Efek samping HB Dosting apakah berbahaya / aman?

Apa efek samping lotion HB lotion pemutih dosting (dosis tinggi)? Apakah HB dosting aman atau berbahaya? Apakah sudah terdaftar di BPOM?

Banyak perempuan yang tergoda dengan hand body lotion pemutih, meskipun produknya tidak jelas komposisinya, tidak ada tanggal kedaluwarsa, merknya pun cuma cetakan menggunakan printer biasa. Siapa sih yang tak mau dengan efek yang cepat? Namun, produk yang diklaim bisa memutihkan dalam waktu cepat belum tentu aman.

Memang produk yang tak jelas pun efek putihnya bisa cepat dirasakan. Namun, keamanannya pun perlu diperhatikan. Jangan cuma ingin hasil cepat tapi mengabaikan keamanan. Ironisnya, banyak yang tak peduli, banyak yang tergoda dengan produk abal-abal.

advertisement

HB dosting, HBL green tea, HB super anggur, HB extra whitening dosis tinggi, entah apapun merk yang digunakan, kalau komposisinya tidak jelas, produsennya tidak jelas, tidak ada keterangan tanggal kedaluwarsa, dan tentunya tidak terdaftar di BPOM, maka sebaiknya hindari.

Hand & body lotion racikan dengan komposisi yang tidak jelas ini efek sampingnya berbahaya. Kalau penjualnya sih bisa saja klaim kalau produk yang dijual aman digunakan. Lagian mana ada penjual skincare abal-abal yang terang-terangan bilang kalau produk yang dijual itu produk yang berbahaya, bisa-bisa nggak laku.

advertisement

Adapun bahan yang mesti diwaspadai adalah hidrokuinon. Zat ini memang bisa memutihkan, namun penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter. Hidrokuinon tidak boleh digunakan dalam skincare. Apalagi pada skincare abal-abal, kadar hidrokuinonnya entah berapa.

Bahan lainnya yang mesti diwaspadai adalah merkuri. Merkuri sangat berbahaya bagi kulit.

Memang dalam jangka pendek bisa saja belum kelihatan efeknya, tapi untuk jangka panjangnya, bisa bikin kulit rusak, yang lebih parah adalah kanker kulit, bahkan bisa menyebabkan kematian.


Ada juga hand & body lotion abal-abal yang mengandung steroid. Efek samping penggunaan hand & body lotion yang mengandung steroid dalam jangka panjang dapat menyebabkan striae atrofi, kondisi kulit seperti stretch mark.

Lalu apakah HB Dosting dan hand body dosis tinggi lainnya mengandung hidrokinon dan steroid? Entahlah. Yang tahu komposisinya adalah pembuatnya.

Jika HB Dosting diklaim aman, maka keamanannya perlu dibuktikan.

Di salah satu toko di marketplace yang menjual HB Dosting, terdapat keterangan kalau lotion ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang, karena bisa menyebabkan stretch mark. Waduh, jangan-jangan memang beneran mengandung steroid.

Ada juga yang terang-terangan menyebutkan kalau HB Dosting yang dijual mengandung hidrokinon (hydroquinone) sebesar 5%. Kadar hidrokinon sebesar 5% ini termasuk tinggi. Adapun efeknya adalah kulit memerah, iritasi, dan rasa terbakar. Memang dengan kadar hidrokinon sebesar itu efeknya kulit bisa lebih cepat putih. Namun, tidak pemakaiannya tidak boleh sembarangan. Di Indonesia, produk skincare tidak boleh mengandung hidrokinon. Jika terbukti mengandung hidrokinon, maka tidak bisa didaftarkan ke BPOM.

Mau diklaim racikan dokter sekalipun, itu sama sekali tidak membuktikan kalau produk tersebut aman. Lagipula tidak disebutkan dokernya siapa. Dan yang namanya racikan dokter itu biasanya tidak dijual bebas, khusus untuk pasien tertentu.


Dalam dunia medis, pada umumnya kata “dosis” berkaitan dengan kadar obat. Tapi, entah kenapa banyak yang penjual skincare yang menggunakan embel-embel dosis tinggi atau disingkat dosting. Dosting dijadikan merk skincare.

Namun, mau se-wow apapun merknya, tetap yang perlu diperhatikan adalah keamanannya. Di Indonesia sudah ada BPOM yang bukan cuma mengawasi obat-obatan dan makanan, tetapi juga kosmetik. Kosmetik berbahaya tentu peredarannya dilarang. Jika masih dijual bebas, maka itu berarti produk ilegal.

Lalu bagaimana cara memilih hand & body lotion yang aman?
Sebenarnya mudah untuk mengetahui suatu hand & body itu abal-abal atau tidak. Tinggal lihat apakah produk tersebut terdaftar di BPOM atau tidak. Simpel. Kalau hand & body lotion yang tidak ber-BPOM, sebaiknya tidak usah digunakan.

Nah, HB Dosting ini bukan hanya tidak terdaftar di BPOM, tetapi juga komposisi produknya tidak jelas. Jangan sampai ingin memutihkan kulit malah bikin kulit rusak.

Demikian pembahasan tentang efek samping HB Dosting. Jadi, keamanan produk ini sangat diragukan. Untuk lebih amannya, sebaiknya hindari penggunaan produk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button