Kenali Perbedaan Sunblock dan Sunscreen Beserta Tips Memilihnya

Paparan sinar matahari memicu masalah di wajah, diantaranya wajah belang dan memicu penuaan dini. Kamu bisa memakai tabir surya sehingga wajah selalu sehat. Alhasil aktivitas outdoor tidak terganggu, pastikan kamu mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen sehingga tidak salah membeli.

Mengenali Perbedaan Sunblock dan Sunscreen Secara Umum

Beraktivitas outdoor diharuskan memakai tabir surya agar aktivitas lancar. Kamu tidak khawatir kulit wajah akan belang, pastinya setiap wanita memiliki persepsi tersendiri.

Kamu bisa membeli merk sunblock atau sunscreen yang terkenal, pastikan merk tersebut legal dan terjamin keamanannya. Berikut ada perbedaan sunblock dan sunscreen secara umum, antara lain:

advertisement

1. Lihat Pada Fungsi Sunblock dan Sunscreen

Kamu bisa membedakan tabir surya dari fungsinya. Sejauh ini, kami menyimpulkan bahwa sunscreen termasuk lotion yang ampuh melindungi kulit dari sinar matahari.

Sunscreen bisa menyerap ke lapisan kulit wajah teratas. Alhasil sunscreen membuat wajah tetap sehat walaupun terkena sinar matahari. Tetapi, sunscreen hanya melindungi kulit dari paparan sinar UVB.

advertisement

Sunblock mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB. Kamu bisa membeli 2 produk tersebut di Apotek, klinik kecantikan maupun pusat perbelanjaan. 

2. Dilihat dari Kandungannya

Kini, metode kecantikan semakin berkembang dan diminati remaja maupun orang dewasa. Bahkan sunblock untuk remaja sudah beredar luas, kamu bisa menggunakannya saat di luar ruangan.

Untuk membedakannya, lihat kandungannya. Sunscreen memiliki bahan zat aktif yang ampuh mencegah radiasi sinar ultraviolet.

Jika sunblock mengandung mineral yang kuat sehingga tahan terhadap sinar matahari. Kandungan tersebut diantaranya adalah titanium dioxide yang berbentuk mineral alami pada sunblock.

3. Dari Cara Kerjanya

Perbedaan sunblock dan sunscreen ke 3 dari cara kerjanya. Cara kerja sunscreen adalah menyerap sinar ultraviolet, setelah itu mengubahnya menjadi energi panas. Energi tersebut dikeluarkan melalui kulit.

Kandungan sunblock mampu mencegah sinar UVB dan UVA masuk ke dalam kulit. Untuk itulah sunblock melakukan perlindungan di permukaan kulit sepanjang hari.

Jika kamu memilih sunscreen, oleskan 25 menit sebelum keluar rumah. Biarkan kandungannya terserap ke kulit dan wajah terlindungi dari sinar matahari.

Sebaliknya, saat menggunakan sunblock tak perlu menunggu. Kandungannya bekerja usai dioleskan ke wajah. 

Tips Memilih Sunblock dan Sunscreen

Setelah mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen, harus bijak memilih tabir surya. Kamu bisa memilih sunblock SPF 50 atau sunscreen sesuai jenis kulit. Berikut ada tips yang bisa diterapkan agar tidak salah pilih, yaitu:

Kami yakin, kamu mengetahui cara memakai sunblock atau sunscreen. Apalagi cara pemakaian terdapat di kemasan, kamu bisa memilih ke 2 produk sesuai jenis kulit. Alasannya karena tak semua jenis kulit cocok dengan semua merk tabir surya.

Jika jenis kulitmu berminyak, lebih baik menggunakan sunblock berbahan dasar air. Tujuannya agar kandungannya mudah diserap lapisan kulit dalam tanpa menutupi pori-pori.

Tips ke dua adalah melihat tingkat kandungannya. Setiap tabir surya memiliki perlindungan tersendiri. Jangan sampai salah memilih karena memicu permasalahan kulit wajah.

Sejatinya, ada 2 sinar yang memicu permasalahan kulit. Yaitu sinar UVA yang menimbulkan penuaan dini dan sinar UVB yang membuat kulit terasa terbakar dan memicu penyakit kanker kulit.

Jika cuaca sangat terik, sunblock dengan tingkat SPF tinggi. Dengan begitu perlindungan terhadap kulitmu terjaga. Kamu bisa memilih SPF 50 yang bisa menyaring 89 % sinar UVB dan UVA. 

Terdapat perbedaan sunblock dan sunscreen, alhasil banyak yang bingung memilihnya. Kamu bisa membandingkan harga sunblock maupun sunscreen, umumnya tabir surya terbaik mematok harga mahal. Tetapi manfaatnya besar dan tak menimbulkan efek samping.

Kamu bisa membandingkan harga melalui internet atau berdiskusi dengan kerabat. Di internet, banyak penjual tabir surya berbagai merk. Alhasil cocok dijadikan perbandingan harga beserta manfaatnya.

Perbedaan sunblock dan sunscreen memang signifikan, tetapi saat membelinya harus aman dari permasalahan kulit. Sebelum membeli, baca kandungan dan cara pemakaiannya.

Tak perlu khawatir mencari tabir surya yang aman, banyak sunblock dan sunscreen yang kandungannya komplit. Alhasil bisa digunakan semua jenis kulit.

Menurut penelitian, sunblock maupun sunscreen terbaik mengandung bahan dasar yang aman. Bahan dasar aman membuat tabir surya melindungi kulit wajah secara maksimal, bahkan ada sunblock badan yang bisa digunakan di seluruh tubuh.

Tabir surya terbaik, memiliki salah satu kandungan berikut. Yaitu titanium dioxide, oxybenzone, avobenzone dan kandungan lainnya. Jika tabir surya yang kamu beli mengandung salah satu bahan tersebut, dipastikan aman dan bisa digunakan jangka panjang.

Kamu kecewa karena tabir surya hilang akibat keringat atau hujan? Kami sarankan membeli tabir surya yang tahan terhadap air. Kamu bisa berkonsultasi dengan penjual agar mendapat tabir surya water resistant, pastinya penjual akan merekomendasikan tabir surya anti air.

Perhatikan juga berapa lama tabir surya tahan terhadap air. Alhasil kamu bisa mengoleskan ulang tepat waktu. Misalnya 2 atau 3 jam sekali selama beraktivitas outdoor. Perbedaan sunblock dan sunscreen harus diketahui agar tidak salah membeli. Perbedaan tersebut membuatmu bijak membeli sesuai kondisi kulit wajah, selain itu perhatikan tips memilih tabir surya. Pemilihan yang tepat membuat wajah sehat dan terlindungi dari bahaya ultraviolet.

sumber gambar : google.com

Exit mobile version