Ini Dia Cara Melihat Dan Membersihkan BI Checking

BI Checking merupakan Informasi Debitur Individual atau IDI Historis yang digunakan untuk mencatat lancar atau macetnya dari pembayaran kredit (kolektibilitas). Nah, singkatnya BI Checking ini menjadi penentu kelayakan dari calon debitur. Namun tahukah anda bagaimana cara melihat dan membersihkan BI Checking? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya.

Mudahnya cara melihat dan membersihkan BI checking 

IDI Historis atau BI Checking menyimpan identitas debitur, agunan, kolektibilitas, penjamin, fasilitas penyediaan dana maupun pembiayaan yang diterima, pemilik dan pengurus. Semua informasi yang berasal dari BI Checking bisa diakses lembaga keuangan, tidak hanya bank saja, namun juga non-bank setiap harinya dalam 24 jam asalkan lembaga keuangan tersebut terdaftar sebagai anggota dari Biro Informasi Kredit. Untuk lebih jelasnya, berikut ini bagaimana melihat BI checking yang telah berubah menjadi SILK. 

  • Langkah pertama adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan kartu identitas asli, seperti KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Paspor untuk Warga Negara Asing (WNA) yang diperuntukkan kepada debitur perorangan, dan kepada debitur badan usaha harus membawa fotokopi identitas dari badan usaha serta identitas pengurus dengan cara menunjukkan identitas asli dari badan usaha. 
  • Kemudian datangi kantor OJK yang ada di Jakarta atau di kantor-kantor perwakilan OJK yang ada di daerah anda.
  • Lalu isilah formulir mengenai permohonan SID. 
  • Ketika dokumennya sudah lengkap, petugas OJK pun akan melakukan pencetakan dari hasil iDEB.

Namun bagaimana cara melihat dan membersihkan BI Checking ini secara online? Langkahnya pun cukup mudah kok. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya. 

advertisement

  • Pertama, bukalah laman permohonan SILK melalui https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi
  • Lalu isi formulir serta nomor antrian. 
  • Jika sudah, upload foto hingga scan dokumen yang memang dibutuhkan seperti KTP untuk WNI serta paspor untuk WNA.
  • Sedangkan badan usaha harus melampirkan identitas pengurus, akta pendirian perusahaan, dan NPWP.
  • Jika seluruhnya telah selesai dilakukan, pilih “Kirim” setelah sebelumnya anda mengisi kolom captcha. 
  • Kemudian tunggu email konfirmasi yang berasal dari OJK, yang berisi tentang bukti registrasi antrian dari SLIK online. 
  • Nantinya OJK akan segera melakukan verifikasi data, yang kemudian anda akan menerima pemberitahuan OJK mengenai hasil verifikasi antrian dari SILK online paling lambat adalah H-2 dari tanggal antrian. 
  • Jika data yang disampaikan telah valid, maka anda bisa mencetak formulir pada email serta memberikan tanda tangan yang dilakukan sebanyak 3 kali. 
  • Nah, foto maupun scan formulir yang sudah ditandatangani perlu dikirim ke nomor WA yang tertera di bagian email beserta dengan foto selfie dengan memperlihatkan KTP. 
  • OJK nantinya akan melakukan verifikasi lanjutan melalui WA dan melakukan videocall jika dibutuhkan.  
  • Ketika sudah lolos verifikasi, OJK kemudian akan mengirimkan hasil dari iDeb SILK melalui email. 

Cara Membersihkan BI Checking atau iDEB SLIK

Kalau dipikir-pikir kembali, buruknya BI Checking ini atau katakanlah IDI Historis atau BI Checking memperoleh skor 3 dikarenakan adanya cicilan yang memang tertunggak atau tak terbayarkan. Yang jelas cara supaya nama anda kembali bersih di Bank yaitu dengan menyelesaikan berbagai tunggakan yang berhubungan dengan perbankan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membersihkan BI Checking yang perlu anda ketahui.

advertisement

  • Utang atau cicilan kredit yang tertunggak harus segera dilunasi. Hal ini dikarenakan di bank mana saja anda mengajukan kredit, sudah pasti anda tidak akan memperoleh persetujuan ketika skor maupun kualitas catatan kredit yang anda miliki masih buruk.
  • Setelah anda melunasi utang atau tunggakan cicilan kredit, jangan lupa untuk memantau BI Checking yang anda miliki. Perhatikan dengan baik apakah skor kredit anda berangsur-angsur sudah mengalami perubahan. Jika belum ada perubahan, maka anda bisa mengajukan komplain ke pihak bank di mana anda akan mengambil kredit.
  • Dengan membawa surat klarifikasi atau penjelasan dari bank di mana tempat anda akan mengajukan kredit. Penting sekali untuk mengkonfirmasikan ke OJK jika anda sudah menuntaskan kewajiban kredit. Kemudian tunggu hingga BI Checking sudah benar-benar dinyatakan bersih.

Ingat, Jangan Lupa Untuk Membayar Cicilan Bulan Ini Ya!

Nah, dari berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, bisa dikatakan bahwa BI Checking yang jelek karena terjadinya penunggakan cicilan kredit. Apakah anda ingin BI Checking bisa terjaga dengan baik? Maka jangan lupa untuk selalu membayar cicilan sebelum tibanya masa jatuh tempo hingga benar-benar lunas. 

Jangan lupa untuk selalu mengatur jadwal anda ketika ingin membayar cicilan kredit setiap saat. Tentunya anda dapat menggunakan smartphone agar dapat membuat reminder untuk membayar cicilan supaya tidak lupa. Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai cara melihat dan membersihkan BI Checking. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button