Cara agar Toko Online bisa COD (bayar di tempat)

Bagaimana cara agar toko online bisa menerima pembayaran COD? Anda jualan online, sudah promosi di tapi pembeli mintanya COD? Jangan buru-buru ditolak. Metode pembayaran COD terbukti dapat meningkatkan penjualan. Kalau cuma menerima pembayaran lewat transfer, penjualan minim, apalagi kalau jualannya di media sosial.

Lalu bagaimana cara melayani pembeli yang minta COD? Beberapa tahun lalu jualan online tidaklah seperti sekarang. Dulu sistem COD masih sangat terbatas, bahkan marketplace saja belum ada fitur COD. Sedangkan kalau jualan di media sosial banyak yang minta COD. Meskipun banyak juga yang menyanggupi pembayaran lewat transfer, namun pilihan bayar di tempat menjadi pilihan banyak pembeli.

Pembayaran lewat COD memang bukan keharusan bagi pemilik online shop. Namun, dengan banyaknya permintaan COD, tentu sayang dilewatkan. Apalagi persaingan toko online semakin berat. Toko online terus bertambah. Untuk mendapatkan pembeli juga makin susah.

advertisement

Namun, dengan makin banyaknya target market, potensi jual barang lewat online terbuka lebar. Banyak calon pembeli potensial yang bisa didapat dari media sosial.

Cara agar Toko Online bisa COD
COD atau bayar di tempat sangat memudahkan pembeli. Dengan layanan ini, pembeli tidak perlu repot-repot bayar di awal. Dengan begitu, pembeli tak perlu takut pembayaran sudah ditransfer tetapi barang tidak dikirim. Dengan banyaknya penipuan toko online, banyak orang yang takut belanja online. Takut uang ditransfer barang tidak dikirim.

advertisement

Ada penjual yang pro dengan metode bayar di tempat, ada juga penjual yang tidak suka dengan metode pembayaran ini. Salah satu alasan penjual tidak setuju dengan metode pembayaran COD adalah barang sudah dikirim tetapi penerima tak mau bayar. Ini bisa jadi penerima menolak paket, atau bisa juga karena kurir tidak mengirimkan paket ke alamat penerima.

Nah, bagi Anda yang jualan online, ingin agar bisa melayani COD, Anda harus bekerjasama dengan layanan ekspedisi. Ada banyak layanan ekspedisi yang mendukung COD, seperti JNE, J&T, Ninja Xpress, SiCepat, dan SAP Express. Masing-masing memiliki persyaratan sendiri-sendiri.

Memaanfaatkan fitur COD Shopee
Alternatif lainnya adalah lewat Shopee. Ketika Anda mendapatkan calon pembeli, kemudian dia maunya bayar di tempat, Anda arahkan agar dia memesan barang di toko Shopee Anda, kemudian memilih pengiriman via J&T dan metode pembayaran COD. Kenapa J&T? Karena untuk fitur COD, Shopee bekerja sama dengan J&T. Untuk ekspedisi lain seperti JNE, SiCepat, dan Ninja Xpress belum bisa COD kalau lewat Shopee.

Namun, kendalanya adalah tidak semua orang punya akun Shopee. Tidak semua orang bisa belanja lewat Shopee, tidak semua juga mau disuruh repot-repot instal Shopee untuk beli barang lewat toko Shopee Anda.

Dan meski calon pembeli memiliki akun Shopee, bisa saja ketika melihat iklan produk Anda di Shopee, dia melihat iklan produk lain yang sejenis di Shopee dengan harga yang lebih murah. Bisa-bisa dia malah tidak jadi beli di toko Anda, malah beli ke toko lain.

Memanfaatkan pihak ketiga
Jika toko online Anda melayani COD, Anda harus menyediakan uang yang cukup. Hal ini karena pembayaran pesanan COD dilakukan seminggu setelah barang sampai. Dengan begitu, ada jeda yang cukup lama sejak pesanan dibayar pembeli sampai Anda mendapatkan pembayaran.

Kalau COD lewat Shopee, pembayaran bisa lebih cepat, tidak harus menunggu seminggu. Jika pesanan sudah diterima, kemudian penerima mengonfirmasi penerimaan barang di akun Shopee-nya, pembayaran COD diteruskan ke akun penjual, kemudian penjual bisa meminta pencairan dana hari itu juga.

Selain lewat Shopee dan bergabung menjadi member ekspedisi, untuk melayani calon pembeli yang minta COD, Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga, misalnya Clodeo.

Menggunakan layanan COD, baik dengan menjadi member layanan ekspedisi, lewat Shopee, atau lewat pihak ketiga seperti Clodeo, ada biaya penanganannya. Jadi, selain ongkos kirim, ada biaya layanan yang harus dibayar. Adapun biayanya tergantung masing-masing. Kalau biaya penanganan COD di Shopee 2% dari harga barang, sedangkan kalau lewat Clodeo 4% dari harga barang + ongkir. Kalau lewat layanan ekspedisi langsung, misal lewat JNE & J&T, biaya layanannya 2%.

Demikian pembahasan tentang cara agar toko online bisa menerima COD (bayar di tempat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button