Efek samping Bebwhite C aman / berbahaya? Halal tidak?

Apakah cream Bebwhite C aman digunakan atau berbahaya? Adakah efek samping menggunakan Bebwhite C, entah itu cream siang, cream malam, facial wash, maupun tonernya. Apakah produk ini sudah terdaftar di BPOM atau belum? Apakah Bebwhite C halal?

Salah satu skincare yang lagi naik daun yaitu Bebwhite C. Bahkan pernah dibahas oleh salah satu dokter melalui channel Youtube-nya, yaitu oleh Dr Richard Lee dalam video berjudul 5 PRODUK BERBAHAYA LAGI-LAGI BEBAS DI PASARAN HASIL LAB JUNI 2020, dia mempermasalahkan cream malam Beb White C yang tidak mencantumkan nomor BPOM, padahal kalau dicek, ada nomor BPOM krim malam Bebwhite C. Setelah dites di lab, ternyata cream malam Bebwhite C positif hidrokuinon 3,6%.

Bahkan Dr Richard Lee, MARS juga mempermasalahkan klaim halal Bebwhite C, karena tidak terdaftar di web LPPOM MUI. Bahkan dia bilang kalau Bebwhite C itu nipu, karena cream malamnya tidak ber-BPOM, dianggap abal-abal, dan belum halal.

advertisement

Memang sertifikasi halal dari MUI itu sebagai bukti kalau suatu produk sudah diteliti kehalalannya, sudah terbukti kalau dari bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang halal. Namun, kalau tidak terdaftar di LPPOM MUI, belum tentu produk tersebut tidak halal. Memang kalau aturannya, produk yang diperdagangkan di Indonesia harus disertifikasi kehalalannya untuk produk yang mengandung unsur hewani.

Lalu kenapa skincare kok tetap harus disertifikasi halal? Skincare juga bisa mengandung bahan yang berasal dari hewan. Contohnya gliserin, kalau asalnya dari lemak hewan yang tidak halal, babi misalnya, maka bisa membuat produk yang mengandung gliserin tersebut tidak lolos sertifikasi halal. Jika gliserin tersebut dibuat dari lemak hewan yang secara zat halal, misalnya sapi, cara penyembelihan hewan tersebut juga perlu diketahui. Jika penyembelihan dilakukan secara syariat Islam, berarti halal, jika tidak, berarti tidak halal, meskipun secara zat, sapi itu halal.

advertisement

Ribet? Hal ini sebenarnya untuk memastikan kehalalan suatu produk, supaya umat Islam di Indonesia benar-benar menggunakan produk yang halal.

Balik lagi ke Bebwhite C. Produk ini diklaim halal. Untuk menepis keraguan masyarakat tentang kehalalan produk ini, ada baiknya mencantumkan logo halal MUI di kemasannya. Boleh-boleh saja sih klaim halal, kalau produknya memang benar-benar halal, meski belum mendapat sertifikasi halal dari MUI. Lagipula sertifikasi halal perlu proses. Ada banyak kok produk skincare yang awalnya di kemasannya tidak ada logo halalnya, kemudian selang beberapa waktu ada kemasan baru yang ada logo halalnya.

Bebwhite C diproduksi oleh PT Immortal Cosmedika Indonesia, perusahaan produsen kosmetik yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Nah, logikanya gini, jika pabrik yang memproduksinya sudah mendapakan sertifikasi halal, berarti produk-produk yang diproduksi juga harus produk yang halal dong. Tapi, kalau di kemasan produk mau dikasih logo halal MUI, maka perlu didaftarkan dulu ke MUI.

Lalu apa efek samping Bebwhite C? Apakah aman digunakan atau berbahaya?
Sebagai konsumen, sebenarnya mudah mengetahui suatu produk skincare aman digunakan atau tidak. Di Indonesia sudah ada BPOM, jika sudah terdaftar di BPOM, berarti aman digunakan. Kita tidak perlu repot-repot mengecek satu persatu kandungan bahan dalam skincare tersebut apakah aman atau tidak.

Jika suatu produk sudah terdaftar di BPOM, kita bisa mengecek nomor BPOM produk tersebut di web cek BPOM apakah benar-benar terdaftar atau tidak. Lalu apakah produk Bebwhite C sudah terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan?

Berdasarkan hasil pengecekan di web cek BPOM, ternyata produk-produk Bebwhite C terdaftar di BPOM. Bebwhite C didaftarkan ke BPOM oleh PT Citra Intan Insani sebagai distributor. Sedangkan pabrik yang memproduksi produk ini adalah PT Immortal Cosmedika Indonesia.

Nomor BPOM Bebwhite C
Night Cream: NA18200105271
Totol Acne: NA18200104044
Facial Wash: NA18201202531
Lightening Cream: NA18201900778
Toner: NA18201202532
Serum Vitamin C: NA18201900779
Night Cream: NA18200103610
Day Cream: NA18200103611
Acne Night Cream: NA18200103612

Meskipun Bebwhite C aman digunakan, bukan tidak mungkin timbulnya efek samping. Efek ini belum tentu terjadi pada semua pengguna Bebwhite C. Adapun efek yang umum timbul setelah penggunaan skincare yaitu timbulnya beruntusan, yang bisa jadi merupakan proses purging, penyesuaian kulit terhadap bahan-bahan dalam skincare tersebut.

Namun, kalau yang muncul adalah jerawat besar, bahkan peradangan, maka bisa jadi itu tanda kulit tidak cocok. Jika timbul alergi setelah pemakaian, sebaiknya hentikan pemakaian. Ini bukan berarti produknya berbahaya, tetapi kondisi kulit tidak cocok dengan skincare tersebut.

Memang banyak testimoni positif dari pengguna Bebwhite C. Tapi, jika kalian coba tetapi tak mendapatkan hasil yang diharapkan, kalian bisa coba merk lainnya.

Sekilas tentang Bebwhite C
Bebwhite C Skincare merupakan brand kosmetik yang dimiliki oleh Hj. Citra Insani, SE, seorang lulusan sekolah estetika medik. Bebwhite C diluncurkan secara resmi pada akhir taun 2018. Meskipun masih tergolong sebagai brand baru, namun Bebwhite C juga dikenal banyak orang.

Demikian pembahasan tentang efek samping Bebwhite C, termasuk pembahasan tentang kehalalan produk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button