Apakah Shopee bisa COD (Bayar di Tempat)?

Apakah belanja online di Shopee bayarnya bisa COD? Apakah order barang di Shopee bisa bayar di tempat? Ok, kali ini saya mau bahas tentang COD lagi. Siapa sih yang nggak tahu dengan metode pembayaran yang satu ini? Metode pembayaran ini menjadi favorit banyak orang, meski banyak penjual di Shopee yang memilih untuk menonaktifkan fitur ini.

Lalu apa sih arti COD yang sebenarnya? COD adalah singkatan dari Cash on Delivery, yang kalau diartikan secara harfiah menjadi lunas dalam pengantaran. Maksudnya, pembayaran dilakukan saat barang datang. Sedangkan di Indonesia, COD malah diartikan lain.

Banyak yang mengartikan kalau COD itu berarti kita ketemuan dengan penjualnya untuk melakukan transaksi. Untuk COD seperti ini biasanya penjual dan pembeli janjian di suatu tempat, melakukan negosiasi, kemudian kalau sepakat, pembeli baru bayar ke penjual.

advertisement

Padahal kalau COD, pembeli tidak harus bertemu dengan penjual.Pengiriman barang bisa diwakilkan ke jasa ekspedisi. Dulu pembayaran COD sulit dilakukan. Tidak semua jasa ekspedisi menerima pembayaran COD. Namun, sekarang banyak jasa ekspedisi yang menerima pembayaran COD.

Sistem bayar di tempat menjadi solusi untuk melayani pembeli yang ingin beli barang lewat online, tapi ragu barang tidak dikirimkan. COD menjadi alternatif untuk memudahkan pembeli dalam belanja online. Dengan pembayaran COD, pembeli tak perlu repot-repot bayar di awal, tak perlu antri di ATM atau ke minimarket untuk membayar pesanan.

advertisement

Kalau dulu e-commerce yang menerima pembayaran COD hanya melayani kota-kota besar saja, kini yang tinggal di daerah pedesaan pun bisa menggunakan sistem COD. Salah satu situs jual beli online yang menerima pembayaran COD adalah Shopee.

Cara Kerja
Adapun cara kerja sistem COD di Shopee bagi pembeli yaitu pembeli memesan barang kemudian memilih metode pembayaran COD. Setelah kurir datang untuk mengantarkan pesanan, pembeli membayar pesanan terseut kepada kurir. Kemudian kurir akan meneruskan uang pembayaran ke jasa ekspedisi yang bersangkutan, yang kemudian diteruskan ke sistem Shopee.

Untuk paket COD, penerima harus membayar pesanan dulu sebelum membuka isi paket. Kalau setelah pesanan dibayar, begitu paket dibuka, isi tidak sesuai pesanan, pembeli bisa mengajukan komplain ke penjual.

Jika transaksi sukses, dana COD diteruskan ke akun penjual. Jika pesanan sudah dibayar, kemudian pembeli mengonfirmasi penerimaan barang di akun Shopee miliknya, dana akan diteruskan ke akun penjual beberapa saat kemudian.

Tapi jika pembeli tidak mengonfirmasi, maka penjual perlu menunggu dalam waktu 2 x 24 jam agar dana COD masuk ke akun penjual.

Tidak semua toko melayani COD
Ada pemilik toko yang mengaktifkan COD, ada juga yang tidak. Ada yang menganggap kalau sistem COD ini ribet. Ada juga yang malah terbantu dengan adanya fitur COD ini, penjualan lebih meningkat. Tak heran jika Shopee terus mempromosikan fitur COD ini.

Bekerjasama dengan J&T
Untuk menjalankan layanan COD ini, Shopee bekerjasama dengan J&T. Jadi, bagi pembeli yang ingin memilih pembayaran COD, pilih jasa pengiriman J&T.

Syarat COD di Shopee tidak rumit
Pada awlanya, agar bisa menggunakan fitur COD, pengguna Shopee harus sudah pernah berbelanja dengan nonimal tertentu. Tapi, kini semakin dipermudah, akun baru pun bisa digunakan untuk memesan barang dengan sistem pembayaran COD.

Bahkan fitur COD menjadi salah satu andalan Shopee untuk mendapatkan lebih banyak pengguna.

Kesimpulan
Jadi, belanja di Shopee bisa COD (bayar di tempat) melalui J&T. Pembayaran pesanan dilakukan melalui kurir yang mengantarkan pesanan tersebut. Jumlah yang harus dibayar tertera di label pengiriman. Adapun biaya layanan per pesanan untuk metode bayar di tempat adalah sebesaar 2% dari harga barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button