Ingin Pantau Status Paketmu? Ini Cara Cek Resi ID Express !

Membeli barang online memang menggiurkan, apalagi dengan maraknya e-commerce dan diskonnya. Namun kamu yang baru pertama kali belanja online mungkin akan khawatir tentang status paketmu. 

Apalagi jika memakai jasa kirim tergolong baru seperti ID Express. Jangan panik, kita akan membahas bagaimana langkah cek resi ID Express di sini. Simak caranya berikut!

Sekilas tentang ID Express

ID Express adalah jasa pengiriman yang mulai beroperasi sejak pertengahan 2020. Perusahaan ini bekerja sama dengan e-commerce besar seperti Shopee. Ongkos kirimnya yang relatif murah membuat banyak yang memakai pengiriman ini. Selain itu ID Express juga menyediakan ongkos kirim setengah harga untuk paket di bawah 500 gram.

advertisement

Saat menggunakan pengiriman ID Express, kamu akan mendapat 15 digit nomor resi yang bisa kamu pakai untuk melacak paket. Ada beberapa cara cek resi ID Express yang bisa kamu gunakan.

Bila kamu berbelanja di Shopee, bisa langsung mengecek di Shopee itu sendiri. Namun jika tidak pakai Shopee atau ingin cross-check status resi satu dengan lainnya, kamu bisa cek resi ID Express di website resmi, website resi, atau aplikasi resmi.

advertisement

Cara Cek Resi Langsung di Shopee

Jika kamu berbelanja melalui Shopee, tidak perlu repot menggunakan aplikasi lain untuk mengecek resi pengiriman. Kamu bisa cek resi ID Express di Shopee. Status pengiriman sudah langsung terupdate ketika penjual memasukan nomor resi.

Ketika membuka Shopee, kamu tinggal membuka menu “Pesanan Saya” di Shopee. Klik “Dikirim“ dan buka rincian pesanan yang kamu ingin lacak. Lalu tekan tulisan “Lihat” di menu “Informasi Pengiriman”. Setelah itu akan muncul informasi paket telah sampai di mana. Kamu juga bisa tau kapan paket akan tiba karena biasanya akan ada update ketika kurir sudah membawa paket menuju rumahmu.

Cara Cek Resi di Website Resmi ID Express

Cek status paket juga bisa kamu lakukan dengan fitur ID Express track di web resmi ID Express. Web resminya yaitu www.idexpress.com.

Setelah membuka situs klik “Tracking” untuk mengarah ke halaman cek resi. Lalu masukkan nomor resi yang kamu punya. Nanti akan langsung muncul progres pengantaran paket dan status pelacakan paket telah sampai di mana. Jika terjadi masalah dalam pengiriman akan ada informasinya dalam status resi paket.

Biasanya pada status pengiriman ID Express akan ada beberapa kode yang digunakan. Kode [TH] disertai nama daerah adalah kode kantor cabang di kota pengirim atau kota penerima. Kode [MH] disertai nama daerah adalah gudang besar ID Express. Biasanya di sini paketmu akan disortir.

– Cara Cek Resi di Aplikasi ID Express

Cara lain untuk cek resi ID Express adalah dengan memakai aplikasi ID Express. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play bagi pengguna android. Cara mengeceknya juga sama seperti di website resmi, namun perbedaannya kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

Setelah kamu membuat akun di aplikasi ID Express, silahkan login dengan akun tersebut. Lalu klik menu “Pelacakan”. Kamu bisa memasukan nomor kode resi atau melakukan scan pada barcode yang tertera di resi. 

Pilihan scan barcode ada pada tombol berlambang [ – ] di pojok kanan atas. Kamu bisa memasukkan hingga 10 resi sekaligus dalam sekali lacak.

Keuntungan menginstall aplikasi ini, kamu juga bisa request pick up paket. Ini sangat membantu bila kamu menjual barang atau ingin mengirimkan sesuatu. Kurir akan datang ke rumah untuk menjemput paket. Selain itu di aplikasi ini juga ada fitur cek ongkir ID Express untuk memperkirakan ongkos kirim.

– Cara Cek Resi di Situs Resi Lainnya

Alternatif lain untuk mengecek status pengiriman adalah menggunakan website-website cek resi tidak resmi. 

Meskipun bukan situs resmi dari jasa pengiriman situs-situs ini tetap aman, karena data kita tidak tersimpan di dalamnya. Situs cek resi ini cukup membantu jika kamu ingin mengecek resi dari berbagai jasa kirim. 

Kamu tidak perlu membuka macam-macam website, cukup masukan di satu website saja.

Beberapa situs cek resi di antaranya:

–          www.cekresi.com

–          www.berdu.id/cek-resi

–          www.shipper.id/tracking

–          www.cekpengiriman.com/cek-resi

Cara menggunakannya juga praktis dan tidak sulit. Kamu hanya perlu membuka salah satu situs tersebut dan memasukan nomor resi. Kemudian pilih jasa pengiriman yang kamu gunakan dan tekan lacak. Informasi dan status pengiriman akan tampak di halaman tersebut.

Cek Status Paket ke Call Center ID Express

Apabila paket kamu mengalami masalah dalam pengiriman, kamu bisa menghubungi Call Center ID Express. Masalah-masalah tersebut misalnya status tampak sudah sampai namun paket tidak datang, paket hilang, atau tertulis ada masalah dalam pengiriman di status resi.

Kamu bisa menghubungi Customer Service ID Express melalui media sosial seperti akun resmi ID Express di Instagram atau pun twitter. Namun biasanya akan lebih lama mendapat respon. 

Jika ingin lebih cepat ditindak, lebih baik menelpon nomor Customer Service ID Express. Nomor Call Center yang bisa kamu hubungi yaitu 021-80823899.Itulah tadi bagaimana cek resi ID Express. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi tentang status paketmu. Silahkan gunakan cara cek resi yang menurut kamu paling mudah dan nyaman digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button