Cara Jadi Agen Ninja Express untuk Perorangan Komisi 30% – 35%

Bagaimana cara jadi agen Ninja Express? Apa syarat untuk daftar menjadi mitra waralaba Ninja Xpress? Berapa modal biaya yang diperlukan? Berapa persen keuntungannya? Apakah harus bangunan milik sendiri atau tidak? Apakah boleh digabung dengan warung?

Usaha jasa ekspedisi merupakan jenis usaha yang sangat potensial di era digital ini. Banyak orang beli barang lewat online. Meningkatnya transaksi jual beli lewat online ini tak lepas dari peran serta perusahaan layanan ekspedisi. Jasa ekspedisi sebagai perantara pengiriman barang dari penjual ke pembeli.

Dengan trend belanja online yang makin meningkat, bisnis layanan ekspedisi adalah salah satu bisnis yang menguntungkan. Salah satu layanan ekspedisi yang masih tergolong baru, tapi sudah mampu bersaing dengan layanan ekspedisi yang sebelumnya ada adalah Ninja Xpress. Didirikan pada tahun 2014, Ninja Van atau Ninja Xpress yang awalnya beroperasi di Singapura, kini telah beroperasi di 5 negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

advertisement

Ninja Xpress telah bekerjasama dengan berbagai marketplace di Indonesia, seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Cara Menjadi Agen Ninja Xpress
Bagi Anda yang ingin memulai jasa ekspedisi tapi bingung mau pilih ekspeisi yang mana, Ninja Xpress mungkin bisa jadi pilihan. Meskipun belum sepopuler J&T, komisi yang ditawarkan ini terbilang tinggi untuk ukuran waralaba jasa pengiriman.

advertisement

Ninja Xpress menawarkan bagi hasil 30% – 35% dari biaya kirim. Misal, kalau ongkos kirimnya Rp20.000, berarti bagi hasilnya 30% x 20.000 = Rp6.000.

Bayangkan kalau dalam 1 hari ada 50 paket dengan ongkos kirim rata-rata Rp20.000, berarti keuntungan per hari adalah Rp6.000 x 50 = Rp300.000.

Bagi hasil meningkat jadi 32% jika paket harian minimal 84 paket, dan jadi 35% jika jumlah paket harian minimal 209 paket.

Adapun unutuk mendapatkan bagi hasil sebesar 30%, jumlah paket harian minimal 21%.

Persyaratan untuk Menjadi Agen Ninja Xpress
Untuk perorangan, syarat administrasinya berupa foto KTP, foto NPWP, dan foto buku tabungan halaman pertama. Untuk pendaftran agen, Anda harus mengisi formulir yang diberikan oleh pihak Ninj Xpress.

Tunggu survey lokasi dari pihak Ninja Xpress. Lokasi strategis tentu sangat mendukung, bisa tempat milik seniri maupun sewa. Bangunan harus memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir mobil.

Jika sudah disetujui, Anda harus melakukan pembayaran sebesar Rp 15,5 juta. Dari modal tersebut, 10 juta digunakan untuk deposit.

Cara Bekerjasama dengan Ninja Xpress tanpa Menjadi Agen
Selain membuka peluang keagenan, Nina Xpress juga membuka keangotaan. Member Ninja Xpress bisa mendapatkan diskon ongkos kirim sebesar 15% per paket. Kalau yang ini tanpa modal, tanpa perlu deposit. Setelah jadi member, Anda bisa kirim paket via Ninja Xpress maupun mencari orang yang mau kirim paket agar kirim paket via Ninja Xpress.

Ini bisa untuk riset apakah buka Ninja Xpress di daerah Anda menguntungkan atau tidak. Untuk menjadi member, Anda bisa menghubungi pihak Ninja Xpress. Pendaftaran member tanpa dipungut biaya. Adapun untuk pengiriman paket, Anda bisa mengirimkannya ke kantor Ninja Xpress terdekat, atau menggunakan layanan jemput paket, sehingga tinggal menunggu kurir Ninja Xpress datang menjemput paket Anda.

Bisnis keagenan Ninja Xpress cocok untuk Anda yang ingin memiliki bisnis layanan ekspedisi. Bisnis ini juga cocok bagi pemilik toko online yang dalam sehari kirim puluhan paket per hari, sehingga tak hanya mendapatkan keuntungan dari jualan produk, tetapi juga komisi dari Ninja Xpress.

Kekurangan
Namun, ada beberapa kekurangan Ninja Xpress yang juga perlu dipertimbangkan. Selain namanya belum sepopuler pesaingnya, layanan ekspedisi ini memiliki rating yang sangat rendah untuk aplikasinya.

Di Play Store, aplikasi Ninja Van hanya mendapatkan rating 1,9 dari maksimal 5. Banyak yang komplain tentang lamanya pengiriman Ninja Xpress ke luar Jawa. Namun, layanan ekspedisi tak lepas dari komplain, entah itu Ninja Xpress maupun layanan ekspedisi lainnya.

Namun, banyak juga memuji layanan Ninja Xpress. Sejauh ini saya belum pernah bermasalah dengan layanan Ninja Xpress, lagipula jarang pakai juga. Tapi kalau dari kecepatan pengiriman sih rasanya tidak beda jauh dengan J&T, untuk pengiriman sesama pulau Jawa.

Siapa tahu dengan makin banyaknya agen Ninja Xpress, pengirimannya juga jadi makin cepat.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum menjadi agen Ninja Xpress adalah persaingan layanan ekspedisi di daerah Anda, apakah di situ sudah ada layanan ekspedisi lainnya, misl JNE dan J&T, bagaimana pengiriman mereka dalam sehari.

Demikian pembahsan tentang cara jadi agen Ninja Xpress. Peluang bisnis ekspedisi masih terbuka lebar.

One Comment

  1. Halo, untuk pendaftaran keagenan Wahana Express bisa menghubungi kontak WA Sales berikut :

    087880003588 Wati untuk area Jawa Timur
    087880005088 Subekti untuk area Jawa Tengah
    089605033700 Pratama untuk area Jabodetabek

    Terimakasih
    Wahana Express – Sales Team

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button