Cara Mengaktifkan Marketplace di Facebook (FB) Baru

Bagaimana cara mengaktifkan fitur marketplace di akun Facebook baru? Baru bikin akun FB, ingin jualan lewat marketplace FB, tapi tidak ada fitur ini di akun tersebut? Hadirnya marketplace di FB sangat membantu orang yang aktif berjualan lewat Facebook.

Untuk mendapatkan pembeli lewat Facebook, ada berbagai cara yang biasa dilakukan oleh pengguna FB. Ada yang posting di grup jual beli, ada yang posting barang jualan lewat status Facebook, ada pula yang menggunakan iklan berbayar (Facebook ads) untuk mempromosikan produk.

Selain cara-cara tersebut, ada cara lain yang efektif untuk jualan lewat FB, yaitu dengan menggunakan fitur marketplace di FB. Dengan fitur ini, promosi lebih tertarget. Tingkat konversinya lebih besar ketimbang asal posting di grup FB, sekalipun itu grup jual beli.

advertisement

Sayangnya, tidak semua akun bisa menggunakan layanan ini, apalagi akun FB yang baru dibuat. Lalu bagaimana cara memunculkan fitur marketplace di Facebook baru?

Cara Mengaktifkan Marketplace di Akun FB Baru
Untuk akun FB yang baru dibuat, biasanya tidak langsung ada fitur marketplace. Supaya fitur ini aktif, gunakan dulu akun FB sewajarnya, seperti menambahkan pertemanan, membuat status, dan sebagainya, agar terlihat natural, agar tidak terkesan bikin akun cuma untuk jualan. Selain itu, gabung juga ke beberapa grup jual beli.

advertisement

Setelah itu, tinggal menunggu sistem FB mengaktifkan fitur marketplace di akun baru tersebut. Jika sudah ada ikon marketplace (gambar toko), berarti fitur tersebut sudah aktif.

Setelah fitur marketplace aktif, Anda bisa gunakan fitur tersebut untuk berjualan. Tapi, agar bisa berjualan menggunakan fitur ini, akun Anda harus diverifikasi menggunakan nomor HP.

Gunakan sebaik-baiknya. Jika terjadi kejanggalan, sistem Facebook bisa memblokir akses akun tersebut ke marketplace FB. Usahakan gunakan FB se-natural mungkin supaya akun tidak diblokir FB.

Untuk mengunjungi marketplace lewat web, Anda bisa buka https://www.facebook.com/marketplace.

Memanfaatkan marketplace untuk meningkatkan jualan
Facebook marketplace sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Namun, dengan makin banyaknya penjual yang menggunakan fitur ini, persaingannya pun jadi lebih susah. Dulu begitu posting, tak lama kemudian banyak chat masuk yang menanyakan tentang produk.

Namun, jenis barang yang dijual juga berpengaruh terhadap penjualan. Untuk tipe barang seperti kendaraan bermotor dan HP, promosi di FB marketplace masih sangat efektif.

Tapi, tak ada salahnya untuk dicoba. Nyatanya masih banyak yang menggunakan fitur ini, baik untuk jual barang maupun mencari barang. Adapun untuk pembayaran tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Bagaimana jika posting di FB marketplace diblokir?
Tidak semua produk diprbolehkan diiklankan di FB marketplace. Salah satu produk yang tidak diperbolehkan adalah produk herbal dan suplemen kesehatan. Jika Anda posting produk ini, produk tidak bisa ditampilkan. Memang bisa diakali supaya bisa lolos. Namun, jika begitu posting ditolk terus, sebaiknya hapus postingan, daripada fitur FB marketplace-nya kena blokir.

Bagaimana jika tidak bisa kirim chat?
Jika terlalu banyak chat yang masuk, bertanya dengan pertanyaan yang sama (misal yang sering ditanyakan “Hi, apakah masih ada?”), kemudian Anda juga mengirim jawabannya sama dengan chat lainnya (copy jawaban chat lain) dengan jarak yang berdekatan, chat bisa diblokir sementara, sehingga Anda tidak bisa membalas chat dari calon pembeli.

Solusinya adalah menunggu sampai blokir chat dibuka. Untuk mencegah chat terblokir, sebaiknya jangan terlalu cepat membalas antar chat yang satu dengan yang lainnya, kasih jeda waktu.

Demikian pembahasan tentang cara mengaktifkan Facebook marketplace di akun FB baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button