Efek samping cream zam zam biru pink berbahaya / aman?

Adakah efek samping cream zam zam baik yang biru maupun yang pink? Apakah cream ini berbahaya? Sudah terdaftar di BPOM atau belum? Kenapa setelah pakai cream zam zam kulit terkelupas dan merah? Kenapa wajah jadi perih, kering, gatal, iritasi setelah menggunakan cream ini?

Memutihkan atau mencerahkan wajah seharusnya menggunakan cara-cara yang aman. Bukan cuma sekedar mencerahkan saja, tetapi bahan-bahan yang digunakan untuk merawat wajah juga harus yang aman, yang tidak berdampak buruk pada wajah.

Jangan sampai kepengen punya kulit putih, kemudian asal pakai produk, tak memperhatikan keamanannya. Produk perawatan wajah harusnya merawat, bukan merusak wajah. Yang namanya merawat berarti menjadikan lebih baik atau mempertahankannya. Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan keamanan suatu produk, entah itu cream, lotion, serum, sabun, maupun toner sebelum digunakan ke kulit.

advertisement

Salah satu merk cream perawatan wajah yang cukup populer adalah cream zam zam. Kalau dengar merk cream ini, jadi ingat dengan sumber air yang ada di Timur Tengah sana. Saya tidak tahu kenapa dinamakan cream zam zam, entah apa filosofi di balik penamaan ini. Saya juga tidak perlu membahas itu. Poin pentingnya adalah tentang keamanannya. Mau sebagus apapun namanya, kalau produknya tidak aman juga percuma.

Ada dua varian
Sebetulnya produk skincare dengan merk zam zam ini produknya bukan cuma cream, tetapi juga ada sabun dan toner. Jadi, dalam sepaket skincare merk zam zam terdiri dari krim siang, krim malam, facial wash, dan toner. Ada dua varian paket skincare zam zam, yakni yang biru dan pink. Paket zam zam pink ini tanpa pengelupasan, ditujukan untuk tipe kulit normal. Sedangkan yang biru ini ditujukan untuk kulit wajah berjerawat dan terdapat flek hitam. Kalau paket yang biru ini bisa menyebabkan pengelupasan.

advertisement

Belum terdaftar di BPOM
Hingga postingan ini dibuat, cream zam zam belum terdaftar di BPOM, sehingga keamanannya masih tanda tanya. Dari kemasannya juga jauh dari standar kemasan kosmetik yang aman, tidak ada komposisi, produsen, tanggal kadaluwarsa, dan tentu saja tidak mencantumkan nomor BPOM, sehingga sangat mudah dipalsukan.

Pencantuman tanggal kadaluwarsa tentu sangat penting. Dengan adanya keterangan tentang kadaluwarsa di kemasan, maka kita bisa tahu sampai kapan produk tersebut masih aman digunakan.

Apakah cream zam zam mengandung merkuri dan hidrokuinon?
Saya tidak bisa menuduh kalau cream zam zam mengandung merkuri atau hidrokuinon. Karena untuk meneliti apakah cream tersebut mengandung merkuri atau hidrokuinon, atau tidak, maka perlu uji laboratorium. Memang benar hingga postingan ini dibuat, cream zam zam belum terdaftar di BPOM sehingga keamanannya diragukan. Tapi bukan berarti saya bisa seenaknya bilang kalau produk ini bermerkuri atau mengandung hidrokuinon.

Adakah efek samping cream zam zam?
Penggunaan cream wajah sekalipun yang aman, yang sudah terdaftar di BPOM pun sangat mungkin bisa menimbulkan efek samping, apalagi kalau cream abal abal. Nah untuk cream zamzam ini ada yang wajahnya kering, terkelupas, gatal, merah, ada juga yang jerawatnya tambah besar. Jika terjadi hal seperti itu, sebaiknya hentikan penggunaannya.

Jadi, kalau ada yang sudah memakai cream zam zam, kemudian malah timbul efek negatif, bukan berarti dia pakai produk palsu. Lagipula produk yang aslinya pun belum terdaftar di BPOM.

Untuk menjawab pertanyaan apakah cream zam zam sudah terdaftar di BPOM atau belum, itu harus bisa dibuktikan. Kalau memang benar sudah terdaftar di BPOM, berarti ada nomor BPOM-nya, yang bisa digunakan untuk mengecek di web BPOM apakah benar-benar terdaftar atau tidak.

Hologram maupun tulisan original tidak membuktikan kelegalan produk. Di Indonesia, produk kosmetik dikatakan legal jika sudah punya izin edar. Untuk mendapatkan izin edar tidaklah susah jika produknya memang benar-benar aman digunakan, tidak mengandung bahan-bahan yang dilarang dalam pembuatan skincare seperti merkuri dan hidrokuinon.

Jadi, kalau ada yang mengklaim kalau cream zam zam sudah ada izin edarnya, tanyakan berapa nomor BPOM-nya. Atau bagi kalian yang baca postingan ini, yang tahu nomor izin edar cream zamzam, silakan kasih tahu lewat kolom komentar.

Sebaiknya gunakan produk yang jelas-jelas aman, yang sudah terdaftar di BPOM. Kalau memakai produk yang tidak jelas keamanannya, tidak jelas apa bahan-bahannya, efeknya sampingnya tidak muncul dalam sekejap, tapi dalam jangka panjang, bisa merusak kulit.

Tapi, kalau kalian tidak mau ikuti saran saya, tetap penasaran ingin mencoba cream zam zam, itu hak kalian. Kalau ada apa-apa juga bukan saya yang rugi.

Saya luruskan, di sini saya bukan berniat untuk menjatuhkan suatu produk, tetapi mencoba memberikan ulasan. Yang namanya ulasan itu bisa positif, bisa pula negatif. Ada berbagai merk skincare yang sudah saya bahas di web ini. Kalau aman, saya katakan aman. Kalau saya belum yakin tentang keamanannya, masa saya harus bilang kalau produk itu aman?

Maka dari itu, berhubung saya tidak punya bukti berupa hasil uji lab atau pernyataan dokter yang mengatakan bahwa cream zam zam bermerkuri, atau mengandung zat berbahaya lainnya, saya tidak bilang kalau produk itu mengandung bahan tersebut.

Bagi kalian yang sudah pernah menggunakan cream zam zam, silakan berikan ulasan kalian mengenai produk ini lewat kolom komentar.

6 Comments

  1. Ngk masuk kriteria produk aman, meski belum tau mengandung merkuri atau tdk, krna produk yg aman mempunyai 6 kriteria yg harus d miliki,
    1. Ada merk
    2. Nama PT dan Alamat PT yg memproduksi
    4. Tertera Ingredients
    5. Tertera Cara pakai
    6. Memiliki nomor BPOM & Batch Number

  2. Dikampung saya ada yg jual, saya juga pemakai jujur saya percaya gak prcya sih krna dri tekstur cream malamnya saja tidak beda jauh dengan temulawak yg memang sudah jelas di uji di laboratorium sama dr.richard positif mengandung merkuri… Trus penjualnya pun mencantumkan no bpom nyaa, tolongg yaa info nyaa krna saya takutt nanti bahaya sma kulit wajah saya atau teman” yang baca komentar ini
    Cream malam 18200106996
    Cream siang 18200106990

  3. kebetulan saya baru nyoba, tp memang teksturnya itu lengket banget bner kata komennya mb @regina seperti cream temulawak makanya saya rada takut tp emng hsilnya cpet putih sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button