Berapa gaji kurir J&T Express?

Berapa besar sih gaji kurir J&T? Tertarik untuk menjadi karyawan J&T Express bagian kurir? Menjadi kurir J&T menjadi pilihan banyak orang. Dengan berkembangnya layanan ekspedisi J&T, kurir yang diperlukan pun bertambah. Dengan banyaknya kurir, pengiriman barang bisa semakin cepat. Keberadaan kurir sangat penting dalam bisnis ini.

Lalu berapa sih kisaran gaji kurir J&T? Kalau di JNE daerah saya, status kurir JNE bukanlah karyawan, melainkan freelance. Kurir JNE tidak mendapatkan gaji. Adapun penghasilannya berdasarkan paket yang dikirimkan. Misal, per paket Rp1.000, tinggal kalikan saja dengan jumlah paket yang dibawa dalam sehari.

Berbeda dengan JNE, kurir J&T mendapatkan gaji dari perusahaan. Besarnya gaji tergantung upah minimum yang berlaku di daerah tempat kurir bekerja. Namun, kurir J&T bukan hanya mendapatkan gaji pokok saja, tetapi ada tambahan lainnya. Ada komisi per paket yang berhasil dikirimkan. Jadi, selain gaji pokok, kurir J&T mendapatkan penghasilan dari paket yang berhasil diantarkan.

advertisement

Adapun besarnya komisi per paket kalau dulu Rp1.000. Jika sehari ada 50 paket, berarti kurir J&T bisa mendapatkan tambahan Rp50.000. Bahkan bisa-bisa komisi dari pengiriman paket ini lebih besar dari gaji pokok. Kurir J&T bisa mendapatkan di atas Rp 3 juta per bulan.

Di J&T ada layanan jemput paket. Dengan begini, pelanggan tak perlu repot-repot datang ke kantor J&T, tapi bisa minta kurir jemput paket. Kurir J&T juga mendapatkan komisi per pick up barang. Jadi, selain mendapatkan komisi dari delivery barang ke penerima paket, kurir J&T juga mendapatkan komisi dari jemput paket.

advertisement

Selain gaji dan komisi dari delivery, kurir juga mendapatkan uang bensin. Wah, enak ya jadi kurir J&T, bisa mendapatkan gaji dan komisi.

Tapi, ada risikonya. Jika ada masalah dengan paket, kurir bisa kenda denda. Misal, kurir mengirimkan barang dengan tujuan ke luar pulau. Ternyata, barang tersebut tidak lolos scan bandara, sehingga barang tidak dikirimkan. Barang akan dikembalikan ke drop point J&T tempat di mana barang tersebut diproses. Kurir yang memproses barang tersebut bisa kena denda hingga 10 kali lipat dari ongkos kirim. Misal, ongkos kirim Rp50.000, denda 10 kali lipatnya berarti jadi Rp500.000.

Selain itu, kalau misalnya ada masalah sama paket, misal setelah pengecekan resi, status barang delivered, tapi penerima barang merasa belum menerima, lalu komplain ke CS J&T, kurir bisa kena denda. Namun, paktik ini umum dilakukan. Banyak komplain tentang paket yang statusnya delivered tapi kenyataannya barang belum diantarkan ke penerima.

Lalu apa sih syarat untuk bisa bergabung menjadi kurir J&T? Bagi kalian yang punya pengalaman bekerja sebagai pengantar paket, tentu merupakan nilai plus bagi yang ingin bekerja sebagai kurir J&T. Namun, yang belum punya pengalaman menjadi kurir juga bisa mendaftar. Tapi itu tergantung pada J&T yang buka lowongan, apakah yang dicari kurir yang sudah berpengalaman atau yang belum berpengalaman juga bisa mendaftar.

Demikian informasi tentang gaji karyawan J&T. Memang kurir J&T tak cuma mendapatkan gaji saja, tetapi juga mendapatkan komisi delivery dan pick up barang. Namun, berlaku juga denda jika terjadi masalah tertentu pada paket.

21 Comments

  1. hoaxx … beda JAUHHH Gaji kurir jne dgn JnT .
    kurir JNE bisa sampai 8juta lebih perbulan itupun bawaan dibawah 150paket perhari , kiloan paket juga dihitung ,

    nah kalo kurir JNE .cuma Umr doang .paling mentok 5jt itu pun udah kerja keras susah payah pulang malem .

    1. yg bener yg mana kak? antara gaji J&T dan JNE
      kurir JNE gaji perbulan 8juta
      kurir JNE gaji 5juta perbulan dan susah payah plg mlm?

  2. hoaxx … beda JAUHHH Gaji kurir jne dgn JnT .
    kurir JNE bisa sampai 8juta lebih perbulan itupun bawaan dibawah 150paket perhari , kiloan paket juga dihitung ,

    nah kalo kurir JNE .cuma Umr doang .paling mentok 5jt itu pun udah kerja keras susah payah pulang malem .

  3. Wkwkwkwk saya Admin J&T Depok gajih pokok 5jt tanpa insentif. Gaji pokok kurir (pickup / delivery) 2,3 + insentif (kurir delivery 1000/paket yang telah diantar) (kurir pickup 3,5% dari ongkir marketplace dan 6% dari ongkir paket reguler atau alamat ke alamat).

  4. Sy kurir jnt, gaji kurir jnt di tempat sy itu..
    Gaki pokok : 1.850.000
    Pulsa : 100.000
    Bensin : 280.000
    Incentiv absen : 150.000
    OT : 100.000
    Delivery 1000/paket (rata2 sebulan -+1500 paket) = sekitar 1.500.000/bulan
    Pickup : target 30.000.000, 30% untuk kurir jadi 3.000.000
    Take home /bulan : sekitar 6-7jt/bulan

    1. Saya juga kurir j&t… Tapi gak ada tuh dikasih uang pulsa, gak ad tuh dapat delivery 1000/paket nya… Cuma dpat
      Gaji 1.500.000/bulan
      Bensin 300.000/bulan
      Oli motor 50.000/bulan
      Insentif capai target 1200 paket selama sebulan 250.000

      1. Suami saya juga kurir mas, blm ada sebulan sih .
        sistem gaji mas pakek gaji pokok berarti ya mas
        Aku juga blm tau ini sistem gaji suamiku gimana ya mas katanya kok gajian tergantung berapa paket yang dikirim perpaket 1.300
        Gak dapat uang oli, apalagi uang bensin 😩😩 kalau bonus aku juga blm tau jadi bingung soalnya tiap hari bensin harus ada 🙁 tp blm ada pemasukan sama sekali

        1. Mungkin suami mbaknya kurir freelance, bukan kurir tetap. Kalau kurir tetap, ada gaji, plus bonus per delivery. Untuk kurir freelance, komisinya per paket.

  5. gubluk detected wkwk udah pakek nick anoni anoni pula ngetik salah2 pula wkoawako yaaa beda lah tolol bawaan jne dengan jnt nya perhari berapa instentif perpaket berapa. ndak usah banding2in sampek bilang hoax kalau situ blm kerja di sana jngn sok2 banding2in dah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button