Ini Dia 8 Rekomendasi Destinasi Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi!

Kediri merupakan kota terbesar nomor tiga di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya. Tidak heran bila pada akhirnya wisata di Kediri juga menjadi hal wajib yang tak boleh dilewatkan jika berada di kota satu ini. 

Kota yang tengah mengalami perbaikan infrastruktur ini memang memiliki beberapa tempat yang tepat untuk sekedar berlibur bersama keluarga. Mulai dari pegunungan atau bahkan agrowisata banyak ditemui di kota ini. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang destinasi wisata yang ada di Kediri, mari simak ulasan berikut ini: 

1. Simpang Lima Gumul 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Wisata di Kediri yang pertama tentu saja adalah Simpang Lima Gumul yang menjadi lambang Kota Kediri. Icon yang berdiri dengan kokoh di Tugurejo, Kecamatan Ngasem merupakan monumen khas yang disebut memiliki kemiripan dengan monumen di Paris Arc De Triomphe. 

advertisement

Pada tempat wisata ini pengunjung tidak hanya akan menemui monumen besar yang berdiri kokoh di tengah jalan persimpangan. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak pun bisa mampir ke Gumul Paradise Island. Tepat pada sebelah kiri jalan pun, pengunjung bisa menemui taman untuk bersantai dan berbagai pilihan stand makanan yang berjajar. 

2. Gunung Kelud 

Tentu gunung Kelud bukan lagi lokasi asing bagi masyarakat Indonesia. Gunung berapi aktif yang sempat mengalami erupsi dahsyat pada tahun 2014 ini memang cukup terkenal di Jawa Timur. Tentunya lokasi pegunungan yang masih asri menjadi satu daya tarik yang membuat gunung Kelud dijadikan destinasi wisata di Kediri favorit. 

advertisement

Berbagai destinasi wisata di Gunung Kelud ini pun cukup beragam. Tentunya puncak Kelud menjadi satu tujuan utama para pendaki untuk mendapatkan spot pemandangan indah. Ada pula pusat pemandian air panas bahkan pusat wisata Agrowisata tepatnya Argomulyo. 

3. Kampung Anggrek Kediri 

Kampung Anggrek Kediri menjadi satu destinasi wisata di Kediri lainnya yang cukup banyak diminati masyarakat Jawa Timur khususnya daerah sekitar Kediri. Lokasi wisata yang masih berada dibawah kaki gunung Kelud ini menawarkan keindahan tanaman anggrek yang cantik. 

Pembudidayaan anggrek yang dikelola sedemikian rupa membuat destinasi wisata satu ini banyak diminati untuk sekedar hunting foto. Pada tempat pembudidayaan inipun pengunjung bisa menemui 5 green house untuk melihat berbagai tanaman anggrek di dalamnya. 

4. Bukit Ongakan 

Bukit Ongakan menjadi satu bukti keindahan alam Kediri berikutnya yang bisa dijadikan destinasi bersama sahabat ataupun keluarga. Lokasi bukit yang terdapat di desa Besowo Kecamatan Kepung Kediri ini menawarkan wisata asri nan indah untuk setiap yang datang. 

Bentuk bukit yang unik dengan tampilan tempurung kura-kura menjadi ciri khas dari bukit ini sehingga sering disebut sebagai bukit kura-kura. Tampilan perbukitan berjajar yang disuguhkan alam tentu akan membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat satu ini. 

5. Kampung Korea 

Destinasi wisata lain yang tengah banyak dikunjungi oleh masyarakat Kediri adalah Kampung Korea. Wisata yang baru dibuka pada 2019 lalu ini cukup ramai dikunjungi masyarakat yang penasaran dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh Kampung Korea. 

Pada destinasi ini pengunjung akan menemukan berbagai ciri khas dari negeri gingseng tersebut. Mulai dari bentuk bangunan rumah bahkan juga berbagai ciri khas lain dari Korea. Pengunjung pun juga bisa menyewa Hanbok untuk sekedar berfoto selfie. 

6. Air Terjun Irenggolo 

Kediri dan Nganjuk memang menjadi satu kota di Jawa Timur yang sama sekali tidak memiliki wisata pantai sebagai destinasi untuk berlibur. Namun, meskipun tidak ada pantai sebagai wisata air yang cantik. Air terjun bisa menjadi pilihan destinasi wisata air lain yang dapat ditemui di Kediri. 

Salah satu yang cukup sering dikunjungi adalah air terjun Irenggolo. Ketinggian dari air terjun ini sendiri mencapai 80 meter. Tentu ini merupakan ketinggian yang cukup tinggi untuk menatap aliran air yang jatuh pada satu muara. Lokasi air terjun ini sendiri bisa ditemui di Besuki, desa Jugo Kecamatan Mojo di Kediri. 

7. Konto Rifle Rafting 

Wisata di Kediri berikutnya yang cocok untuk berlibur bersama keluarga pada akhir tahun adalah Konto River Rafting. Destinasi satu ini tentu akan sangat cocok untuk para pengunjung yang suka tantangan arum jeram. 

Aliran air yang deras tepat di desa Siman Kabupaten Kediri ini memang menjadi destinasi favorit setiap akhir pekannya. Tentunya wisata arum jeram ini juga mengedepankan keamanan pengunjung saat bermain arum jeram. 

8. Candi Tegowangi 

Bagi pengunjung yang suka berwisata sambil menyelami sejarah maka Candi Tegowangi adalah destinasi tepat untuk dijadikan opsi. Candi satu ini terletak di Desa Tegowangi, Plemahan Kabupaten Kediri. 

Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai pahatan bebaturan yang membentuk ukiran cantik. Berbagai arca juga bisa ditemukan dengan mudah di sekitar candi. Tentunya candi ini akan menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan ilmu sejarah bagi wisatawan. 

Nah, itulah tadi 8 wisata di Kediri yang terdiri dari berbagai destinasi mulai dari agrowisata, pegunungan bahkan wisata air terjun. Kediri memang bisa menjadi destinasi tepat untuk mengakhiri akhir tahun dengan berwisata bersama keluarga atau bahkan sahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button