Ini Dia Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dan Cara Membayarnya

Pastinya anda sudah tidak asing lagi kan dengan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Memang layanan yang dikeluarkan oleh pemerintah ini terbilang cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Nah, ketika anda telah menjadi anggota dari BPJS Kesehatan, maka anda perlu mengetahui

cara cek tagihan BPJS dan cara membayarnya seperti pada ulasan berikut ini.

Mudahnya Cara cek Tagihan BPJS

Ketika anda menjadi anggota dari BPJS Kesehatan, tentu saja anda setiap bulannya akan diwajibkan membayar sejumlah iuran. Jumlah ini sangat tergantung dari jenis layanan kesehatan yang digunakan. Namun untuk mengecek tagihannya anda tak perlu khawatir karena caranya cukup mudah kok. Diantaranya adalah sebagai berikut.

advertisement

1. Melalui Website BPJS

Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda yang memang aktif dalam menggunakan layanan internet. Karena anda hanya perlu masuk ke website BPJS, yaitu https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ kemudian melakukan beberapa langkah berikut ini.

advertisement

  • Pertama-tama anda akan diminta mengisi beberapa data seperti Nomor Kartu hingga Tanggal Lahir dari pemegang kartu BPJS.
  • Jika sudah mengisi kolom tersebut, maka anda juga perlu mengetikkan angka validasinya. Lalu klik “Cek”. Dan rincian pembayaran pun akan muncul di layar. Nah, rincian ini terdiri oleh pembayaran yang sudah dilakukan maupun tagihan yang memang belum dibayarkan.

2. Melalui Aplikasi JKN

BPJS Kesehatan juga mempunyai aplikasi khusus pada ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi iOS dan Android. Tentunya aplikasi ini tersedia secara gratis lho. Dengan aplikasi tersebut, anda sebagai pengguna bisa mengakses informasi tentang kepesertaan BPJS hanya dengan satu tempat saja, hal ini juga termasuk cek tagihan.

  • Pertama unduh serta instal aplikasi JKN melalui ponsel dari App Store atau Google Play Store.
  • Kemudian registrasi agar dapat membuat akun.
  • Selanjutnya masuk ke dalam akun mobile JKN.
  • Klik menu Tagihan, kemudian Premi.
  • Nanti disana akan tertera informasi tagihan serta pembayaran BPJS kesehatan.

3. Melalui SMS Gateway

Tidak hanya melalui sambungan internet saja, namun pemerintah pun memberikan kemudahan untuk peserta BPJS dalam melakukan cara cek tagihan BPJS dengan cara memanfaatkan layanan SMS. Tentu saja layanan yang satu ini akan memudahkan anda maupun para pengguna BPJS yang lainnya yang memang jarang atau tidak pernah menggunakan layanan internet. 

Layanan ini dapat diakses melalui jaringan seluler pada nomor 08777 5500 400. Nah, berbagai informasi tentang layanan BPJS yang anda gunakan bisa diakses menggunakan nomor tersebut, termasuk mengenai jumlah tagihan bulanan serta jumlah denda yang harus dibayarkan (ketika pengguna BPJS melakukan penunggakan di bulan-bulan sebelumnya). 

Tentunya informasi tentang tagihan tersebut dapat diakses melalui salah satu dari data diri anda, mulai dari Nomor Induk Kependudukan atau NIK, Nomor Induk Pegawai, hingga Nomor Kartu BPJS Kesehatan atau NOKA yang dimiliki. Anda bisa memanfaatkan salah satu nomor dari data diri tersebut jika ingin mengetahui jumlah tagihan bulanan BPJS, dengan format sebagai berikut. cara cek tagihan bpjs

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Misalnya: Tagihan 0000123456789, lalu tinggal dikirim deh ke nomor 087775500400.

Membayar Iuran BPJS Kesehatan

Nah sama halnya seperti sistem yang diterapkan untuk melakukan pengecekan tagihan BPJS, tentunya pemerintah juga telah memberikan kemudahan untuk masyarakat agar dapat melakukan pembayaran BPJS dengan nyaman dan mudah. Beberapa pilihan pembayaran iuran BPJS yang bisa dipilih adalah sebagai berikut untuk cara cek tagihan bpjs.

1. Melalui Kantor BPJS Kesehatan

Anda dapat membayar BPJS Kesehatan melalui kantor BPJS terdekat. Untuk melakukan pembayarannya pun cukup mudah. Yang mana anda perlu mendatangi kantor BPJS terdekat sambil membawa kartu BPJS, kemudian beri tahu informasi mengenai nomor anggota yang anda miliki kepada petugas maupun ada pula yang telah menyediakan kemudahan, sehingga peserta hanya perlu menuju ke bagian loket yang telah disediakan agar dapat melakukan pembayaran.

2. Melalui Gerai Minimarket

Tidak hanya melalui kantor BPJS saja, namun anda juga bisa membayarnya melalui minimarket. Saat ini keberadaan minimarket cukup menjamur, bahkan hampir bisa anda temukan dengan mudah di lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Untuk itu, anda dapat mendatangi minimarket terdekat, salah satunya Indomaret jika ingin membayar BPJS Kesehatan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara bayar BPJS melalui Indomaret. cara cek tagihan bpjs

  • Langkah pertama adalah dengan mendatangi kasir, kemudian katakan jika anda ingin membayar BPJS kesehatan.
  • Kemudian berikan kepada kasir nomor kartu BPJS.
  • Lalu konfirmasi rincian informasi tentang akun BPJS termasuk pula besaran iurannya.
  • Selanjutnya bayar iuran secara non-tunai atau tunai.
  • Nah, cara bayar BPJS di Indomaret pun sudah selesai dilakukan.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa semakin menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai cara cek tagihan BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button