Fungsi Kartu Debit yang Perlu Diketahui

Penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran lama kelamaan berkurang, apalagi di zaman yang serba modern seperti sekarang ini. Pasalnya, ada banyak alat pembayaran baru yang jauh lebih praktis dan aman, salah satunya yaitu kartu debit. Di artikel ini akan diulas mengenai penjelasan dan fungsi kartu debit yang penting untuk diketahui.

Apalagi bagi anak muda yang ingin memiliki maupun baru saja mendapatkan kartu debit tentunya wajib mengetahui apa itu kartu debit, bagaimana menggunakannya dan apa saja fungsinya. Yuk, simak penjelasan dan fungsi kartu debit yang mudah dipahami berikut ini:

Definisi Kartu Debit

Kartu debit termasuk dalam kartu elektronik yang dikeluarkan oleh bank yang berguna untuk melakukan transaksi secara elektronik. Dengan begitu, kartu debit dapat dijadikan sebagai alat pembayaran disamping menggunakan uang tunai. Karena berguna sebagai alat pembayaran, maka nasabah wajib memiliki tabungan agar kartu debit bisa digunakan.

advertisement

Namun, nasabah juga bisa menabung atau setor tunai menggunakan kartu debit hanya melalui mesin ATM saja, tanpa datang langsung ke bank. Kartu debit sifatnya sangat privat sehingga keamanannya harus terjaga dengan baik. Oleh karena itu, setiap kartu debit dilengkapi dengan PIN yang hanya boleh diketahui oleh pemilik kartu debit tersebut.

Jika ingin melakukan transaksi, pengambilan tunai, transaksi ataupun setor tunai, maka nasabah wajib memasukkan PIN terlebih dahulu. PIN yang ada pada kartu debit berfungsi sebagai “kunci” agar orang lain tidak bisa menggunakan kartu debit tersebut secara diam-diam.

advertisement

fungsi kartu debit

Kartu debit sangatlah praktis digunakan karena memudahkan nasabah dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan perbankan. Misalnya, ketika ingin melakukan transfer atau mengambil uang, nasabah cukup datang ke ATM dibandingkan datang langsung ke bank yang terkadang mengantre. Kartu debit juga memungkinkan nasabah melakukan banyak hal secara praktis, seperti mengambil uang, transfer, menabung, dan lain sebagainya.

Dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah banyak, lebih baik memiliki kartu kredit yang jauh lebih aman. Ketika ingin berbelanja, nasabah cukup membawa kartu debit dan melakukan transaksi tanpa membayarnya dengan uang tunai.

Cara Menggunakan Kartu Debit

Pada artikel ini akan diulas mengenai penjelasan dan fungsi kartu debit. Namun, sebelum membahas tentang fungsi kartu kredit, simak dahulu bagaimana cara menggunakan kartu debit. Penggunaan kartu debit sangat mudah, namun nasabah wajib menghapal PIN kartu debit yang dimiliki.

PIN kartu debit akan diperoleh secara otomatis setelah nasabah menerima kartu tersebut. Kode PIN terdiri dari 6 digit dan pastikan tidak mudah ditebak atau kombinasi angkanya unik. Tidak lupa juga untuk merahasiakan PIN kartu debit yang dimiliki agar menghindari adanya pembobolan tabungan ataupun penipuan yang amat merugikan nasabah.

Setelah memiliki kartu debit beserta PIN-nya, nasabah bisa melakukan banyak kegiatan yang membutuhkan kartu debit, mulai dari transaksi, setor tunai, transfer, dan lain sebagainya. Kartu debit dapat digunakan menggunakan mesin ATM dan mesin EDC.

Misalnya, jika nasabah membeli baju di satu toko, namun lupa membawa uang tunai dan mesin ATM-nya sangat jauh, nasabah tersebut tetap bisa menggunakan kartu debit sebagai alat pembayaran. Namun, syaratnya toko baju tersebut harus sudah memiliki mesin EDC.

Kemudian, lakukan transaksi setelah membayar menggunakan kartu debit melalui mesin EDC yang disediakan. Setelah itu, saldo tabungan akan otomatis berkurang jumlahnya sesuai jumlah transaksi yang dilakukan sebelumnya.

Fungsi Kartu Debit

Setelah menyimak soal bagaimana cara menggunakan kartu debit, kini ketahui fungsi dari kartu debit itu sendiri. Pasalnya, karena sifat kepraktisan yang dimiliki, kartu debit memiliki banyak fungsi yang tentunya memudahkan nasabah. Jika ingin tahu apa saja fungsi dari kartu debit, berikut ini adalah pemaparannya:

1. Memudahkan Transaksi

Fungsi kartu debit adalah untuk mempermudah transaksi. Jika dulu nasabah ketika ingin melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan uang harus datang ke bank secara langsung, kini nasabah dapat menggunakan kartu debit saja.

Maka, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa terbatas ruang dan waktu. Bahkan, nasabah dapat menabung dan juga melakukan transfer baik ke dalam negeri maupun luar negeri hanya menggunakan kartu debit melalui kartu ATM. Kemudian, nasabah juga bisa membeli barang secara online maupun offline hanya menggunakan kartu debit.

2. Sebagai Tabungan Bergerak

Nasabah yang telah membuka rekening tabungan di bank, biasanya secara otomatis diberikan juga kartu debit. Dengan begitu, nasabah pun dapat membawa tabungannya kemana-mana dengan mudah. Bahkan, kartu debit dapat digunakan untuk setoran uang untuk menabung dan menarik uang dari tabungan hanya melalui mesin ATM tanpa mengantri lama di bank.

3. Menghindari Hutang

Penggunaan kartu kredit tidak dikenakan bunga dan ketika nasabah menggunakan kartu debit, maka saldo di rekening tabungan pun otomatis berkurang. Maka, nasabah pun tidak memiliki tagihan tersisa sehingga tidak ada hutang dan cicilan bulanan.

Itulah ulasan yang menarik soal penjelasan dan fungsi kartu debit yang penting untuk diketahui. Sifatnya yang praktis menjadikan kartu kredit memiliki banyak fungsi dan banyak digunakan. Namun, jangan lupa untuk menjaga keamanan kartu debit agar terhindar dari penipuan atau pembobolan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button