Cara Menghitung Berat Badan Ideal agar Tubuh Lebih Sehat

Berbicara soal berat badan, cukup banyak yang mengeluhkan bahwa angkanya jauh dari ideal, baik terlalu tinggi ataupun rendah. Untuk itulah cara menghitung berat badan ideal dibutuhkan untuk mengetahui berat yang disarankan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Terdapat dua cara untuk mencari tahu berapa berat yang ideal, yaitu melalui kalkulator BMI dan rumus Broca.

Apa Itu BMI?

Metode pertama untuk mengetahui berat ideal yaitu menggunakan BMI (indeks massa tubuh). Cara yang pertama ini paling umum dan sering menjadi patokan, dimana perhitungannya berdasarkan pada data tinggi serta berat badan. BMI juga berlaku untuk berbagai usia, namun untuk usia sebelum 20 tahun kurang dianjurkan.

Dengan penghitungan BMI, informasi yang akan didapatkan yaitu apakah berat badan seseorang termasuk kategori ideal atau belum. Penghitungannya yang sederhana membuat BMI banyak digunakan dan menjadi dasar perhitungan, namun terkadang mengakibatkan kesalahpahaman untuk atlet.

Hal ini karena, atlet banyak melakukan kegiatan fisik. Dengan kegiatan yang banyak tersebut, atlet mengembangkan otot yang cukup banyak sehingga terkadang keliru dianggap kelebihan berat, padahal tidak. Untuk itu diperlukan pertimbangan lebih bagi orang yang sangat aktif fisiknya.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan BMI

Rumus yang digunakan yakni BMI = berat : tinggi. Meski begitu, sekarang semakin banyak situs resmi di bidang kesehatan yang menyediakan kalkulator untuk menghitungnya. Pengguna bisa langsung mengakses dan tinggal memasukkan informasi tinggi dan berat sehingga tidak perlu menghitung ulang. Berikut ini cara untuk menghitung BMI:

1. Masuk ke Situs Penyedia Kalkulator BMI

Buka browser, lalu ketikkan “kalkulator BMI” pada menu pencarian. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai halaman yang menyediakan kalkulator untuk menghitung berat badan ini. Pilihlah salah satu dari berbagai pilihan yang ada. Usahakan memilih situs yang terpercaya dalam memberikan informasi kesehatan, misalnya halodoc, klikdokter, hellosehat, dan lain sebagainya.

2. Mengisi Data yang Dibutuhkan

Isikan formulir yang disediakan untuk memeriksa indeks massa tubuh. Ada beberapa informasi yang wajib ditulis. Mulai dari jenis kelamin, kemudian umur, tinggi, dan juga berat badan saat ini. Isi semua datanya dengan jujur untuk mengetahui kondisi tubuh dengan lebih baik.

Setelah mengisi semuanya, cara menghitung berat badan ideal bisa dilanjutkan dengan klik “Hitung” sehingga situsnya bisa mulai melakukan penghitungan. Tunggu sesaat hingga proses penghitungannya selesai.

3. Melihat Hasil Penghitungan

Perhatikan pada hasil yang ditampilkan di halaman berikutnya. Akan muncul angka BMI berdasarkan informasi yang sudah diinput pada tahap sebelumnya. Umumnya angka ini juga dilengkapi dengan kategorinya. Misalnya kegemukan, ideal, kurang, dan sejenisnya. Berikut keterangan seputar kategorinya:

  • Angka BMI yang berada di kisaran 18.5 sampai 25 termasuk kategori normal.
  • Apabila angka BMI melebihi 25, artinya berat badan yang dimiliki termasuk berlebih.
  • Jika angka BMI lebih rendah dari 18, berarti berat badannya termasuk kurang.
  • Angka BMI yang sudah lebih dari 40, diharuskan melakukan penanganan dengan segera karena berbahaya untuk kesehatan.

4. Memperhatikan Rekomendasi

Baca bagian rekomendasi yang berisi saran-saran penting untuk memperbaiki maupun menjaga kesehatan tubuh. Contohnya bagi yang termasuk kegemukan, disarankan untuk melakukan penurunan berat 0.5 sampai 1 kg tiap pekannya dan berolahraga tiga hingga empat kali.

5. Berkonsultasi Lebih Lanjut

Perhatikan di halaman hasil BMI. Biasanya situs yang kredibel menyediakan link yang langsung mengarahkan pengguna menuju halaman untuk menghubungi dokternya. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan pengaturan pola makan yang sesuai untuk kondisi berat badan saat ini. Konsultasi bisa dilakukan via chat sehingga lebih praktis dan dapat dilakukan dari mana saja.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Broca

Belum banyak orang yang mengetahui rumus ini. Broca merupakan metode penghitungan yang diciptakan oleh Paul Broca. Tujuannya yaitu menghitung berat yang ideal berdasarkan jenis kelaminnya. Hal ini dikarenakan laki-laki memiliki komposisi tubuh yang berlainan dengan perempuan. Metode yang kedua ini sebenarnya cukup mudah, yakni seperti berikut:

1. Menggunakan Rumus yang Tepat

Kenali terlebih dahulu rumus Broca, karena ada dua jenis yaitu untuk pria dan juga wanita. Keduanya memiliki sedikit perbedaan. Untuk pria, rumusnya adalah: Berat ideal = [tinggi – 100] – [tinggi – 100 x 10 persen Sedangkan rumus untuk mengetahui berat ideal perempuan yaitu: Berat ideal = [tinggi – 100] – [tinggi – 100 x 15 persen] Keterangan: untuk berat menggunakan satuan kg, tinggi menggunakan cm.

2. Melakukan Penghitungan

Lakukan penghitungan berat ideal menggunakan rumus yang sudah disebutkan tadi. Sebagai contoh, perempuan bernama Aira yang tinggi badannya 158 cm. Dengan rumus tadi, cara mengteahui berat yang ideal untuk Aira yaitu: (158-100) – (158-100) x 15% = 58-8,7 = 49,3 Berdasarkan penghitungan ini, maka berat ideal untuk Aira yang memiliki tinggi 158 cm adalah 49,3 kg.

Itulah ulasan tentang cara menghitung berat badan ideal serta tips yang bisa dilakukan untuk mencapainya. Alangkah bijaknya jika target yang ingin dicapai bukan semata berfokus di berat yang ideal, namun juga tubuh yang sehat secara menyeluruh. Jika tubuh sehat, banyak hal yang dapat dilakukan dan juga lebih minim keluhan sehari-hari yang kecil namun mengganggu.

Back to top button