Ditelepon 188 nomor apa? Penipuan bukan?

Pernah mendapatkn panggilan dari nomor 188? Nomor apa sih? Apakah itu penipuan atau bukan? Jika Anda pernah ditelepon 188, terutama pengguna Telkomsel, tidak usah khawatir. Memang kalau ada panggilan masuk, apalagi nomor tersebut tidak ada di daftar kontk, bisa bikin orang bertanya-tanya.

Sejujurnya, saya belum pernah mendapatkan telepon dari nomor 188. Namun, ternyata banyak yang mendapatkan panggilan dari nomor ini, dan bingung ini nomor telepon apa. Rasa khawatir memang wajar, khawatir pulsa tersedot kalau mengangkat panggilan tersebut misalnya.

Lalu kenapa sih ada panggilan dari nomor 188? Apa tujuan panggilan tersebut? Apakah tidak berbahaya kalau mengangkat panggilan tersebut?

advertisement

Jadi, nomor 188 merupakan nomor call center Telkomsel. Adapun tujuannya adalah untuk menawarkan promo terkait dengan layanan Telkomsel. Ada juga orang yang melaporkan kalau dia mendapatkan penawaran promo Indihome Triple Play dari panggilan tersebut. Layanan Telkomsel dan Indihome masih di bawah naungan perusahaan yang sama, yaitu PT Telkom Indonesia Tbk.

Lalu apakah harus diangkat? Tidak ada keharusan bagi Anda untuk mengangkat panggilan dari nomor 188. Ada beberapa kemungkinan ketika seseorang mendapatan panggilan dari nomor 188, yaitu

advertisement

Jika kalian merasa terganggu dengan panggilan 188 yang masuk berkali-kali, kalian bisa memblokir nomor tersebut di nomor HP kalian sehingga nomor tersebut tidak lagi menelepon ke nomor kalian.

Saya belum pernah mendapatkan panggilan dari nomor 188, karena bukan pengguna Telkomsel. Kalau Indihome pernah, beberapa kali ditelepon oleh pihak Indihome, ditawari upgrade layananan Indihome. Tapi, kalau dari Indihome nomornya bukan 188.

Sepertinya memang itu teknik marketing PT Telkom Indonesia, dengan menghubungi pelanggan untuk ditawari layanan tertentu dari perusahaan tersebut. Kalau saya sebagai pengguna Axis, tidak ada panggilan yang masuk cuma sekadar menawarkan paket internet. Penawaran promo paket internet biasanya lewat SMS.

Nah, jika kalian mendapatkan panggilan dari nomor 188, tak ada salahnya untuk mengangkat panggilan dari nomor tersebut. Telepon dari 188 bukan telepon penipuan, bukan juga panggilan yang menyedot pulsa.

Penipuan lewat panggilan telepon memang marak terjadi. Ada yang modusnya menang hadiah tertentu, tapi ujung-ujungnya, korban harus mentransfer sejumlah uang. Bukannya hadiah yang didapat, malah uang yang hilang. Dengan maraknya penipuan melalui telepon, maka sebaiknya tetap waspada. Jangan mudah percaya dengan iming-iming hadiah ataupun penipuan dengan modus lainnya, apalagi kalau yang menelepon menggunakan nomor HP.

Demikian pembahasan tentang nomor 188. Jadi, ini nomor call center Telkomsel yang mau menawarkan layanan tertentu dari Telkomsel. Atau bisa juga penawaran dari Indihome.

Bagi kalian yang pernah mendapatkan telepon dari 188, atau ada yang mau ditanyakan terkait hal ini, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button