Cara COD J&T tanpa Shopee Marketplace

Bagaimana cara COD lewat J&T tanpa aplikasi Shopee? Bisakah mengirim barang dengan sistem COD via J&T tanpa harus melalui Shopee? Bagaimana cara agar bisa melayani pembeli yang minta COD tanpa lewat marketplace? Bagi Anda yang jualan online, tentu tak asing lagi dengan yang namanya COD.

Banyaknya calon pembeli yang ingin beli asalkan bisa bayar di tempat, membuat penjual harus tahu bagaimana cara memproses orderan COD. Adanya sistem COD ini sangat membantu baik bagi penjual maupun pembeli. Dengan COD, transaksi lebih aman. Sistem COD terbukti bisa meningkatkan penjualan.

Maraknya penipuan di internet membuat banyak orang takut kalau beli barang bayarnya lewat transfer, barang tidak dikirim. Waktu sistem COD belum seperti sekarang ini, penjual dalam jualan di internet cuma mau menerima pembeli yang mau bayar duluan. Memang ada sih penjual yang kirim barang dulu, bayar belakangan. Dengan kata lain, pembeli bayar pesanan setelah barang sudah sampai.

advertisement

Waktu belum ada sistem COD seperti sekarang ini, dulu saya pernah beberapa kali melayani pembeli yang maunya barang dikirim dulu baru transfer pembayaran. Memang ada sih yang benar-benar membayar setelah barang diterima. Tapi, ada juga yang begitu barang sudah sampai, sudah ditagih, pembeli tak juga membayar. Mana tujuannya luar pulau pula. Rugi di ongkos kirim, rugi juga di produk. Dari kejadian itu, saya pun kapok jualan dengan sistem seperti itu.

Kalau pakai sistem COD, penjual tak perlu khawatir pembeli sudah terima barang tapi tak mau bayar. Jika pembeli tidak membayar pesanan, barang akan dikembalikan ke penjual. Kalau pakai fitur COD Shopee, paket yang diretur ke penjual tidak ada biaya pengiriman. Tapi, risiko barang rusak dalam perjalanan.

advertisement

Memanfaatkan Shopee untuk COD
Cara yang umum dilakukan untuk memproses orderan COD yaitu dengan memanfaatkan fitur COD di Shope. Penjual posting barang dagangannya di Shopee. Begitu mendapatkan calon pembeli yang minta bayar di tempat, penjual minta bantuan ke teman, saudara, atau orang lain yang punya akun Shope agar memesan barang di toko Shopee miliknya, dengan nama, alamat, dan nomor HP pembeli, dan tentu saja memilih pilihan pembayaran COD.

Kalau tidak minta bantun orang lain, penjual bikin akun Shopee khusus untuk order barang di toko miliknya. Dulu waktu fitur COD baru ada di Shopee, supaya bisa menggunakan fitur COD, akun harus sudah pernah digunakan untuk beli barang, kalau tidak salah minimal Rp50.000. Tapi, kalau sekarang tidak ada ketentuan seperti itu. Akun baru pun bisa digunakan untuk belanja barang dengan metode pemayaran COD.

Fitur COD menjadi salah satu andalan Shopee dalam berpromosi. Banyak yang baru mulai belanja online tapi inginnya bayar di tempat. Kalau untuk memilih fitur COD di Shopee, akun Shopee harus sudah pernah digunakan untuk belanja dengan nominal tertntu, maka ini agak menyulitkan pengguna baru. Keputusan Shopee sudah tepat. Pengguna baru dapat menggunakan fitur COD.

Hal ini dimanfaatkaan oleh penjual dalam memproses pesanan COD.

Tapi cara ini ada kendala. Fitur COD bisa dinonaktifkan sementara jika ada masalah dengan orderan COD. Misal, penerima menolak paket. Selain itu, ada masalah yang belakangan ini terjadai, yaitu opsi pembayaran COD hilang. Kalau dinonaktifkan, pemilik akun bisa mengetahui alasan kenapa fitur COD-nya dinonaktifkan, dan ada keterangan sampai kapan.

Tapi, kalau opsi COD hilang, pemilik akun tidak tahu sampai kapan. Mau tidak mau harus menghubungi CS Shopee untuk keterangan lebih lanjut.

Kalau terjadi kejadian seperti ini, tinggal bikin akun baru lagi. Tapi kalau berulang-ulang kali terjadi, apalagi orderan makin banyak, repot juga kalau harus bolak-balik bikin akun. Lalu bagaimana solusinya?

Cara COD J&T tanpa Shopee
Sebetulnya, untuk memproses orderan COD tidak harus lewat Shopee. Banyak ekspedisi selain J&T yang melayani COD tanpa lewat Shopee. Tapi, kalau untuk urusan pengiriman, Anda lebih mengandalkan J&T, Anda bisa mendaftar jadi member ke J&T terdekat. Kini J&T melayani COD tanpa harus lewat Shopee.

Silakan hubungi J&T terdekat, jelaskan kalau Anda ingin agar bisa kirim barang dengan sistem COD. Supaya bisa menggunakan fitur tersebut, pendaftaaran harus disetujui terlebih dahulu. Ikuti syarat yang diminta. Saya sudah coba, tapi belum disetuji, tapi sepertinya tidak disetujui.

Adapun ketentuan COD J&T berbeda dengan Shopee. Kalau lewat Shopee, penjual tidak perlu menanggung ongkir. Sedangkan kalau tanpa Shopee, ongkir ditanggung penjual terlebih dahulu, kemudian penerima paket nantinya harus membayar pesanan sejumlah harga barang ditambah ongkir dan biaya layanan.

Pembayaran dilakukan seminggu setelah barang dibayar oleh penerima. Ada jeda setidaknya seminggu sebelum pembeli bisa mencairkan dana pesanan COD tersebut. Berbeda dengan Shopee, setelah barang diterima pembeli, dana akan otomatis masuk ke akun penjual dua hari kemudian (atau langsung masuk beberapa saat kemudian jika pemilik akun Shopee yang digunakan untuk memesan melakukan konfirmasi penerimaan barang).

Lalu bagaimana kalau sudah daftar tapi tidak disetujui? Tenang, masih ada solusinya. Anda bisa gunakan layanan ekspedisi lainnya, yang syaratnya lebih murah, misalnya Ninja Xpress. Tapi, kalau Anda inginnya J&T, Anda bisa memanfaatkan Clodeo.

Clodeo sudah terintegrasi dengan sejumlah jasa pengiriman, dan support pembayaran COD. Dengan mendaftar Clodeo, Anda bisa memproses pesanan COD pengirimannya via J&T. Selain J&T, Anda juga bisa memproses pesanan COD dengan menggunakan jasa ekspedisi JNE, Ninja Xpress, SiCepat, Sap Express, dan JX.

Adapun biaya transaksi yang dikenakan per paket untuk COD J&T via Clodeo adalah sebesar 4% dari harga barang dan ongkir, atau minimal Rp3.500. Minimal nominal COD Rp25.000 dan maksimal Rp15.000.000.

Misal, harga barang 100.000, ongkir 10.000, berarti biaya layanannya (100.000 + 10.000) x 4%, yaitu Rp4.400.

Kalau dibandingkan dengan Shopee, biaya layanannya lebih murah Shopee yang cuma 2% dari harga barang. Tapi, kalau lewat Clodeo lebih aman, dan tidak perlu repot-repot bikin akun Shopee baru untuk memproses pesanan COD.

Itulah cara COD J&T tanpa melalui aplikasi Shopee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button