Info Tarif dan Cek Resi Dakota Cargo, Solusi Murah Berkirim Barang

Karena ongkosnya yang terjangkau, jasa kirim kargo lebih diminati untuk pengiriman barang-barang berbobot tinggi. Di antaranya adalah jasa pengiriman Dakota Cargo. Jika kamu sedang membutuhkan pengiriman untuk barang-barang berat, kamu bisa memanfaatkan jasa ini. Ingin tahu lebih dalam mengenai tarif, lokasi, dan bagaimana cek resi Dakota Cargo? Simak ulasan di bawah ini.

Sekilas Dakota Cargo

Dakota Cargo adalah salah satu jasa ekspedisi dan pengiriman kargo. Perusahaan ini beroperasi di bawah naungan PT Dakota Buana Semesta.  Jasa kirim ini tersebar di macam-macam kota, terutama di Pulau Jawa dan Bali.

Saat ini pengiriman menggunakan sistem kargo lebih diminati untuk paket dengan berat besar atau yang berjumlah banyak. Pasalnya, perhitungan ongkos kirimnya jauh lebih murah dibandingkan dengan jasa pengiriman pada umumnya. 

advertisement

cek resi dakota cargo

Durasi pengiriman memang bisa menjadi lebih lama, tetapi sepadan dengan ongkosnya yang berbeda jauh.

Begitu pula di Dakota Cargo. Banyak yang memilih menggunakan jasa kirim ini karena harganya yang terjangkau serta pelayanannya yang baik. Dakota Cargo memang belum terlalu memiliki nama yang begitu besar, tetapi penggunanya sudah cukup banyak di berbagai kota. 

advertisement

Sebagian pengguna jasa ini adalah perusahaan yang ingin mengirim logistik dan peralatan perusahaan. 

Layanan Dakota Cargo

Dakota Cargo menyediakan beberapa paket jasa pengiriman kargo. Untuk pengiriman reguler, lamanya durasi pengiriman berkisar tiga hingga empat hari kerja tergantung jarak pengiriman. 

Ada pula paket Two Days Service (TDS) dan Top Urgent yang mana waktu pengirimannya jauh lebih cepat menjadi satu hingga dua hari kerja. Tentunya harganya pun lebih mahal daripada kargo reguler.

Paket lain yang ditawarkan di antaranya jasa charter, door to door dari gudang barang ke gudang penerima, serta door to port antara gudang dengan pelabuhan. Semua paket tersebut berlaku untuk barang-barang berbobot berat. Namun, Dakota Cargo juga melayani jasa kirim dokumen atau barang yang lebih ringan dari 5 kilogram. Ini adalah paket Document Service. 

Cara Cek Cabang Dakota Cargo Terdekat

Agen dan kantor cabang Dakota Cargo tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengecek cabang Dakota Cargo terdekat di daerahmu kamu perlu mengunjungi situs resmi Dakota Cargo, yaitu https://www.dakotacargo.co.id

Kemudian, klik di menu cabang untuk mengarah ke daftar cabang Dakota Cargo. Pada kolom daerah kamu bisa scroll dan mencari kota yang terdekat dengan daerahmu.

Jika kamu memilih kota di kolom cabang akan muncul informasi agen Dakota Cargo di kota tersebut. Kamu bisa menghubungi nomor yang tertera untuk booking atau pertanyaan lebih lanjut.

Cara Cek Ongkir Dakota Cargo

Di Dakota Cargo cara menghitung besarnya ongkos kirim adalah per lima kilogram pertama kemudian dilanjutkan dengan harga per kilogram. Minimal pengiriman adalah sebesar sepuluh kilogram. Contohnya untuk harga ongkir ke kota Bandung yaitu Rp 25.000,00 per lima kilogram pertama dan Rp 600,00 per kilogram setelahnya. Maka, jika mengirim 10 kilogram biaya yang harus dibayar sebesar Rp 28.000,00.

Rp 25.000,00 (per 5 kg pertama) + (Rp 600,00 x 5 kg) = Rp 28.000,00

Untuk memperkirakan berapa biaya ongkir yang perlu kamu bayar, kamu bisa cek di situs resmi Dakota Cargo seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah membuka website, pilih menu cek tarif. Kemudian masukan kota asal dan kota tempat tinggal penerima barang. Situs akan mengkalkulasi perkiraan harga sesuai jarak dan berat paketmu.

Cara Cek Resi Dakota Cargo

Nah, jika kamu menggunakan jasa kirim ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melihat progres dan kendala dalam pengiriman paket. Kamu bisa cek resi Dakota Cargo memakai situs resmi Dakota Cargo, situs cek resi, dan dengan menghubungi Call Center Dakota Cargo. 

Sayangnya untuk saat ini belum ada aplikasi untuk mengecek resi Dakota Cargo, jadi hanya bisa mengecek melalui situs saja.

1. Cek Resi di Website Dakota Cargo

Cara pertama untuk cek resi cargo adalah langsung menggunakan website resmi Dakota Cargo. Di awal halaman situs tersebut akan ada kolom untuk melacak resi pengiriman. Kamu hanya perlu memasukan nomor resi dan menekan “telusuri” saja.

2. Cek Resi di Situs Penyedia Cek Resi

Cara lain cek resi Dakota Cargo online adalah mengecek resi menggunakan situs-situs penyedia cek resi. Situs-situs ini gratis dan tidak resmi, namun tetap aman dan cukup akurat. Beberapa contoh website penyedia cek resi, di antaranya:

–          www.cekresi.com

–          www.berdu.id/cek-resi

–          www.shipper.id/tracking

–          www.cekpengiriman.com/cek-resi

Cara menggunakannya juga praktis dan tidak sulit. Kamu cukup membuka salah satu website cek resi tersebut. Kemudian masukan nomer resi Dakota Cargo milikmu dan ubah kolom jenis ekspedisi menjadi Dakota Cargo. Setelah itu tekan telusuri dan akan tampil halaman progres pengiriman paket Dakota Cargo.

Apabila kamu mempunyai lebih dari satu nomor resi dan dari berbagai jasa kirim, lebih mudah menggunakan situs-situs cek resi ini daripada mencari website cek resi resminya masing-masing. 

Karena pengecekan resi di website cek resi ini tersambung dengan database banyak jasa ekspedisi sehingga hampir semua resi bisa kamu lacak di situ.

3. Menghubungi Call Center Dakota Cargo

Jika telah mengikuti petunjuk cara cek resi Dakota Cargo dan resimu tidak dapat terlacak atau ada masalah pada paket kargo yang kamu kirimkan, kamu bisa menghubungi pihak Call Center Dakota Cargo. Kamu bisa menelpon ke nomor (021) 824-329-76 atau ke alamat email company@dakotacargo.co.id. Itulah tadi penjelasan mengenai cara cek tarif, lokasi agen, serta cek resi Dakota Cargo. Semoga bermanfaat untuk kamu yang memerlukan jasa pengiriman dalam berjumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button