Apa perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater?

Apa sih perbedaan Shopeepay dengan Shopee Paylater? Keduanya merupakan layanan pembayaran yang disediakan oleh Shopee. Sama-sama bisa buat belanja, tetapi cara kerjanya berbeda. Keduanya menawarkan kemudahan untuk belanja lewat Shopee.

Belanja online kini makin mudah, ada beragam pilihan pembayaran yang bisa dipilih oleh pembeli. Bahkan pengguna bisa menyimpan saldo di akun marketplace yang bisa digunakan untuk berbelanja atau bisa ditarik ke rekening. Kalau untuk Bukalapak namanya BukaDompet. Sedangkan kalau Shopee namanya ShopeePay.

Dengan banyaknya fitur yang ada, Shopee bukan sekedar marketplace saja. Aplikasi ini multifungsi, bukan hanya sekedar untuk jual beli. Selain itu, promo-promonya juga menarik. Tak heran jika Shopee menjadi aplikasi jual beli nomor 1 di Indonesia. Salah satu fitur yang banyak digunakan oleh penggunana Shopee adalah Shopee Paylater. Apa bedanya dengan ShopeePay?

advertisement

1. ShopeePay
Shopee pay merupakan layanan yang disediakan oleh Shopee untuk mempermudahkan pembayaran saat beli barang di Shopee. Dengan menggunakan saldo Shopee pay, belanja online jadi lebih praktis. Misal, kalau Anda beli barang ke tiga toko, kemudian pilih pembayaran lewat transfer, Anda harus tiga kali transfer.

Sedangkan jika menggunakan saldo Shopeepay, Anda tak perlu bolak-balik ke ATM kalau mau pesan barang di Shopee. Tinggal isi saldo Shopeepay, kemudian menggunakan saldo tersebut untuk berbelanja di Shopee.

advertisement

Untuk akun Shopee yang belum terverifikasi, limit saldo Shopeepay adalah Rp2 juta, sedangkan untuk akun yang sudah terverifikasi, limitnya Rp10 juta.

Saldo Shopeepay bisa diisi melalui transfer maupun lewat minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Shopeepay juga jadi tempat penampungan saldo dari pesanan yang dibatalkan. Misal, Anda pesan barang di Shopee dengan pembayaran lewat Indomaret, kemudian penjual membatalkan pesanan Anda, maka dana yang sudah Anda bayarkan akan masuk ke Shopeepay Anda.

Shopeepay juga tempat penampungan saldo hasil penjualan. Bagi yang jualan di Shopee, dana dari pembeli tidak langsung ditransfer ke rekening penjual, melainkan ditampung dulu di Shopeepay penjual. Setelah dana masuk ke Shopeepay, penjual bisa meminta penarikan dana.

2. Shopee Paylater
Layanan beli barang lewat online dengan sistem kredit memang sedang populer. Shopee pun tak mau ketinggalan dengan menghadirkan layanan Shopee Paylater. Layanan ini memungkinkan pengguna bisa membeli barang, kemudian bayarnya belakangan. Dengan kata lain Shopee memberikan pinjaman untuk pembelian barang.

Adapun batas nominal pembelanjaan ditentukan oleh Shopee. Ada yang sampai 5 juta, ada juga yang di bawah itu.

Perbedaan Shopee Pay dan Shopee Paylater
Jadi, perbedaan antara Shopeepay dan Shopee Paylater terletak pada cara kerjanya. Shopee Pay bisa digunakan untuk berbelanja jika ada saldonya. Sedangkan untuk menggunakan Shopee Paylater, pengguna tidak perlu isi saldo dulu. Adapun batasan penggunaan Shopee Paylater ditentukan oleh Shopee.

Deikian pembahasan tentang perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button