Cara Mudah Cek Resi Shopee Express Standard dan Sameday

Jika kamu senang berbelanja online menggunakan e-commerce Shopee tentunya kamu sudah hafal segala seluk-beluknya. Namun untuk yang baru ingin mulai berbelanja online mungkin akan bingung dalam beberapa hal seperti caranya mengecek resi. Apalagi untuk yang jarang terdengar seperti Shopee Express. Ayo kita bahas panduan cek resi Shopee agar kamu tidak bingung lagi!

Apa itu Shopee Express

Salah satu platform belanja online terbesar di Indonesia yaitu Shopee kini memiliki pengirimannya sendiri. Jasa pengiriman tersebut adalah Shopee Express, ekspedisi milik Shopee yang resmi. Ini adalah opsi ekspedisi yang bisa kamu pilih ketika menggunakan Shopee.

Tidak seperti jasa kirim lain yang bekerja sama dengan Shopee, Shopee Express sering memiliki diskon ongkos kirim yang besar. Ini karena tim Shopee menghandle sendiri jasa pengiriman.

advertisement

Walaupun namanya mirip, Shopee Express berbeda lagi dari Standard Express. Standard Express adalah jasa pengiriman yang dipakai Shopee untuk pembelian yang berasal dari luar negeri, misalnya dari China. Sedangkan Shopee Express khusus ditujukan untuk pengiriman paket dalam negeri.

Jenis Shopee Express

Ada beberapa jenis paket pengiriman Shopee Express, yang dibedakan berdasar cepat atau lambatnya durasi pengiriman. Paket-paket tersebut adalah Shopee Express Standard, Sameday, dan Instant. Besaran ongkos kirim juga berbeda-beda sesuai kecepatannya. Macam-macam Shopee Express adalah sebagai berikut:

advertisement

  • Shopee Express Standard

Shopee Express Standard adalah paket dengan lama pengiriman sama seperti jasa ekspedisi pada umumnya yaitu dua hingga tujuh hari. Pengiriman tidak terbatas di daerah tertentu sehingga bisa juga ke luar pulau. Yang penting lokasi penerimaan masih terjangkau dari salah satu agen Shopee Express terdekat.

  • Shopee Express Sameday

Shopee Express Sameday pengirimannya langsung pada hari itu juga. Biasanya 6 jam atau lebih dari saat kurir menerima paket. Namun pengiriman ini hanya bisa kamu pilih jika penerima paket tinggal di sekitar daerah Jakarta. Biaya mengirim dengan Shopee Express Sameday jauh lebih tinggi daripada yang standar.

  • Shopee Express Instant

Sedangkan untuk yang Instan lebih cepat lagi. Durasi pengiriman hanya 3 jam dari saat kurir menerima paket. Tentunya harganya juga lebih tinggi daripada Shopee Express Sameday. Selain itu Shopee Express Sameday dan Instant juga bisa fitur Cash on Delivery atau COD. 

cek resi Shopee

Cara Cek Resi Shopee Express

Kamu dapat memakai beberapa cara untuk cek resi Shopee Express. Kamu bisa langsung mengecek resi di Shopee, lewat situs resmi Shopee Express, serta dari situs khusus untuk cek resi. Perhatikan panduan cara cek resi Shopee Express di bawah ini.

Cek Resi Shopee dengan Aplikasi Shopee

Jika sudah menginstal aplikasi Shopee sangat mudah untuk melihat status pengiriman. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke akun Shopee milikmu dan klik “Akun Saya”
  • Di tampilan pesanan saya tekan pilihan “Dikirim” untuk menampilkan pesanan-pesananmu
  • Klik di pesanan yang ingin kamu cek sehingga muncul “Rincian Pesanan”
  • Di kolom Informasi Pengiriman terdapat tombol “Lacak”, klik pada tombol tersebut
  • Lalu akan tampil status dari pengiriman, jika ada update atau ada masalah dalam pengiriman akan langsung tertera di status tersebut

Apabila kamu tidak memiliki aplikasi Shopee dan berbelanja dari website Shopee langkah yang perlu kamu lakukan tidak berbeda. Buka situs www.shopee.co.id  kemudian ikuti langkah yang sama dengan di aplikasi.

Cek Resi Shopee Express dari Situs Resmi

Selain itu kamu bisa cek dengan membuka situs resmi Shopee Express. Langkahnya seperti berikut:

– Buka internet browser dan masuk ke www.spx.co.id 

– Ketik nomor resimu di kolom pencarian dan klik opsi “Track”

– Progres dan status pengiriman akan muncul pada halaman tersebut

Cek Resi Shopee dari Situs Resi Lainnya

Selain situs dan aplikasi resmi, kamu juga bisa mencari tahu status pengiriman melalui website cek resi tidak resmi. Situs-situs resi ini biasanya bisa untuk melihat lebih dari satu macam jasa kirim sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari cek resi masing-masing ekspedisi. Apalagi jika paketmu ada banyak.

Situs-situs cek resi, di antaranya:

www.cekresi.com 

www.berdu.id/cek-resi 

www.shipper.id/tracking 

www.cekpengiriman.com/cek-resi 

Cara penggunaannya mudah saja. Kamu cukup mengunjungi link tersebut, lalu masukkan nomor resi ke box pencarian. Setelah itu kamu harus mengubah kolom nama ekspedisi ke pengiriman yang sedang ingin kamu cari, misalnya Shopee Express. Voila, hasilnya akan langsung tampil.

Hubungi Customer Service untuk Laporan

Apabila setelah kamu cek resi ada kendala pada pengirimanmu, kamu dapat melapor ke call center agar tim Shopee segera menindaknya. Customer Service Shopee Express yang bisa kamu hubungi yaitu 021-1500702.Demikian penjelasan lengkap tentang cek resi Shopee. Semoga kamu tidak bingung lagi dan lebih mudah dalam berbelanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button