewat online dengan sistem kredit memang sedang populer. Shopee pun tak mau ketinggalan dengan menghadirkan layanan Shopee Paylater. Layanan ini memungkinkan pengguna bisa membeli barang, kemudian bayarnya belakangan. Dengan kata lain Shopee memberikan pinjaman untuk pembelian barang.

Adapun batas nominal pembelanjaan ditentukan oleh Shopee. Ada yang sampai 5 juta, ada juga yang di bawah itu.

Perbedaan Shopee Pay dan Shopee Paylater
Jadi, perbedaan antara Shopeepay dan Shopee Paylater terletak pada cara kerjanya. Shopee Pay bisa digunakan untuk berbelanja jika ada saldonya. Sedangkan untuk menggunakan Shopee Paylater, pengguna tidak perlu isi saldo dulu. Adapun batasan penggunaan Shopee Paylater ditentukan oleh Shopee.

Deikian pembahasan tentang perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater.

12 Comments

    1. Aku dari banjar masin bsok aku dsruh interview ke bpf untung aja aku udh bca dr google jd bsok ngga jd trun krna pnipuan bilng nya jd admin eh trnyata bnyk yg coment negatif dsni jd aku tau deh bhwa PT BPF pnipuan 😕

  1. waduh, saya hari ini baru saja join zoom meetingnya. gimana ya, udah ngirim absensi digoogle form disuruh input foto ktp. setelah audience dikonfirmasi datanya ada beberapa yang kurang, hrd nya kayak mulai emosi gitu dari nada suaranya yang seharusnya harus profesional ya terlebih lagi hrd yang kita tahu pembawaannya santai. setelah muncul rasa curiga, saya mulai mencari digoogle dengan keyword “PT. BPF penipuan?” dan nemu ini, kira2 aman gak ya data kita? sebelumnya cuma masukin CV tanpa dokumen2 pendukung, hanya saja ketika absensi google form disuruh masukin foto ktp:(

  2. Alhamdulillah saya Nemu link ini, padahal udah besok jam 8 pagi saya berangkat interview langsung , setelah baca ini aku gamau hadir untuk besok , terimakasih infonya yah 🙏 saya sempat ter iming iming oleh gajinya hehe , ibu sama Kaka juga udh gaenak perasaannya

  3. Yg semalam tggal 15des2021 ikutan via zoom apakah ada?
    Jd bagaimana baiknya y teman2 KTP udh trlanjur dikirim..
    Katany butuh admin support..
    Apakah it hanya iming-iming,dn akan d jadikan marketing?

    1. Fiks gw mundur, untung belum isi data, dari pada data kita disalahgunakan, ngak hanya di fb tapi info lowker semacam ini berkeliaran juga di telegram.

  4. Harapan sudh tinggi ekspetasi sudh ada . Bahgia krna mndpt pnggln pekerjaan walopun baru prosesnya seengganya udh muncul angin angin segar. Namun apa ada daya setalh baca ini hati tr gores luka sperti di putuskan kekasih dn kekasih itu menikah dg orng lain krna hamil. #skitnamuntakberdarah

  5. Aku izin sharing ya, aku dapat info lokernya dari sodara aku. Dateng ke kantor langsung interview kan… Aku heran aku ngisi form nya aja udah banyak curat coret, terus pas psikotes juga asal asalan tapi katanya lulus, nilainya juga diatas 80 katany… Terus kan biasanya kita yang nanya nanya ke managernya soal training dsb tapi ini malah sebalik nya managernya yang nanya nanya kaya ngemis ngemis biar kita gabung, akhirnya aku kerja disitu baru 2 minggu perasaan aku ga enak, banyak orang langsung ngundurin diri, tiap minggu pasti ada pegawai baru juga, sampai temen aku yang kebetulan kerja disitu juga ngundurin diri alesan nya karna ga di gaji padahal dia udah menuhin kewajibannya buat dapet 40 app perbulan tapi hak gaji gak dia terima karna belum dapat nasabah mana aku sama dia dari luar kota yang butuh ongkos gede. Mereka cuman manis diawal aja, pas penjelasan hak sama kewajiban katanya kalo dapet nasabah kita dapet komisi, kalo ga dapet nasabah tapi capai target app kita dapet allowance tapi semua itu hoax bestiee… Jangan mudah tergoda ya nyesek nanti. Wawancara, lamaran sama training cuman formalitas aja, ujung ujung nya kita diperbudak!!! Ga ada akad kerja, ga ada regulasi tertulis dan ga ada transparansi penggajian!!!

    1. bangke, hampir aja gw datang buat buang2 waktu besok walk in interview tanggal 16 februari 2022. heran juga baru apply kemaren besok udah ada interview. makasih sharingnya bray

  6. Mimin, tadi aku udah interview zoom terus disuruh ngisi absen kan, nah disitu ada foto KTP. Nah aku dengan begonya aku ngisi dong. Dan tanggal 24 Mei 2022 di suruh dateng di kantor pusatnya. Kira-kira itu foto KTP kita aman ngak sih?

    1. KTP biasa digunakan perusahaan untuk keperluan pendataan dan kecocokan data. aman tidak nya itu kembali pada perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button