Ini Perbedaan Emas UBS dan Antam Sebelum Membeli

Dunia investasi memang tengah berkembang pesat dalam era modern ini. Termasuk dalam investasi emas yang semakin banyak memiliki peminat. Hal ini bahkan dapat dilihat dari semakin banyaknya lembaga keuangan yang bekerjasama dengan berbagai perusahaan emas UBS dan Antam. Tentunya bagi masyarakat menjadi penting untuk mengetahui perbedaan emas UBS dan Antam. 

Apalagi bagi seseorang yang ingin sekedar membeli atau bahkan bagi yang ingin menjadi investor emas. Namun, apa sih sebenarnya yang membedakan antara emas UBS dan juga emas Antam? Berikut ini ulasan lengkapnya: 

Mengenal Emas UBS 

Mengetahui perbedaan emas UBS dan Antam menjadi hal penting yang tentunya harus diketahui oleh investor. Emas UBS sendiri merupakan emas 24 karat yang memiliki kadar emas 99,99 persen. UBS sendiri merupakan produksi emas dari PT Untung Bersama Sejahtera yang berdiri di Surabaya dan berhasil bertahan selama 40 tahun hingga sekarang. 

advertisement

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1981 di jalan Kenjeran Surabaya sebagai perusahaan swasta. Bisa dibilang perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan emas yang berhasil dengan baik bersaing dengan PT Antam sebagai penghasil emas terbaik di Indonesia. 

Sebagai salah satu perusahaan ternama, emas UBS juga selalu melakukan update terhadap harga emas setiap saatnya. Bahkan emas UBS juga menyediakan sistem garansi bagi pembeli yang telah melakukan pembelian ada ketidaksesuaian terhadap pembelian emas UBS. 

advertisement

Kelebihan lain dari emas UBS adalah banyaknya variasi yang ditawarkan oleh perusahaan. Mulai dari emas 0,5 bahkan hingga 100 gram merupakan produk yang ditawarkan. Produk terbesar dari emas UBS sendiri berada pada angka 1.000 gram atau bisa dibilang berat emas adalah 1 kg. 

Tentunya hal penting lain yang harus di notice dari perusahaan ini adalah adanya sertifikat sebagai bukti terlampir bahwa emas adalah produk asli. Sertifikat ini memiliki dua jenis yang berbeda yaitu sertifikat dari kertas untuk emas dengan berat minimal 4 gram. Apabila emas memiliki berat 5 gram maka, sertifikat hologram adalah yang digunakan. 

Mengenal Emas Antam 

Perusahaan emas selanjutnya yang tentunya sudah tidak asing adalah emas Antam. Produk emas yang merupakan Aneka Logam memang menjadi produk yang banyak diminati. Aneka Logam sendiri mulai didirikan pada 2005 dan kini berhasil menjadi produk yang berhasil menarik perhatian masyarakat di Indonesia. 

Apalagi dengan fokusnya untuk terus memasarkan produk Antam yang memang sudah diakui oleh London Bullion Market Association sebagai produk emas terpercaya. Hal ini tidak terlepas dari kadar emas yang sudah mencapai 99,99 persen. 

Adanya ketersediaan barang yang memadai dengan harga yang kompetitif dengan pasaran apalagi produk yang baik tentunya membuat Antam selalu banyak dicari. Ketersediaan emas ini dimulai dari LM 1 gram hingga LM 100 gram. 

Tentunya setiap pembelian emas yang dilakukan juga menggunakan prosedur yang terstruktur dan aman. Sertifikat sebagai penyerta juga menjadi salah satu hal yang selalu disediakan dengan baik oleh perusahaan bagi pembeli. 

Lalu Apa Perbedaan Mendasar Antara UBS dan Antam? 

Emas Antam dan UBS sebagai perusahaan emas ternama yang berhasil menjadi salah satu yang terbesar tentunya juga memiliki perbedaan mendasar yang harus diketahui. Nah, untuk itu mari simak perbedaan kedua produk emas berikut ini: 

1. Adanya Perbedaan Ukuran 

Hal paling mendasar yang bisa dilihat sebagai perbedaan emas UBS dan Antam adalah pada ukuran yang ditawarkan. Pada emas UBS, produk yang ditawarkan dimulai dari angka 0,5 gram hingga 1.000 gram. Tentu angka ini berbeda dengan emas Antam yang memulai angka 1 gram hingga 100 gram. 

2. Produsen yang Memproduksi 

Perbedaan mendasar lain dapat dilihat dari perusahaan yang memproduksi emas UBS dan emas Antam. Apabila perusahaan UBS didirikan oleh PT Untung Bersama Sejahtera maka, Antam didirikan oleh PT Aneka Tambang, Tbk. 

3. Dimensi 

Kedua produk emas ini memang memiliki kadar emas yang sama yaitu mencapai 99,99 persen namun, ternyata dimensi dari keduanya berbeda. Pada emas Antam dimensinya lebih kecil sedangkan pada emas UBS dimensinya lebih besar atau lebar. 

4. Harga 

Perbedaan emas UBS dan Antam lain yang dapat dilihat adalah dari harga pada setiap gram emasnya. Tentunya ini juga merupakan hal mendasar sebagai pembeda antara dua produk emas ini. Harga yang dipasang pada emas UBS memang relatif lebih rendah bila dengan harga emas Antam yang lebih mahal. 

Namun, nyatanya perbedaan ini sebenarnya tidaklah memiliki gap yang terlalu jauh. Tentunya dengan produk emas yang tetap memiliki kadar sama yaitu 99,99 persen. Hanya beberapa poin saja yang menjadi pembeda termasuk pada desain

5. Waktu Pemesanan 

Waktu pemesanan juga menjadi pembeda dari kedua produk emas tersebut. Apabila seseorang memilih untuk membeli emas Antam maka, akan lebih baik memesan dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan karena produk emas ini diproduksi dalam jangka waktu 1 bulan. 

Tentunya waktu produksi ini berbeda dengan emas UBS yang jauh lebih cepat masa produksinya. Pembeli pun tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan produk emas UBS. 

Nah, itulah tadi perbedaan emas UBS dan Antam yang menjadi dua produsen emas terpercaya dan terbesar di Indonesia. Tentunya dengan perbedaan mendasar tersebut pembeli bisa melakukan pemesanan berdasarkan kebutuhan dan pemilihan emas yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button