Apakah penipuan Alodokter Asuransi DBD 2 juta?

Banyak yang mendapatkan telepon penawaran program asuransi Alodokter setelah instal aplikasi Alodokter. Mereka diiming-imingi asuransi DBD (demam berdarah dengue) dengan nilai proteksi sebesar 2 juta. Banyak yang komplain karena meminta data-data diri pengguna seperti foto KTP, nomor rekening, dan foto buku tabungan. Benarkah tawaran itu adalah resmi dari pihak Alodokter? Atau cuma penipuan?

Memang kita tak boleh sembarangan memberikan data-data pribadi ke orang yang tak dikenal. Jangan sampai data pribadi kita disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kalau ada orang tak dikenal, tiba-tiba minta data pribadi, patut dicurigai. Apalagi sekarang banyak penipuan. Bukan cuma sekarang saja sih, dari dulu juga banyak penipuan.

Namun, kalau ada panggilan penawaran asuransi Alodokter itu terjadi setelah menginstal aplikasi, berarti kemungkinan besar dari pihak Alodokter. Kenapa bisa terjadi? Suatu aplikasi bisa mendapatkan data-data dari pengguna, tergantung izin aplikasi.

advertisement

Bukan penipuan
Nah, pada aplikasi Alodokter, sebelum diinstal, pengguna harus menyetujui izin aplikasi Alodokter, yaitu mengakses nomor HP, akun FB, email, dan lokasi. Dengan menginstal Alodokter, berarti pengguna setuju kalau aplikasi tersebut bisa mengetahui data-data tersebut, termasuk nomor HP. Jadi, nomor HP yang didapatkan Alodokter itu berdasarkan izin dari pengguna.

Nah, telepon penawaran asuransi setelah menginstal aplikasi Alodokter merupakan cara promosi pihak Alodokter dalam menawarkan program asuransi Proteksi Alodokter.

advertisement

Namun, ada baiknya kalau pengguna dijelaskan bahwa itu adalah program asuransi. Bukan kesannya pengguna akan mendapatkan 2 juta, kemudian meminta data-data diri pengguna. Masih banyak orang yang tidak tahu asuransi itu apa. Misal, ada orang yang mengira kalau dirinya mendapatkan 2 juta, kemudian ia kasih data-data pribadinya termasuk nomor rekening. Bukannya mendapatkan 2 juta, eh saldo rekeninnya malah terpotong tiap bulan.

Dalam ketentuannya, program pembayaran program Proteksi Alodokter melalui autodebet. Jadi, setelah Anda menyetujui untuk bergabung dan sudah memberikan data-data diri yang diminta, berarti Anda setuju kalau saldo rekening Anda dipotong tiap bulan untuk pembayaran asuransi Alodokter.

Gara-gara cara promosi seperti ini, banyak yang memberikan penilaian bintang 1 terhadap aplikasi Android Alodokter. Hal ini dapat menurunkan kredibilitas Alodokter.

Jadi, adanya telepon yang mengaku dari pihak Alodokter setelah memasang aplikasi Alodokter di HP bukanlah modus penipuan, melainkan benar-benar dari pihak Alodokter sebagai cara promosi untuk menawarkan program asuransi mereka.

Adapun untuk santunan yang ditawarkan, seperti halnya program asuransi lain, diberikan sesuai dengan klaim yang diminta, sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis asuransi. Sederhananya, santunan diberikan kalau nasabah sakit hingga perlu perawatan di rumah sakit.

Jika Anda mendapatkan telepon dari pihak Alodokter yang menawarkan program asuransi, kalau Anda tidak memerlukannya, silakan abaikan saja. Tidak perlu memberikan data-data diri kepada penelepon.

Bagi yang sudah terlanjur gabung dan ingin berhenti, silakan hubungi email support@alodokter.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button