Apa Arti dan Fungsi-fungsi Nomor Pada Kartu Kredit? Begini Penjelasannya

Kartu kredit merupakan fasilitas yang dapat dipakai sebagai alat pembayaran paling sering digunakan oleh masyarakat urban. Tampilan kartu yang dimiliki oleh tiap bank berbeda, bahkan terdapat beberapa digit nomor. Sebenarnya apa fungsi-fungsi nomor pada kartu kredit tersebut dan untuk apa? Tidak mungkin nomor tersebut dibuat tanpa ada arti, berikut ulasannya.

Arti yang Terdapat Pada Digit Nomor Kartu Kredit

Di zaman modern saat ini penggunaan kartu kredit sangat efektif dan efisien, sehingga mempermudah segala bentuk transaksi. Namun pernahkah pengguna penasaran akan arti dari setiap nomor yang terdapat pada kartu kredit? Inilah beberapa representasi di balik nomor tersebut yaitu:

  • Digit Pertama, representasi Provider kartu kredit terdapat dalam digit pertama, yaitu informasi terkait penyedia layanan kartu kredit. Merupakan lembaga perbankan keuangan yang di dalamnya terdapat lembaga non bank. Oleh karena itu, setiap awal digit yang dimiliki provider berbeda-beda.
  • Nomor pada digit ke-2 sampai ke- 6, mempresentasikan keterangan tentang identitas bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.
  • Angka 7 sampai digit n-1, berisikan identitas pengguna kartu kredit. Pengeluaran kartu kredit dibuat, supaya bisa dipakai oleh nasabah, maksudnya kartu kredit dimiliki oleh seseorang yang mempunyai identitas. Inilah sebabnya digit ke-7 sampai n-1 digunakan.
  • Digit yang terakhir, merupakan nomor yang dipakai untuk melakukan pemeriksaan, yakni memastikan bahwa kartu kredit tersebut valid.

Fungsi-fungsi Nomor Pada Kartu Kredit

Setiap digit nomor yang terdapat pada fisik kartu kredit, tentu mustahil dibuat tanpa ada arti di dalamnya. Nomor-nomor tersebut pada umumnya dicetak timbul pada bagian depan kartu kredit dengan arti yang tersendiri di dalamnya. Selain setiap kartu memiliki sistem penomoran yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi dari nomor-nomor tersebut, yaitu:

advertisement

1. Berisi Identitas Pengaman Identitas

Beberapa nomor yang terdapat pada tampilan kartu kredit adalah gabungan dari algoritma unik dan tentunya sudah terenkripsi. Hal tentunya berfungsi sebagai pengaman identitas, yaitu mustahil bagi seseorang atau lembaga lain untuk memalsukannya. Tidak hanya memuat identitas, fungsi lainnya yaitu:

  • Sebagai identifikasi provider kartu.
  • Pemeriksa keamanan.
  • Mendeteksi informasi tentang akun.
  • Identifikasi bank yang mengeluarkan kartu.

Tidak hanya 16 angak saja yang terdapat di kartu kredit, tetapi pihak bank juga memberikan nomor verifikasi. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan keamanan transaksi yang dilakukan kartu tersebut. CVV atau nomor kartu kredit ini biasanya terdapat 3 digit yang letaknya berada di belakang kartu kredit.

advertisement

Penggunaan nomor verifikasi akan dibutuhkan oleh pengguna untuk melakukan transaksi yang dilakukan secara online. Serupa dengan nomor pada kartu kredit, pengguna harus merahasiakan 3 digit angka verifikasi tersebut. Dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang lain.

2. Pembeda untuk Setiap jaringan

Setiap perusahaan atau jaringan yang mengeluarkan kartu kredit di seluruh dunia mengaplikasi nomor yang berbeda-beda. Tiap kartu yang dikeluarkan unik, tidak akan ada yang sama. Pemakaian sistem nomor ini telah ditetapkan Pittsburgh Post-Gazette, adalah sebuah organisasi terbesar di dunia yang di dalamnya tergabung beberapa perusahaan.

Nomor-nomor yang dikeluarkan dibuat sebagai pembeda untuk setiap jaringan kartu kredit. Nah, disinilah sistem penomoran yang menggunakan algoritma matematika berperan di dalam setiap digit nomornya. Tiap-tiap perusahaan mengisikan informasi yang berbeda pada setiap nomor kartu kredit tersebut. Berikut beberapa sistem nomor yang dipakai oleh perusahaan terbesar dunia yaitu:

  • American Express

Mempunyai perbedaan yang lebih menonjol dibandingkan yang lainnya yaitu American Express, hanya memakai 1 digit awal untuk tanda perusahaan. Berikutnya 2 digit angka pertama adalah nomor kartu kredit yang menginformasikan identitas perusahaannya. Sedangkan pada digit ke-3 dan ke-4 sebagai penanda tipe kartu dan mata uang yang dipakai.

Digit ke-4 sampai ke-6 digunakan sebagai nomor akun yang memiliki, lalu digit ke-12 hingga ke-14 berisikan nomor akun. Terakhir, digit ke-16 adalah digit yang dipakai untuk pemeriksaan kartu.

  • MasterCard

Penomoran kartu kredit MasterCard memakai 5 angka untuk digit nomor pertama identifikasi kartu. Terdapat beberapa digit yang bisa digunakan oleh angka 2 yaitu 2 dan 3, 2 dan 4, atau 2 dan 5 yang berisikan tentang institusi keuangan. Berbeda dengan angka 3, 4, 5 dan 15 adalah nomor akun.

  • Visa

Terakhir adalah Visa yang memakai 4 digit angka di awal, memuat 2 digit hingga ke-3 yang terdapat informasi intuisi keuangan. Hal tersebut berhubungan dengan Visa, selanjutnya 12 digit setelahnya yaitu nomor akun dan terakhir adalah nomor pemeriksaan.

3. Menjaga Rahasia Nomor Kartu Kredit

Fungsi-fungsi nomor pada kartu kredit, yaitu hadirnya 16 nomor tersimpan berbagai informasi penting dan sangat sensitif terhadap penyalahgunaan. Dibuat menggunakan sistem canggih dan sulit ditiru, tetap saja jangan sampai informasi tersebut diketahui oleh orang lain. Agar tetap aman dan terjaga kerahasiaannya, pastikan pengguna untuk tidak memberitahukannya kepada siapa pun.

Nah, itulah ulasan terkait fungsi-fungsi nomor pada kartu kredit yang nampak timbul pada tampilan fisiknya. Ternyata setiap nomor yang selama ini terlihat mempunyai arti berupa informasi penting di dalamnya. Setiap nomor unik dan berbeda tersebut dikeluarkan oleh lembaga keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button