Yuk, Cari Tahu Cara Membedakan Masker Spirulina Asli dan Palsu

Selalu tampil cantik tentunya jadi impian banyak wanita, termasuk kamu juga, bukan? Naluriah untuk menjadi cantiklah yang memotivasi banyak wanita rutin menggunakan berbagai produk kecantikan. Salah satu produk yang sedang tren belakangan ini, ada masker Spirulina. 

Tahukah Anda, kalau di pasaran banyak beredar masker Spirulina palsu. Untuk tahu cara membedakan masker Spirulina Asli dan palsu, kamu berada di halaman yang tepat. Yuk, simak selengkapnya!

Spirulina Asli dan Palsu

Dikenal dengan manfaatnya, masker yang berbahan utama ganggang biru atau Spirulina ini jadi incaran para konsumen. Tentunya Spirulina yang asli memiliki kualitas yang terjamin dan pastinya aman digunakan. Dengan demikian, manfaat masker spirulina asli bisa kamu peroleh secara optimal.

advertisement

Produk masker Spirulina yang palsu merupakan produk rekondisi dimana produk Spirulina yang asli didaur ulang. Untuk panduan kamu, berikut cara yang bisa digunakan membedakan Spirulina Asli dan palsu.

1. Identifikasi Lewat Warna dan Aroma

Masker Spirulina umumnya dijual dalam bentuk bubuk. Jadi, untuk mengecek keaslian masker Spirulina kamu bisa memperhatikan tampilan awal berupa warna. Bubuk Spirulina yang asli berwarna hijau pekat atau gelap dengan hint kebiruan. 

advertisement

Jadi, jika kamu menjumpai warna bubuk Spirulina berwarna hijau cerah atau mengkilap bisa dipastikan produk tersebut palsu. Warna spirulina palsu yang cerah tersebut menandakan Spirulina sudah mengalami proses penghancuran, pemadatan, dan pelapisan. Sehingga, nutrisi Spirulina sudah sangat berkurang.

Identifikasi berikutnya yaitu aroma atau bau. Spirulina Asli memiliki aroma khas tersendiri yang bisa dikategorikan bau yang kurang enak dicium. 

Spirulina Asli dan Palsu

Kalau kamu menemukan masker Spirulina yang wangi berarti ada tambahan zat kimia lain didalamnya. Atau jika aroma Spirulina yang kamu temukan beraroma sangat menyengat menandakan produk sudah teroksidasi dan sudah rusak.

2. Lihat Lagi Bentuk serta Kemasannya

Kamu juga bisa memperhatikan bentuk atau tekstur dari Spirulina. Produk masker Spirulina yang asli memiliki tekstur yang sangat halus. Tekstur kasar dan tidak rata yang ditemukan pada produk Spirulina bisa menjadi indikasi bahwa produk tidak original.

Produk masker Spirulina umumnya dijual dalam bentuk kapsul. Berbeda dengan kapsul obat, kapsul berisi masker Spirulina asli lebih panjang di salah satu bagian dibanding bagian lainnya saat dibuka. Produk yang palsu cenderung memiliki kapsul yang sama panjang di kedua bagian.

3. Cek Label dan Komposisi

Cara mudah lainnya untuk mengecek keaslian produk Spirulina yaitu dengan memperhatikan label dan tabel komposisinya. 

Pastikan masker mengandung setidaknya 98% Spirulina. Biasanya detail jenis Spirulina tercantum, Spirulina Platensis atau Arthrospira Spirulina. Pastikan tidak adanya tambahan zat pewarna ataupun pengawet.

4. Cek Kelarutan Produk Spirulina

Untuk lebih memastikan keaslian masker Spirulina, kamu bisa mencoba melarutkannya dengan air. 

Produk Spirulina yang asli dan berkualitas baik apabila dilarutkan dengan sedikit air maka campurannya agak kental. Selain itu, produk asli tidak akan terlalu cepat larut dalam air. 

5. Perbandingan Harga Spirulina Asli dan Palsu

Jangan sampai tergiur dengan masker Spirulina yang dijual dengan harga miring. Perbedaan harga spirulina asli dan palsu tidak hanya mencerminkan keaslian tapi juga kualitas produk. Hal ini berlaku pula pada produk Spirulina. 

Harga masker Spirulina asli di Apotik tentunya lebih mahal. Jadi, jangan coba-coba dengan produk Spirulina berharga murah. Karena Spirulina yang hanya sekian persen dengan tambahan kimia yang tidak jelas dapat beresiko merusak kulit kamu.

Dengan membeli produk masker spirulina yang asli, kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas dan manfaatnya lagi. 

Produk spirulina yang berkualitas baik memiliki 60 hingga 70% kandungan protein yang baik untuk kulit. Jadi, perhatikan segala detail penting pada produk masker spirulina sebelum memutuskan untuk membeli. 

Apabila kamu membeli produk non original, dikhawatirkan kamu dapat mengalami efek masker spirulina palsu.  Seperti kulit kusam, gatal, iritasi, dan lain sebagainya.

Cara membedakan masker spirulina asli dan palsu yang telah banyak diulas di atas bisa jadi panduan kamu saat ingin melakukan pembelian.

sumber gambar : https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/16/14/36/spirulina-1829077_1280.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button