Cara Kirim Paket J&T Jemput di Tempat (Layanan Jemput Paket J&T)

Bagaimana cara menggunakan layanan jemput paket / pick up barang J&T? Bagaimana cara agar kurir mengambil barang yang mau dikirimkan ke J&T? Lalu bagaimana bayar ongkirnya? Apakah bisa juga buat kiriman paket COD? Apakah layanan jemput paket bisa untuk memproses orderan dari Shopee? Lalu kalau pakai nomor resi otomatis apakah perlu ditulis alamat lengkapnya juga atau cukup nomor resinya saja?

J&T memiliki layanan jemput paket, yang berarti pelanggan tak perlu datang ke drop point J&T terdekat untuk mengirim barang. Tinggal menghubungi kurir untuk menjemput paket. Tidak ada biaya tambahan untuk layanan ini, yang berarti kalau ongkirnya 10.000, yang dibayarkan ke kurir tetap 10.000.

Layanan jemput paket J&T ini sangat berguna bagi pemilik toko online yang mau kirim barang dalam jumlah banyak. Bayangkan kalau sehari ada puluhan order, lalu paket harus dibawa ke kantor J&T terdekat, ini bisa merepotkan kalau tidak ada karyawan. Tapi, bagi Anda yang mau kirim barang via J&T, meski 1 barang saja, tetap bisa menggunakan layanan jemput paket atau pick up barang dari J&T.

advertisement

Layanan ini adalah terobosan baru bagi J&T. Namun, di ekspedisi lain juga ada layanan serupa. Si Cepat dan Ninja Xpress juga punya layanan jemput paket. Tapi, sebaiknya pilih layanan jemput paket dari jasa ekspedisi yang kantornya tak jauh dari tempat tinggal Anda. Kalau jaraknya terlalu jauh, kurirnya belum tentu mau.

Lalu bagaimana cara agar kurir J&T mau jemput paket ke rumah?
Untuk menggunakan layanan ini, Anda bisa menghubungi kurir J&T. Anda bisa meminta nomor HP kurir J&T dengan datang ke kantor J&T dan menanyakan langsung ke admin yang bekerja di situ. Atau kalau misalnya Anda pesan barang, kemudian pengirimannya via J&T, begitu kurir mengirimkan paket ke alamat Anda, minta nomor HP / WA kurirnya.

advertisement

Jika sudah punya nomor HP kurir, Anda tinggal hubungi kurir kalau Anda mau kirim paket, minta jemput paket. Adapun untuk ongkos kirimnya, sama saja kalau Anda kirim ke kantor J&T. Agar lebih meyakinkan, Anda bisa cek dulu ongkir di web resmi J&T atau lewat aplikasi yang berguna untuk cek ongkos kirim.

Ongkirnya sama, tetapi kalau Anda mau kasih ongkir lebih daripada yang seharusnya, maka itu terserah Anda. Tapi, tidak ada keharusan untuk memberikan tip di luar ongkos kirim. Layanan jemput paket adalah layanan resmi dari J&T. Kurir J&T atau kalau di J&T disebut sprinter selain mengirimkan barang juga bisa melakukan jemput paket.

Kalau mau minta layanan ongkir bayar di tempat, yaitu ongkir dibayar oleh penerima setelah menerima paket juga bisa. Tapi kalau COD atau bayar di tempat tidak bisa. Untuk kiriman regular tidak bisa menggunakan layanan bayar di tempat (COD).

Lalu bagaimana kalau menggunakan resi otomatis?
Resi otomatis biasanya orderan dari marketplace, misalnya dari Shopee. Resi di-generate secara otomatis oleh sistem. Resi itu perlu dicantumkan di paket. Jika Anda ingin mengirimkan paket dengan resi otomatis, Anda bisa cetak data pengiriman yang ada di Shopee. Kalau tidak ada print, bisa ditulis manual. Anda bisa mencantumkannya secara lengkap seperti nama, alamat, dan nomor HP pembeli, serta nama toko dan nomor HP Anda, nomor resinya juga tentu perlu dicantumkan. Namun, kalau yang dicantumkan cuma nomor resinya saja, itu juga bisa diproses.

Demikian pembahasan mengenai layanan jemput paket J&T.

10 Comments

  1. Jika menggunakan resi otomatis, apakah masih perlu menghubungi kurir lagi atau tinggal menunggu dihubungi pihak j&t saat mau di pick up?

  2. Jika ingin kirim barang menggunakan jasa COD, kita mengirimkan dari rumah dan tidak menggunakan aplikasi Online apakah bisa? (Kirim barang perorangan) dijelaskan ongkir ditanggung penemira beserta pembayaran. Seandainya bisa lalu pembayaran barang dari si pengirim apakah dibayar cash oleh kantor J&T?

  3. Saya sering minta dijemput kiriman Online saya tapi selalu ditanya berapa banyak yang mau di jemput, kalau hanya 2 paket kurir pickup tidak mau menjemput. Kalau paketannya langsung banyak, pasti banyak juga kurir2 yang lain yang mau pickup. Namun bantulah online shop melakukan pengiriman walupun sedikit nanti kalau banyak pasti kirimnya melalui j&t juga, jangan kalau paketnya banyak saja baru mau jemput /pickup.

    1. maaf, saya bukan online shop, dan saya tidak punya nomor kurir, cara menghubungi kurir untuk melakukan penjemputan paket bagaimana ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button