Efek samping sabun Espio berbahaya / aman? Bisa untuk wajah?

Apakah sabun Espio berbahaya atau aman digunakan? Adakah efek samping menggunakan sabun Espio untuk wajah?

Halo para wanita negeri +62, kali ini saya sebagai Admin mau membahas tentang sabun Espio, yang cukup ramai di Facebook. Apakah bakal seviral sabun Klinskin? Entahlah. Memang beberapa waktu lalu sabun Klinskin sempat viral, banyak yang penasaran ingin mencobanya. Namun, kini tak seviral dulu.

Viralnya sabun Klinskin di Facebook menunjukkan kalau sabun pemutih menjadi salah satu produk yang banyak diburu oleh para wanita. Tak heran jika sabun kencatikan merk lain pun gencar dipromosikan di Facebook, salah satunya adalah sabun Tzuki. Selain itu, belakangan saya sering melihat iklan salah satu merk sabun, yaitu sabun Espio.

advertisement

Espio Collagen Soap merupakan sabun yang dipromosikan sebagai sabun pemutih, bentuknya berupa sabun batang berwarna oranye, di sabunnya terdapat cetakan tulisan espio.

Dari segi fisik, sekilas mirip sabun Klinskin. Bahkan cara promosinya pun sama, dengan harga yang sama, yakni Rp98.000, beli dua gratis 1.

advertisement

Ternyata, setelah saya telusuri, sabun Espio diproduksi oleh PT Adev Natural Indonesia, yang juga merupakan produsen sabun Klinskin. Pabrik ini merupakan pabrik maklon kosmetik, sudah banyak pemilik brand yang mempercayakan pabrik sebagai tempat produksi skincare merk miliknya.

Lalu bagaimana dengan keamanannya? Sabun Espio sudah terdaftar di BPOM dengan nomor NA18200500380 sehingga kalau dari segi keamanan, sabun Espio tidak berbahaya.

Adapun pembahasan efek samping sabun Espio, seperti halnya skincare lainnya, ada kemungkinan wajah tidak cocok dengan kandungan bahan yang ada di sabun tersebut. Jika setelah pemakaian sabun Espio malah timbul breakout parah dan peradangan, sebaiknya hentikan pemakaian. Bisa jadi karena tidak cocok, tapi bukan berarti produknya berbahaya.

Lalu apakah bisa putih cuma dengan sabun pemutih doang? Warna kulit seseorang ditentukan oleh zat yang disebut melanin. Zat ini merupakan pigmen warna di kulit. Semakin banyak melanin di kulit, kulit akan tampak makin gelap, begitu juga sebaliknya.

Menggunakan sabun pemutih merk apapun, kalau wajah terpapar sinar matahari, tanpa pakai sunblock, maka hal itu jadi kurang efektif. Hal ini karena saat kulit terkena sinar matahari, produksi melanin akan meningkat. Zat melanin ini berguna sebagai pelindung alami kulit, namun efeknya bikin kulit tampak gelap. Untuk mencegahnya, penggunaan sunblock bisa diterapkan. Dengan begitu, karena sudah ada sunblock sebagai pelindung sinar matahari, mencegah kulit memproduksi melanin (setidaknya meminimalkan).

Lalu apakah sabun ini masih boleh dipakai? Tentu saja boleh, bisa digunakan sebagai sabun wajah, untuk membersihkan wajah.

Demikian pembahasan tentang sabun Espio Collagen Soap. Bagi kalian yang sudah mencoba sabun Espio, kalian bisa kasih review di kolom komentar.

3 Comments

  1. Sudah pakai 2 minggu yg ada kulit sy jdi bruntusan,sebaik nya pemakaian sy jentikan ato di teras kn y? Klo putih memang putih vi makin banyak keluar bruntusan sperti jerawat kecilĀ²

  2. Saya pakai sekitar 3 minggu,kulit jadi timbul bintik2 hitam dan numbuh jerawat batu… untuk sementara saya hentikan..
    masih ada 2 sabun lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button