Kenapa no resi JNE Not Found (tidak ditemukan)?

Pesen barang pengiriman via JNE tapi nomor resinya tidak bisa dilacak (Not Found), kenapa ya? Bagaimana kalau no resi JNE tidak ditemukan? Apakah itu berarti penipuan? Membeli barang lewat online memang perlu hati–hati, jangan sampai kena tipu. Resi pengiriman dapat digunakan sebagai bukti kalau penjual benar-benar memproses pesanan pembeli.

Tapi apa jadinya kalau nomor resi yang diberikan oleh penjual begitu dicek malah ada keterangan Not Found, yang artinya tidak ditemukan. Dengan kata lain, nomor resi tersebut tidak bisa dilacak oleh sistem.

Ada beberapa kemungkinan kenapa hal itu terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika nomor resi JNE Not Found atau tidak ditemukan? Namun, sebelumnya, saya mau bahas dulu beberapa kemungkinan nomor resi JNE tidak bisa dilacak.

advertisement

1. Nomor resi salah
Pastikan memasukkan nomor resi dengan benar. Pastikan yang dimasukkan adalah benar-benar nomor resi. Adapun letak nomor resi JNE pada kertas resi bukti pengiriman adalah di bawah barcode, di samping tulisan “No. e-connote”. Nomor resi JNE bisa berupa kombinasi huruf dan angka, atau bisa berupa angka saja.

2. Resi belum masuk ke sistem
Jika penjual memberikan nomor resi bukti pengiriman sesaat setelah mengirim barang, ada kemungkinan nomor resi belum masuk ke sistem, sehingga kalau nomor resi tersebut dilacak, hasilnya Not Found. Tunggu beberapa waktu untuk melakukan pengecekan nomor resi.

advertisement

3. Website pelacakan nomor resi sedang error
Pelacakan nomor resi bisa dilakukan di web resmi JNE yaitu www.jne.co.id, atau di web yang menyediakan layanan pelacakan resi. Nomor resi tidak bisa dilacak ada kemungkinan web yang digunakan untuk mengecek resi sedang error.

4. Nomor resi palsu
Inilah yang dikhawatirkan orang yang membeli barang lewat online, barang pesanan tidak dikirim. Bagaimana kalau penjual sudah mengirimkan resi bukti pengiriman, barang belum juga datang? Bisa jadi ada kendala dalam proses pengiriman. Tapi bagaimana kalau nomor resi yang diberikan tidak bisa dilacak? Untuk kasus seperti ini, sebaiknya sampaikan ke penjualnya kalau nomor resinya tidak bisa dicek. Minta nomor resi yang sebenarnya. Jika penjual malah memblok nomor Anda, bisa jadi itu penipuan.

Kalau mau komplain ke JNE pun susah kalau tidak ada nomor resinya. Dalam hal ini nomor resi yang bisa dilacak.

Tambahan: jika yang muncul di web JNE adalah keterangan Error Captcha not match !, itu bukan salah resinya, tetapi salah dalam memasukkan kode captcha, yaitu kode keamanan yang digunakan di web JNE untuk pengecekan resi, yang biasanya terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, serta angka.

Penjual terpercaya harusnya bersedia memberi nomor resi bukti pengiriman, supaya pembeli benar-benar yakin kalau barang sudah benar-benar dikirim. Untuk membuktikan kalau nomor resi pengiriman tersebut valid, Anda bisa mengeceknya di web pelacakan resi. Kalau nomor resi JNE bisa dicek di web www.jne.co.id.

Nomor resi tidak ditemukan (Not Found) saat dilakukan pelacakan adalah salah satu masalah terkait JNE. Selain itu, masih banyak permasalahan seputar JNE, seperti barang lama sampainya, barang hilang, dan sebagainya. Saya selaku Admin web www.warga62.com mencoba membahas hal-hal seputar layanan ekspedisi, terutama JNE dan J&T. Bagi Anda yang punya permasalahan terkait jasa pengiriman, silakan sampaikan lewat kolom komentar.

Memang yang bagus adalah komplain langsung ke penyedia layanan ekspedisi. Namun, tak ada salahnya untuk menceritakan permasalahan terkait layanan ekspedisi lewat online, supaya bisa dibaca oleh orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button