Kenali 6 Jenis Transfer Uang dari Bank Ini!

Apakah Anda saat ini tahu dengan jenis kiriman uang atau transfer uang lewat bank?

Ternyata ada banyak sekali lho!

Mengirim uang atau mentransfer uang dari satu tempat ke tempat lainnya butuh perantara dan kode. Jenis transfernya juga cukup beragam dengan biaya yang lebih hemat. Saat ini jenis transfer yang yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi transfer uang, biaya lebih minim dan mudah dilakukan. Selain itu, ada jenis-jenis transfer uang lagi yang bisa Anda manfaatkan!

advertisement

Jenis Transfer Uang Bank

  1. Lalu lintas giro (kliring)

Merupakan jenis kiriman uang dengan cara kliring, pihak bank akan mengecek saldo tabungan Anda apakah cukup untuk mengirimkan atau tidak. Proses jenis ini cukup lama, memakan waktu hingga 3 hari dengan biaya sekali kirim sebesar Rp 5.000 hingga Rp. 15.000. Saat Anda mengirimkan uang dengan jenis ini memang lebih aman karena dilakukan langsung oleh pihak bank tanpa perantara, tetapi efek buruknya adalah waktu yang cukup lama. Jika Anda mengirimkan uang jumat sore, uang akan diterima selasa siang atau sore. Jenis kiriman semacam ini masih ada tetapi mulai jarang nasabah yang menggunakan karena terlalu lama. 

Adalah singkatan dari real time gross settlement, yang prosesnya setara dengan kliring namun lebih cepat di hari yang sama. Sebagai contoh, Anda mengirim uang pada hari Senin pukul 10.00 dengan jenis ini, 4 jam kemudian uang tersebut akan diterima oleh rekening tujuan pukul 14.00. Untuk mengeceknya, pihak penerima bisa melihat lewat buku tabungan yang diserahkan kepada pihak bank. Ongkos administrasi untuk proses ini bekisar Rp. 25 ribu – Rp. 50 ribu. 

advertisement

Kelemahan dari jenis ini akan terlihat pada akhir bulan tanggal 30 atau 31 karena pihak bank sedang melakjkan closingan atau tutup buku. Delay terjadi hanya 1 hari, uang akan dikirimkan esok hari kemudian. 

  • ATM

Adalah singkatan dari anjungan tunai mandiri yang berbentuk kartu fisik sebagai bantuan alat untuk transfer. Anda bisa lebih mudah mengirim uang ke rekening tujuan dalam hitungan menit dengan datang ke mesin ATM terdekat. Namun, perlu Anda ingat bahwa ATM yang bisa untuk transfer adalah ATM yang memiliki simbol ATM bersama, logo bank, dan link. Jika ATM Anda tidak memiliki salah satu logo tersebut maka kartu ATM akan tertolak oleh mesin. Anda bisa mengikuti panduan memakai mesin ATM dengan mudah. Untuk mengirimkan uang beda bank dari beda pulau biasanya memakan waktu 2 hari kerja, misalnya Anda mengirimkan uang selasa siang dari ATM mandiri ke ATM bri maka waktu sampainya kamis pagi atau siang. Tetapi, untuk bank yang sama hanya perlu hitungan menit. 

Administrasi ATM sesama bank gratis sedangkan beda bank dikenakan Rp. 6500 per sekali kirim.  

  • Tunai 

Jenis jenis transfer uang lewat bank yang cocok untuk Anda yang tidak memiliki rekening bank yaitu secara tunai. Prosedurnya, Anda datang ke bank dan mengambil nomor antrian dan lembar penyetoran di bagian meja bank. Anda isi sesuai data dan tunggulah hingga petugas bank memanggil Anda. Berikan lembaran setoran tersebut bersamaan dengan uang tunainya, lembar kedua setoran akan diserahkan kembali sebagai bukti bahwa uang telah diterima oleh rekening tujuan.

Kelebihan dari pengiriman uang jenis ini tidak dikenakan biaya sama sekali, tetapi ada juga beberapa bank yang mematok admin sebesar Rp. 5.000. 

  • Website atau aplikasi 

Cara mengirim uang yang lebih praktis berikutnya adalah dengan membuka website atau aplikasi. Jika Anda lewat website sebaiknya hati-hati karena banyak hacker yang membuat website bayangan untuk merekam data jejak kiriman uang. Uang yang Anda kirim tidak akan sampai ke rekening tujuan dan mengendap di pihak hacker.

Sedangkan untuk kiriman uang dengan cara unduh aplikasi mudah kiriman uang. Sayangnya, aplikasi kiriman uang mengharuskan Anda memiliki rekening dan m banking sebagai dasar kekuatan untuk akses keuangan lebih lancar. Pin yang Anda pakai di ATM harus sama dengan pin di aplikasi. Pin tersebut terbilang aman selama ponsel Anda tidak hilang atau mati. Jika terjadi hal demikian, maka Anda akan kerepotan untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan rekening online. 

  • Real Time Online

Kiriman dengan jenis ini juga cukup mudah hanya dengan ATM saja yang tergabung dalam komunitas bank negara baik swasta atau non swasta. Biaya administrasinya hanya Rp. 5000 saja dengan waktu singkat saat itu juga. Besarnya uang yang dikirim dengan jenis ini maksimal Rp. 25 juta sehari dengan admin yang sama. 

Nah, Anda boleh memilih cara kirim bank dengan menekan biaya admin lewat salah satu opsi jenis jenis transfer uang. Upayakan memilih kiriman yang aman kendati terkena admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button