Efek samping sabun Klinskin apakah aman untuk wajah?

Adakah efek samping pemakaian sabun Klinskin? Apakah Klinskin beauty soap boleh digunakan ke wajah? Apakah aman dan tidak berbahaya bagi kulit? Sabun kecantikan berwarna oranye ini memang lagi booming. Iklannya sering berseliweran di Facebook. Tapi, apakah benar sabun Klinskin bisa memutihkan kulit?

Sabun Klinskin dipromosikan sebagai sabun pemutih kulit. Banyak yang sudah mencobanya, entah itu yang harga Rp98.000 beli dua dapat tiga, maupun yang harganya di bawah Rp98.000. Dari banyaknya komentar para pemakai sabun Klinskin, ada yang berhasil mendapatkan efek positif, ada yang malah jerawatan.

Namun, tak sedikit pula yang mengalami efek negatif setelah penggunaan sabun Klinskin. Tapi bukan berarti sabun ini berbahaya. Sabun Klinskin sudah terdaftar di BPOM, sehingga komposisinya aman digunakan untuk kulit. Namun, jika setelah penggunaan malah tidak cocok, ini wajar saja terjadi. Bukan cuma sabun Klinskin, produk skincare lain juga ada kemungkinan tidak cocok jika digunakan oleh orang tertentu.

advertisement

Mengapa sabun Klinskin bisa viral?
Mengenalkan produk ke khalayak dan membuatnya viral sehingga penjualannya meningkat bukanlah hal yang mudah. Iklan tak selalu berhasil. Banyak iklan yang gagal, sehingga malah rugi. Secara sederhana, untuk iklan jualan produk, iklan bisa dibilang menguntungkan jika keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut lebih besar ketimbang biaya iklan.

Sabun Klinskin dipromosikan di Facebook sebagai sabun pemutih wajah, dengan strategi yang tepat, iklan ini menghasilkan banyak komentar. Banyak yang penasaran dengan produk ini. Promo beli sabun Klinskin 2 dapat 3 ternyata ampuh untuk menarik konsumen.

advertisement

Meski harganya terbilang mahal untuk ukuran sabun batang, yakni Rp98.000 per sabun, ternyata laku juga.

Dengan kepopuleran brand Klinskin, sabun ini juga sangat laku di marketplace seperti Shopee. Namun, kalau di Shopee, banyak yang menjual sabun Klinskin di bawah harga Rp98.000. Apakah yang murah juga ori? Untuk penjelasannya, Anda bisa baca di https://www.warga62.com/ciri-ciri-sabun-klinskin-asli-yang-palsu-adakah/.

Apakah sabun Klinskin dibuat dari bahan-bahan herbal?
Dalam pembuatan sabun batang diperlukan bahan-bahan kimia. Tak perlu takut dengan bahan kimia tersebut, karena hal itu sudah umum dalam pembuatan sabun. Tapi, kalau melihat keterangan komposisi Klinskin yang bisa dilihat di bagian belakang kemasan sabun Klinskin, sabun ini mengandung herbal yang berupa minyak zaitun.

Meski warnanya oranye, sabun Klinskin bukanlah sabun pepaya.

Apakah sabun Klinskin bisa memutihkan kulit?
Warna kulit manusia ditentukan oleh pigmen di kulit yang disebut melanin. Semakin tinggi kadar melanin di kulit, kulit tampak gelap. Adapun kegunaan melanin ini adalah sebagai pelindung kulit. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kadar melanin di kulit meningkat. Itulah penyebab kenapa kulit yang kena sinar matahari bisa tampak gelap.

Produk pemutih kulit biasanya bekerja dengan menghambat produksi melanin. Produk seperti itu bisa membantu mengembalikan warna asli kulit. Jadi, misal warna kulit seseorang asalnya cerah, kemudian berubah menjadi gelap karena kena sinar matahari, warna kulit tersebut bisa cerah kembali dengan menggunakan produk pemutih kulit.

Ada juga produk yang memberikan efek warna kulit putih, tapi tidak permanen.

Lalu kalau sabun Klinskin itu produk yang seperti apa? Apakah bisa bermanfaat untuk memutihkan kulit? Apakah hasilnya permanen? Kalau melihat keterangan kegunaan sabun Klinskin yang ada di belakang kemasan sabun ini, tidak ada kata-kata kalau sabun Klinskin dapat memutihkan kulit. Kegunaan sabun ini adalah untuk membersihkan tubuh, sehingga kulit tampak bersih, lembab, segar, dan tetap sehat.

Kata yang digunakan adalah “tubuh”, bukan wajah, sehingga bisa disimpulkan kalau sabun ini bukan sabun yang secara spesifik untuk wajah. Sabun ini adalah sabun badan. Namun, dalam iklan sabun Klinskin diperagakan pemakaian sabun Klinskin ke wajah.

Lalu apakah sabun Klinskin aman untuk wajah?
Banyak yang menggunakan sabun Klinskin ke area wajah. Karena di kemasan tidak ada keterangan bagaimana cara pakai sabun ini, dalam pembelian sabun Klinskin juga tidak dilengkapi brosur penjelasannya, maka untuk penggunaannya ke wajah, bisa disesuaikan sendiri.

Secara umum, sabun Klinskin adalah produk yang aman, bukan produk abal-abal. Namun, meski sudah terdaftar di BPOM, penggunaan produk ini tergantung kondisi kulit. Jika setelah digunakan ke wajah malah timbul reaksi ketidakcocokan seperti alergi, timbul peradangan, muncul jerawat besar, sebaiknya hentikan saja pemakaiannya.

Bagi Anda yang punya pengalaman menggunakan sabun Klinskin, Anda bisa membaginya lewat kolom komentar di web ini. Kalau mau memberi testimoni silakan saja, mau komplain juga silakan.

One Comment

  1. Saya baru pertama kali pakai. Dan saya aplikasikan sabun ini ke muka dan muka saya terasa perih. Apa mungkin pertama kali pakai jadi efeknya seperti itu?. Tolong sarannya terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button