Jika pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang di Shopee

Apa yang terjadi jika pembeli tidak konfirmasi penerima barang di Shopee? Apakah dana tetap akan diteruskan ke penjual? Apakah uang tetap masuk ke akun Shopee penjual? Oke, untuk bahasan kali ini masih tentang Shopee, tapi dari sisi penjual. Saya pakai Shopee bukan cuma untuk beli barang saja, tetapi juga untuk jualan produk.

Shopee, Jual Beli dalam Satu Aplikasi
Melalui Shopee, pengguna bisa membeli maupun menjual barang. Shopee sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Dengan adanya marketplace seperti Shopee, sangat membantu bagi orang yang ingin berjualan lewat online. Tingkat konversinya lebih tinggi ketimbang kalau kita promosi barang lewat Facebook. Orang buka Facebook belum tentu ingin beli barang, karena memang Facebook adalah media sosial. Shopee bukanlah media sosial, tapi marketplace, sehingga kegunaannya adalah untuk jual beli.

Dari segi pembeli, dengan hadirnya marketplace Shopee memudahkan pembeli untuk mencari barang yang ingin mereka beli. Selain itu, beli lewat marketplace lebih aman, karena sebelum barang sampai, dana yang dibayarkan pembeli ditahan oleh pihak marketplace. Dana baru diteruskan ke penjual jika barang sudah sampai.

advertisement

Kemudahan Berbelanja Online Lewat Shopee
Shopee juga mempermudah bagi yang ingin beli barang tapi tak punya ATM buat transfer uang. Shopee menyediakan beragam pilihan pembayaran, termasuk pembayaran via Indomaret dan Alfamart. Dengan begitu, untuk beli barang di Shopee, pembeli tak harus punya ATM, tapi bisa membayar pesanannya lewat Indomaret atau Alfamart. Selain itu, Shopee juga menyediakan pilihan pembayaran COD (Cash on Delivery), pesanan dibayar ketika barang sampai.

Pembeli akan mendapatkan resi sebagai bukti pengiriman. Pembeli bisa melakukan pelacakan barang dengan resi tersebut untuk mengetahui posisi barang. Pengecekan resi bisa dilakukan di web jasa ekspedisi yang bersangkutan, maupun langsung lewat aplikasi Shopee.

advertisement

Pentingkah konfirmasi penerimaan barang bagi pembeli?
Kalau barang sudah sampai, dana yang dibayarkan oleh pembeli bisa langsung masuk ke akun Shopee penjual, jika pembeli mengonfirmasi penerimaan barang lewat akun Shopee miliknya. Lalu bagaimana jika barang sudah sampai di tangan pembeli, tapi pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang? Apakah dana tetap akan masuk?

Sebetulnya pembeli tidak harus melakukan konfirmasi penerimaan barang. Namun, sebagai penjual, kalau ingin dana dari pembeli cepat masuk, Anda bisa hubungi pembeli lewat chat agar mengonfirmasi penerimaan barang. Tapi kalau tidak, tunggu beberapa hari. Dana akan masuk ke akun penjual beberapa hari kemudian.

Dana juga bisa masuk ke akun penjual jika pembeli mengonfirmasi penerimaan barang, meski sebetulnya barang masih dalam proses pengiriman. Dengan catatan, pilihan pembayarannya bukan COD. Kalau pembeli memilih pembayaran COD, pembeli tidak bisa mengonfirmasi penerimaan barang kalau barang pesanannya belum sampai.

Memang kalau sebagai penjual, saya senang kalau pembeli melakukan konfirmasi penerimaan barang begitu barang sudah sampai, karena dana lebih cepat masuk ke akun Shopee saya. Tapi, kalau pembeli tidak melakukannya juga tidak apa-apa. Hal itu bukan berati pembeli tidak bertanggung jawab, tapi bisa jadi karena pembeli tidak tahu. Dan nggak usah telalu baper lah dengan pembeli yang seperti itu. Itu bisa dibicarakan baik-baik ke pembeli.

Saya bukan penjual yang punya modal besar. Toko saya juga saat postingan ini dibuat belum berstatus Star Seller. Tapi, saya tidak mempermasalahkan kalau pembeli tidak konfirmasi penerimaan barang. Dana tetap akan masuk ke akun penjual, meski lebih lama. Yang saya permasalahkan kalau pembeli kasih bintang satu :D.

Kesimpulan
Bagi yang tidak mau membaca panjang lebar, langsung baca saja poinnya di bagian kesimpulan ini. Jadi, dana pembayaran pesanan tetap akan masuk ke akun Shopee penjual meski pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang.

6 Comments

  1. saking mudahnya buat pembeli sampai2 pembeli tidak mau lepaskan dana meskipun barang sudah diterima dan sudah lewat masa garansi sehingga dana ke penjual jadi tidak jelas kapan akan dilepas penjual juga sudah chat shopee tp belum ada tindak lanjut …kalau sudah begini penjual nanggung APES ….OKNUM PEMBELI ******* tidak bisa menghargai penjual padahal sama2 butuh !

  2. Bang kalo misalnya barang cod sudah diterima dan dibayar tapi tombol pesanan diterimanya belum bisa di klik itu gimana dan status pengiriman nya juga tidak bergerak itu gimana ya ?

  3. Gk gitu juga kadang knp pembeli tidak segera konfirmasi bisa jadi krna brmg yg diterima kurang dan komplain tp chat pun gak di balas gk di respon akhirnya kita pembeli yg udah bayar duluan males bt konfirm tp toh penjual ttp dpt dananya kn … pd akhirnya kita juga yg ttp rugi udah gk di bales barang kurang dana ilang ….dan itu brang bt di jual lagi 1 brng yg kurang udah habis dah untung bgi penjual2 kecil ini ….bayangin

  4. Alhamdulillah sekarang saya lega, ternyata meskipun pembeli tidak mengkonfirmasi barang sudah diterima, dana akan tetap sampai ke penjual meskipun waktunya lebih lama, soalnya kejadian saya seorang pembeli, pas saya lagi pesan barang, barang pesanan sedang proses dikirim, tahunya akun shopee saya ada yang ngehack, jadi saya kehilangan segalanya termasuk saldo shopee pay saya pun otomatis hilang, eh ke esokan harinya pesanan datang, sy jd bingung konfirmasinya bagaimana wong akunnya sudah tidak aktif lagi, bisa jadi penjual menuduh saya orang gak bener, gak tanggung jawab. Padahal sayapun merasa sedih, kasihan pada penjual takut dananya gak bisa sampai ke penjual kalau saya tidak konfirmasi. Tapi setelah membaca penjelasan diatas saya merasa lega dan gak merasa punya utang lagi.

  5. akhirnya saya lega berarti penjualnya tetap dialirkan dananya ,kebetulan hp saya rusak ,pas saya masukkan akun di hp yg lain minta konfirmasi dan kodenya dikirim dinomor lama saya yg sudah tidak aktif

  6. Orang lagi butuh uang cepet malah dibiarkan,terus ada juga yang menyalahgunakan malah perpanjangan ganransi, emang pembeli kurang ajar ,kan rugi juga kita sebagai penjual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button