Efek samping sabun Tzuki apakah berbahaya? Aman atau tidak?

Adakah efek samping sabun Tzuki? Apakah sabun Tzuki berbahaya atau aman digunakan? Apakah produk ini sudah terdaftar di BPOM?

Sabun Tzuki merupakan sabun transparan berwarna hijau yang bisa digunakan untuk perawatan kulit. Selain sabun, ada pula cream Tzuki yang bisa digunakan supaya hasilnya lebih maksimal. Untuk postingan kali ini saya mencoba membahas tentang keamanan sabun Tzuki. Aman nggak sih untuk kulit?

Untuk menentukan aman tidaknya suatu skincare, kita bisa mengetahuinya dengan mencari tahu apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum. Lebih praktisnya begitu. Indonesia punya BPOM yang tak cuma mengurusi perizinan makanan dan obat-obatan, tetapi juga mengurusi legalitas kosmetik.

advertisement

Nah, untuk sabun Tzuki ini saya menemukan kejanggalan. Secara administrasi, keterangan di kemasan sabun Tzuki cukup jelas. Ada deskripsi produk, komposisi, produsen, dan juga nomor BPOM. Tapi, begitu nomor BPOM tersebut dicek di website cek BPOM, tidak sesuai dengan produk yang terdaftar.

Adapun nomor BPOM sabun Tzuki sesuai yang tertera di kemasan adalah NA18200500252.

advertisement

Dari hasil pengecekan nomor BPOM tersebut di website cekbpom.pom.go.id, terdapat keterangan produk yang yang dengan nomor BPOM tersebut. Pendaftarnya adalah PT Triple Ace, sekaligus produsen sabun Tzuki. Yang janggal adalah nomor BPOM tersebut adalah nomor BPOM untuk produk sabun transparant hijau dengan merk SR, bukan Tzuki.

Saya coba cari informasi sabun dengan merk SR di Google, tapi yang muncul malah sabun SR12. Saya yakin bukan SR12 produk yang dimaksud, karena beda produsen. Sabun SR12 diproduksi oleh PT Adev Natural Indonesia, bukan PT Triple Ace.

Lalu apakah nomor BPOM sabun Tzuki palsu?
Ada kemungkinan kalau sabun ini awalnya diberi merk SR, yang didaftarkan adalah sabun dengan merk SR, namun kemudian merk sabun ini diganti Tzuki.

Lagipula sudah ada skincare yang menggunakan merk SR, sehingga kalau pakai merk SR, malah bisa membingungkan konsumen.

Namun, pendaftaran produk ke BPOM terkait merk. Jika merknya ganti, meskipun produknya sama, produk yang merknya telah diganti tersebut perlu didaftarkan ulang ke BPOM.

efek samping sabun tzuki

Lalu apakah sabun Tzuki tidak terdaftar di BPOM?
Di database web BPOM terdaftar produk yang terdaftar dengan merk Tzuki, salah satunya adalah transparant soap green dengan nomor BPOM NA18200500321, pendaftar dan produsennya adalah PT Triple Ace.

Dengan begitu, sebenarnya sabun Tzuki sudah terdaftar di BPOM. Jika Anda membeli sabun Tzuki kemudian di kemasannya nomor BPOM-nya adalah NA18200500252, mungkin itu kemasan lama, bukan berarti produk palsu.

Karena sudah terdaftar di BPOM, sabun Tzuki adalah produk yang aman digunakan, tidak berbahaya.

Lalu adakah efek samping menggunakan sabun Tzuki?
Sabun Tzuki merupakan sabun yang mengandung ekstrak mentimun. Berdasarkan informasi komposisi di kemasannya, sabun ini tidak mengandung ekstrak bunga sakura. Dan sabun ini juga bukan sabun impor dari Jepang, karena produsennya adalah perusahaan di Indonesia.

Adapun penggunaan skincare merk manapun termasuk sabun Tzuki, ada potensi timbulnya efek samping. Jika setelah menggunakan sabun Tzuki malah kulit memerah, timbul peradangan, jerawat, alergi, maka sebaiknya hentikan penggunaannya. Bisa jadi kulit tidak cocok dengan kandungan bahan-bahan dalam sabun Tzuki.

Tapi, jika yang muncul beruntusan kecil-kecil, itu masih wajar. Dalam penggunaan skincare ada proses purging, yang menandakan produk skincare bekerja. Bukan detoks yah.

Intinya, kalau setelah pemakaian sabun Tzuki timbul reaksi yang kurang nyaman, atau malah menimbulkan alergi yang menimbulkan ketidakcocokan, sebaiknya hentikan pemakaiannya. Itu bukan berarti sabunnya jelek, atau sabunnya berbahaya. Sabun Tzuki adalah produk yang aman, sudah terdaftar di BPOM.

Demikian pembahasan tentang efek samping sabun Tzuki. Jadi, sabun Tzuki adalah produk yang aman digunakan, tidak berbahaya. Namun, jika setelah pakai sabun Tzuki malah timbul alergi, sebaiknya hentikan penggunaannya.

33 Comments

    1. Kalo setelah cuci muka menggunakan sabun tzuki kemudian kulit jadi kering itu kenapa ya? Ngga cocok kah? Atau memang itu reaksi awal penggunaan sabun nya. Kalo di lanjutin bahaya ngga? Saya pake nya baru 3 hari, itu cuma sabun nya aja ngga berikut cream nya

  1. sata mendaptkan produk tzuki palsu. dgn bukti dan data pengedar ada sy simpan. tlong info langkah lbh lanjut. agar konsumen tdk dirugikan. dan msh ttp beredar. trims

  2. Aku pakai sabun tzuki malah tambah burik kenapa ya, kuit jadi kaya habis mandi tepung lok di garuk kulit jadi putih😔😔 itu kenapa ya,, itu kenapa? ?

  3. gini saya telah memesan sabun tersebut saya mendapat endors juga saya berharap sih saya cocok doakan saja ya saya hanya mau bilang ke kalian semua tidak semua wajah itu sama jadi jangan salahkan skincare tzuky nya yah mungkin kulit klian beda dengan yang lain

  4. Kalau Menurut Saya Sabun Tzuki Jangan Kalian pakai Di Wajah Terlebih Dahulu Lebih Baik Daerah Kaki sajaa. Jadi Kalau Ada apa2 tidak tergantung dgn wajah anda.gitu aja sampaian saya. Semoga bermanfaat terima kasih

  5. Pertama saya beli tzuki lewat vidio yg ada d tiktok, itu bagus dan rasanya ga ada yg salah, walau reaksiya ga gitu2 amat. Yg ke dua saya coba beli d shopee dgn harga yang sedikit miring, itu barangnya kembar tapi tak serupa, mulai dari kemasan, hologram, wangi sabun dan warnanya.
    Tapi yg saya beli di shopee ini yg menariknya di keterangannya ada cucumber extract dan vit E, sedangkan yg saya pertama kali tidak ada kandunga yg itu. Jadi saya binggung yg asli itu yg mana?

    1. setelah pke sabun tzuki knp muka ku jdi bintik2 kecil kya mengandung air gtu. apa itu reaksi dr pemakaian sabun tzuki atau memang gk cocok di kulit muka ku.

  6. Kak,sy udh pesean cream sma sabunnya .nah beberapa minggu dalam. pemakaiaan wajah sy udh berkurang jerawatnya tpi lagi jerawatnya muncul kak.dan yg merah² gitu muka sy .wajah sy sensitif ka tpi sblm sy pesan sy udh tanya² tpi udh lama bnget pkenya tpi mukanya ttep aja msh jerawatan

  7. Aku juga pake ko semuanya proses:) sedikit demi sedikit, Alhamdulillah aku ada perubahan buat kalian ttp semangat ya:)

    1. Muka Kaka itu ada kyk jerawat kecil ga kyk bruntusan gitu?muka ku ada tpi ga terlalu bnyj bngt maklum lah hormon pubertas

  8. Kalau kulitnya sensitif memang begitu
    Itu tandanya, anda tinggal memakai toner yg cocok, supaya setelah pemakaian sabunnya tidak terasa perih
    Saya sarankan memakai toner dari saffron atau hydrating toner

    1. Saya jga udh lumayan lama pakai sabun tzuki cuma ga ada reaksi apapun. malah timbul bnyk jerawat, apa itu reaksi dari sabun atau emg tidak cocok dgn kulit saya??? Tlng di bls ya. Kenapa bisa bgtu??

  9. Kalau menurutku udah bpom sih. Silahkan liat ke cek bpom cari di google. Creamnya jg sama udah bpom jg. Yang saya tau sabunnya itu baunya nggak wangi, malah kayak bau sabun tanpa pewangi gtu. Tapi bagus sih hasilnya. Walaupun kayaknya prosesnya agak lama.

  10. Lw saya makenya dah kurang lebih 2 blan lah tpi kok tak ad perubahan,malahan flek hitam saya makin timbul,tu knpa ya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button