Efek Samping Masker Kopi dan Air Mawar bagi Kulit Wajah

Pemakaian masker kopi sering direkomendasikan untuk membantu kulit wajah jadi lebih bersih dan cerah. Masker kopi ini biasanya dibuat dari campuran bubuk kopi dan air mawar. Selain bisa mencerahkan kulit, masker ini juga bisa menyamarkan tanda penuaan dini. Tapi ternyata ada efek samping masker kopi dan air mawar bagi kulit wajah. Kali ini akan dibahas apa saja efek samping dari pemakaian jenis masker ini.

Efek Samping Masker Campuran Kopi dan Air Mawar

Masker wajah yang terbuat dari campuran kopi dan air mawar memang kaya manfaat. Tapi ada juga efek samping yang mungkin terjadi dan hal ini harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa efek samping pemakaian masker kopi dan air mawar:

1. Memicu Iritasi

Campuran kopi dan air mawar sering dianggap sebagai masker alami yang efektif menjaga atau merawat kecantikan kulit. Namun bagi beberapa orang, masker ini justru bisa menyebabkan iritasi. Seperti diketahui bahwa kopi memiliki tekstur yang cenderung kasar dan tekstur inilah yang bisa memicu munculnya iritasi pada kulit.

advertisement

Hal ini sangat mudah ditemui pada pemilik kulit sensitif. Biasanya orang dengan kulit sensitif cenderung rentan mengalami iritasi apalagi jika berkontak dengan bahan yang bertekstur kasar. Iritasi yang terjadi bisa sangat parah mulai dari warna kemerahan hingga muncul luka pada kulit dan menimbulkan sensasi rasa perih.

Bagi pemilik kulit wajah sensitif sangat disarankan untuk tidak sembarangan memakai bahan skin care alami termasuk masker.

advertisement

2. Menyebabkan Kulit Kering

Salah satu efek samping masker kopi dan air mawar adalah menyebabkan kulit jadi lebih kering. Kopi diketahui mengandung kafein dan kandungan kafein ini bersifat sebagai dehidrator. Artinya kopi akan menyerap air dalam kulit dan bisa memicu kekeringan. Padahal kondisi kulit yang terlalu kering tidaklah bagus dan bisa memicu iritasi yang parah.

Kekeringan pada kulit biasanya akan diikuti rasa gatal. Gatal inilah yang kemudian akan memicu munculnya luka pada kulit. Luka ini bisa berkembang semakin parah apalagi jika pemilik kulit cenderung sulit untuk menahan hasrat menggaruk. Itulah mengapa penting sekali menjaga kulit tetap lembab agar terhindar dari iritasi.

Kulit yang kering juga biasanya akan lebih mudah muncul jerawat. Selain itu keriput dan tanda-tanda penuaan dini juga lebih mudah datang pada kulit wajah yang terlalu kering. Jadi bisa dikatakan bahwa jenis masker kopi dan air mawar tidaklah direkomendasikan bagi pemilik wajah yang kering.

3. Menyebabkan Alergi

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk kebutuhan skin care biasanya mudah memicu alergi. Hal ini memang tidak terjadi pada semua orang namun pada orang-orang tertentu yang memang punya alergi terhadap kandungan kopi. Jadi sebaiknya berhati-hati kembali saat akan menggunakan masker dari bahan kopi dan air mawar.

Reaksi alergi yang ditunjukkan bisa berbeda-beda. Mulai dari muncul ruam atau kemerahan di kulit, gatal-gatal, dan iritasi. Sebaiknya segera hentikan pemakaian jika dalam satu kali coba langsung muncul tanda-tanda alergi. Jangan melanjutkan pemakaian masker kopi dan air mawar ini karena bisa memicu reaksi alergi yang semakin parah.

Tips Pemakaian Masker

Pada dasarnya efek samping masker kopi dan air mawar yang telah disebutkan tadi bisa diminimalkan. Selama pemilihan kopi dan pemakaian maskernya tepat maka efek samping yang muncul mungkin tidak akan berlebihan. Berikut ini adalah beberapa tips pemakaian masker kopi dan air mawar saat dibutuhkan:

1. Pahami Kondisi Kulit

Pertama, silahkan pahami dulu kondisi kulit. Perlu diketahui apakah jenis kulit kering, berminyak, sensitif, dan lain sebagainya. Jika tipe kulit memang sensitif dan kering maka sebaiknya jenis masker kopi dan air mawar dihindari saja.

2. Pilih Biji Kopi yang Halus

Sangat disarankan untuk memilih biji kopi yang halus untuk digunakan sebagai masker. Biji kopi yang kasar akan memicu munculnya iritasi. Apalagi jika kulit wajah yang dimiliki masuk ke tipe sensitif.

3. Jangan Memakai Kopi Terlalu Banyak

Hindari menggunakan terlalu banyak kopi sebagai campuran masker. Sebaiknya cari petunjuk pemakaian masker kopi yang tepat dan gunakan takaran yang pas. Jangan menggunakan terlalu banyak kopi karena bisa memberikan efek samping yang buruk bagi kulit wajah.

4. Lakukan Percobaan Terlebih Dahulu

Sebaiknya lakukan percobaan terlebih dahulu dengan mengaplikasikan masker ke sebagian kecil kulit. Ini dilakukan untuk menguji apakah kulit alergi atau tidak dengan bahan kopi. Jika setelah dicoba tidak muncul reaksi apapun maka pemakaian masker kopi bisa dilakukan.

5. Gunakan Pelembab setelah Pemakaian Masker

Pastikan untuk selalu mengaplikasikan pelembab setelah selesai memakai masker kopi dan air mawar. Tentunya pemakaian pelembab dilakukan setelah wajah dicuci bersih. Pilih jenis pelembab yang tepat sesuai jenis kulit agar hasilnya bisa lebih optimal.

Efek samping masker kopi dan air mawar bagi kulit wajah memang sangat beragam dipengaruhi oleh jenis atau tipe kulit. Sangat penting untuk tetap berhati-hati saat memakai masker meskipun berbahan alami. Sesuaikan dengan kebutuhan dan lihat kembali tipe kulit yang dimiliki agar tidak terjadi efek samping yang merusak kondisi kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button