Apa perbedaan Maycreate asli dan palsu bisa dilihat dari harganya?

Bagaimana sih ciri-ciri Maycreate Spray asli? Apa perbedaan Maycreate asli dan palsu? Apakah yang palsu lebih murah ketimbang yang asli? Produk dari mana sih?

Kali ini aku mau bahas salah satu produk yang lagi booming, yang katanya bisa memutihkan kulit, yaitu Maycreate Moisturizing UV Spray. Lotion atau yang lebih tepat disebut sebagai sunscreen spray ini bukan produk dari Korea, melainkan dari China. Lagipula di kemasannya juga jelas-jelas menggunakan bahasa China, bukan Korea.

Adapun khasiat Maycreate bisa memutihkan kulit dengan cepat. Namun, efeknya tentu saja tidak permanen. Maycreate bermanfaat sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV sekaligus memberikan efek warna kulit putih. Tapi, banyak yang mengalami warna kulitnya jadi abu-abu setelah memakai produk tersebut. Itu terjadi pada pemakai Maycreate yang warna kulitnya gelap. Maycreate lebih cocok dipakai bagi yang punya warna kulit kuning, atau putih. Lha, kalau sudah putih buat apa pakai produk pemutih?

advertisement

Apa perbedaan Maycreate asli dan palsu?
Lalu bagaimana cara membedakan antara Maycreate yang original dengan yang palsu? Apakah bisa dilihat dari harganya? Adapun harga Maycreate berbeda-beda, ada yang di atas Rp50.000, ada juga yang jual Maycreate dengan harga belasan ribu rupiah saja.

Banyak beautyvlogger yang sudah melakukan review Maycreate, ada yang murni review, ada juga yang review untuk tujuan promosi (bisa dilihat dari adanya link jualan di deskripsi video). Dari review tersebut, membuktikan kalau efek Maycreate itu cepat bikin kulit putih. Namun, efek putih ini lebih ke kosmetik, seperti halnya kalau pakai bedak ke muka, kalau sudah luntur, kembali ke warna kulit asal.

advertisement

Lagipula apa yang diharapkan dari produk seharga puluhan ribu? Putih permanen? Kalau ada produk yang bisa bikin putih dalam waktu cepat dan hasilnya permanen, itu malah mencurigakan. Perubahan warna kulit butuh proses, tidak instan. Kalau penggunana lotion pemutih yang efeknya instan itu biasanya cuma sementara, tidak permanen.

Namun, karena Maycreate ini sebenarnya adalah sunscreen pray, yang manfaatnya adalah sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Kulit yang terpapar sinar matahari warnanya bisa lebih gelap ketimbang yang tidak kena sinar matahari. Warna gelap tersebut karena kulit memproduksi zat melanin sebagai pelindung kulit. Namun, efek produksi melanin ini bisa bikin kulit lebih gelap. Produk pelindung kulit dari sinar matahari bisa digunakan sehingga warna kulit terjaga meskipun kena sinar matahari.

Adapun untuk harganya, itu nggak jadi jaminan keaslian produk tersebut. Baik yang mahal maupun yang murah, itu bisa saja asli. Belum tentu yang harganya murah itu palsu. Penjual bisa saja menjual dengan harga murah karena mendapatkan harga kulakan yang lebih murah.

Karena kemasannya mengguakan bahasa China, susah untuk mencari informasi produsen Maycreate. Aku pun coba menggunakan situs aliexpress.com yang merupakan situs e-commerce asal China. Memang di situ ada yang jual produk-produk Maycreate, tapi aku nggak nemu produk Maycreate yang lagi heboh itu. Ternyata produk dengan merk Maycreate bukan cuma satu produk saja, tapi ada juga lipstik, eyeliner, dan sebagainya.

Aneh juga sih kalau Maycreate spray tidak dijual di situs Aliexpress, secara produk dari China, penjualannya juga banyak, masa sih nggak ada satupun yang menjualnya lewat situs e-commerce China tersebut? Apakah sunscreen spray Maycreate abal-abal produk abal-abal?

Okelah, aku coba search di e-commerce China lainnya. Aku coba cari di situs tmall.com. Agak susah nyarinya, karena webnya pakai bahasa China. Aku nggak nemu, malah dari situs tersebut aku bisa tahu kalau ada produk yang tampilannya mirip banget dengan Maycreate, tapi merknya berbeda.

sumber: detail.tmall.com

Tuh kan, dari kemasannya saja sangat mirip dengan produk Maycreate yang lagi heboh itu.

Maycreate spray (sumber: alibaba.com)

Setelah aku telusuri lagi, ternyata nggak cuma Zilaix, ada banyak produk sejenis Maycreate, yang dari segi kemasan juga sangat mirip.

Berikut ini beberapa contohnya.

Sunscreen spray merk Hyahqiao

sumber: aliexpress.com

Merk Oranot

sumber: youbeli.com

Lalu kenapa sih bisa beda-beda merknya? Lalu mana yang asli dan mana yang palsu? Ternyata di China sana ada produsen yang menjual produk tersebut dengan private label. Maksudnya, pembeli bisa menentukan merk sendiri. Produsen membuat produk sunscreen spray dengan kemasan seperti itu, sedangkan merknya terserah pembeli. Entah itu merk sendiri maupun mencatut merk skincare yang sudah terkenal di pasaran. Tapi, kalau menggunakan merk yang terkenal, kalau kena tuntut dari pemilik merk, bisa bahaya.

Aku telusuri di situs alibaba.com, yang masih satu grup dengan aliexpress.com (kalau alibaba.com untuk beli grosiran, cocok untuk dijual ulang), ternyata banyak yang jual Maycreate di situs tersebut. Bukan cuma Maycreate, tapi juga ada produsen yang menyediakan layanan private label, dengan harga per produk tidak sampai 1 dollar Amerika Serikat (harga grosir, bukan ecer). Merk terserah pembeli, bisa pakai merk Maycreate atau yang lainnya.

Berikut ini tampilan sunscren spray seperti Maycreate, tapi belum dikasih merk. Pembeli bebas mau minta merk apa.

sumber: alibaba.com

Jadi, Maycreate spray yang beredar di Indonesia belum tentu berasal dari satu pabrik saja. Maycreate yang beredar di pasaran bisa jadi produk private label. Banyak perusahaan kosmetik China yang menyediakan layanan private label, yang mana para customer bisa menentukan sendiri merk kosmetik yang mereka pesan.

Ini aku bahas tentang originalitas produk, belum sampai kandungan bahan-bahannya. Tapi, untuk bahasan ini aja udah panjang, jadi cukup sampai di sini pembahasan kali ini. Demikian pembahasan tentang perbedaan Maycreate asli dan palsu. Jadi, ada banyak produk seperti Maycreate dengan merk berbeda.

One Comment

  1. Jadi intinya aman enggak?
    Kalo dipake terus menerus tetep putih permanen apa nga?
    Lebih baik pakai maycreate,atau hand body lotion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button