Cara Menyalakan HP Samsung J1 tanpa Tombol Power, Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagaimana cara menyalakan HP Samsung J1 jika tombol power-nya rusak? Apakah bisa menghidupkan HP Android Samsung J1 tanpa tombol power? Jawabannya adalah bisa, bahkan tanpa perlu instal aplikasi tambahan. Saya coba cara ini di HP Samsung J1, tapi kalau kalian mau mencobanya di HP Samsung tipe lain, seperti J2, J3, J5, dan sebagainya, silakan saja, asalkan memakai baterai tanam.

Keberadaan tombol power di HP Android sangatlah penting. Tombol power berfungsi sebagai tombl on/off, untuk menyalakan dan menonaktifkan HP Android. Jika tombol ini rusak, maka akan sangat merepotkan. Tapi, bagaimana jadinya kalau HP Android terlanjur kehabisan baterai, sedangkan tombol power-nya rusak? Apakah tidak bisa dinayalakn lagi? Apakah harus ganti casing?

Cara Menyalakan HP Samsung J1 Tanpa Tombol Power
Untuk menyalakan HP Android Samsung J1 tanpa menekan tombol power, kalian tidak perlu aplikasi tambahan. Saya pernah mencoba aplikasi yang katanya bisa mengubah tombol volume menjadi tombol power, tapi aplikasi tidak bekerja. Alhasil, saya berusaha agar HP saya tidak sampai mati. Namun, sampai pada suatu ketika, HP mati. Tombol power benar-benar tidak berfungsi, diakalin tidak bisa.

advertisement

Memang kalau dari harga, HP Samsung J1 saya tidak seberapa, apalagi banyak minusnya, seperti layar retak, casing belakang tidak ada, cover baterai mengelupas, kamera belakang tidak jernih, dan casing juga lecet. Tapi, performanya masih oke, meski sering jatuh. Bukan masalah harga HP nya, tapi data-data yang ada di dalamnya.

Saya sudah coba melakukan cara supaya HP saya bisa dinyalakan lewat laptop, dengan menggunakan progam apa gitu. Saya coba ikuti tutorialnya, tapi saya tidak paham, jadinya tidak selesai.

advertisement

Sampai suatu ketika saya menemukan tutorial di Youtube tentang bagaimana cara menyalakan HP tanpa tombol power, dan ternyata cara tersebut benar-benar bekerja. Saya praktekkan di HP Samsung J1 saya.

Berikut ini langkah-langkahnya.
1. Hubungkan HP Samsung J1 ke charger.
2. Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan ikon yang menandakan pengisian baterai sedang berlangsung.
3. Tunggu sampai muncul presentase pengisian baterai.
4. Setelah itu, dengan segera cabut charger, lepaskan baterai dari HP, kemudian pasang lagi. Lakukan lepas-pasang baterai dengan cepat.

Cara tersebut bisa memicu HP Samsung J1 menyala sendiri, meski tombol power tidak ditekan. Jika percobaan pertama belum berhasil, coba ulangi sampai berhasil.

Sebelumnya, pastikan dulu kalau baterai HP yang digunakan masih berfungsi dengan baik. Cara tersebut sudah saya coba dan berhasil di HP Samsung J1 saya. Untuk merk HP lain seperti Lenovo, Oppo, Xiaomi, Vivo, dan sebagainya yang menggunakan baterai HP tanam, tentu cara tersebut tidak berlaku.

Itulah cara menyalakan HP Samsung J1 tanpa tombol power. Jika kalian tidak mau ribet-ribet memakai cara tersebut setiap kali mengaktifkan HP, kalian bisa beli casing HP fullset, untuk cara pasangnya tinggal bawa ke tukang servis HP.

Tombol power HP Android memang rentan rusak, apalagi kalau sering ditekan terlalu keras. Namun, ketika tombol power HP rusak, bukan berarti HP sudah sama sekali tidak bisa digunakan.

Jadi, solusi untuk mengatasi tombol power HP Samsung J1 yang rusak, jika tidak mungkin bisa dibetulkan, kalau tidak mau ribet melakukan langkah-langkah di atas, ganti casing adalah solusinya.

Bagaimana dengan HP Samsung tipe lainnya? Silakan dicoba, barangkali bisa, asalkan di HP Samsung yang tidak menggunakan baterai tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button