Efek samping sabun Thai Goats Milk berbahaya / aman? bisa untuk wajah?

Adakah efek samping sabun Thai Goats Milk? Apakah sabun ini berbahaya atau aman untuk kulit wajah? Apa perbedaan sabun Thai Goats Milk asli dan palsu? Produk ini dari mana? Apakah sudah terdaftar di BPOM?

Ada sejumlah merk sabun pemutih asal Thailand yang laris di pasaran Indonesia, seperti sabun Fruitamin, Bumebime, dan sabun beras Thailand. Saking larisnya, bahkan banyak produsen sabun kecantikan di Indonesia menggunakan embel-embel Thai pada merk sabun yang mereka produksi. Bukan cuma itu, desainnya juga dibuat semirip mungkin dengan produk sabun asal Thailand.

Dulu sempat hits sabun Fruitamin, atau yang juga disebut sabun pelangi atau rainbow soap. Kemudian ada sabun produksi Indonesia yang dibuat semirip mungkin dengan sabun ini, baik secara kemasan, hingga fisik sabunnya, bahkan merk-nya pun mirip.

advertisement

Kemudian ada lagi sabun beras Thailand dari K-Brothers. Harganya yang murah, tidak sampai Rp10.000, katanya sabun ini bagus buat kulit. Kini banyak produk sejenis yang diproduksi oleh perusahaan industri kosmetik di Indonesia. Ada yang kemasannya dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya, ada pula yang kemasannya berbeda, tapi konsepnya sama, sabun pemutih ala-ala produk Thailand.

Sabun Thai Goats Milk berasal dari mana?
Produk sabun pemutih ala-ala sabun beras Thailand yang belakangan ini populer adalah sabun Thai Goats Milk, dengan kemasan berwarna biru muda, dengan ciri khas ada foto kepala kambing di kemasannya. Kalau merk itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “susu kambing Thailand”.

advertisement

Apakah salah kalau menggunakan merk seperti itu? Seperti keterangan komposisi yang tercantum di kemasannya, salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun ini adalah bubuk susu kambing (susu kambing dalam bentuk susu bubuk), di kemasan menggunakan bahasa Inggris, tulisannya Goat’s Milk Powder.

Kalau pertanyaannya apakah susu kambingnya berasal dari Thailand, entahlah. Di kemasannya tidak disebutkan susu kambingnya berasal dari kambing negara mana.

Namun, penggunaan kata “Thai” pada merk sabun tersebut sepertinya lebih ke trik marketing. Penggunaan kata tersebut sebagai merk, bukan mempresentasikan negara asal produk tersebut. Sabun ini bukan sabun impor dari Thailand, melainkan buatan Indonesia. Bahkan di kemasannya juga dicantumkan dengan jelas bahwa sabun ini diproduksi oleh PT Prioritas Jaya Indonesia.

Di pojok kiri bawah bagian depan kemasan sabun juga terdapat logo 100% Indonesia, yang semakin mempertegas kalau produk ini buatan Indonesia.

Adakah efek samping sabun Thai Goats Milk?
Salah satu yang patut disoroti dari sabun ini adalah harganya yang murah, tidak sampai 10.000. Harga ini tentu jauh di bawah harga sabun pemutih viral yang kalau beli dua dapat tiga, tapi harga satuannya hampir 100 ribu.

Lalu dengan harganya yang murah, apakah sabun ini aman digunakan? Aman tidaknya suatu sabun tidak dilihat dari harganya. Bahkan sabun-sabun yang dijual di warung harganya tidak sampai 5 ribu tapi aman.

Sabun Thai Goats Milk sudah terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan. Selain itu, di kemasan sabun ini juga sudah terdapat logo halal.

Meskipun begitu, efek samping dalam penggunaan sabun, meskipun sabun itu aman, adalah hal yang wajar, apalagi bagi yang punya kulit sensitif. Jika setelah menggunakan sabun ini wajah jadi perih, gatal, iritasi, sebaiknya hentikan penggunaan. Ini bukan berarti sabun ini berbahaya, tetapi bisa jadi ada bahan tertentu pada sabun yang tidak cocok dengan kondisi kulit orang-orang tertentu.

Jadi, sabun Thai Goats Milk tidak berbahaya. Adapun jika setelah penggunaan sabun ini, ada reaksi yang menandakan ketidakcocokan pada kulit, sebaiknya hentikan penggunaannya. Namun, secara umum sabun ini aman digunakan.

Apakah sabun Thai Goats Milk bisa untuk wajah?
Di kemasannya tidak ada keterangan kalau sabun ini adalah sabun wajah. Bahkan kalau melihat varian produk Thai Goats Milk lainnya, adanya body lotion, body scrub, dan body wash, yang merupakan produk untuk badan, bukan wajah. Padahal kalau produk yang seharusnya untuk badan malah dipakai ke wajah, maka efeknya tidak bagus. Kulit wajah lebih sensitif ketimbang kulit badan.

Apakah bisa memutihkan kulit secara permanen?
Cuma pakai sabun saja tidak efektif untuk memutihkan kulit, harus dibarengi dengan penggunaan skincare lainnya. Thai Goats Milk selain sabun juga ada lotin dan scrub. Jadi, agar hasinya lebih maksimal, sebaiknya gunakan juga kedua produk tersebut.

Memutihkan kulit itu tidak gampang, ada prosesnya, tidak instan, perlu kesabaran. Tidak ada ceritanya skincare bisa memutihkan kulit dengan instan dan efeknya permanen. Apalagi kalau cuma pakai sabun, tapi berharap kulit putih dengan cepat dalam hitungan hari.

Demikian pembahasan tentang sabun Thai Goats Milk. Bagi kalian yang sudah pernah mencobanya, kalian bisa memberikan review atau testimoni sabun Thai Goats Milk via kolom komentar. Kalian juga boleh bertanya tentang sabun ini lewat kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button