Manfaat Bawang Dayak Untuk Kecantikan

Tahukah Anda apa itu bawang Dayak? Yaitu, salah satu jenis bawang yang berasal dari Amerika namun banyak dibudidayakan di wilayah Kalimantan. Bukan saja dimanfaatkan untuk menambah rasa makanan dan sembuhkan penyakit, manfaat bawang dayak untuk kecantikan juga sangat penting diketahui.

Bawang dengan nama latinnya Eleutherine bulbosa ini sudah ada sejak lama, hanya saja popularitasnya tak sehebat jenis bawang lainnya. Buat kamu yang baru lihat dan kenal bawang jenis ini, ayo tambah wawasan melalui informasi berikut ini.

manfaat bawang dayak

Kandungan Hebat Bawang Dayak

Sebelum  mengetahui apa manfaat dari bawang Dayak untuk kecantikan, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa saja kandungan dari bawang ini.

advertisement

  • Alkaloid

Untuk manusia, zat ini bisa membantu melawan infeksi dari mikroba dan meminimalisir masalah hipertensi.

  • Flavonoid

Untuk setiap 100 gram bawang Dayak, pada umbi terdapat 4,5 milligram zat ini. sedangkan pada bunganya terdapat 11 milligram, dan pada daun 3,5 milligram. Zat ini membantu mengatasi berbagai jenis radang.

advertisement

  • Steroid

Sangat penting untuk membantu metabolisme

  • Tanin

Sebagai antioksidan dan mencegah masalah yang disebabkan bakteri

  • Glikosida

Membantu metabolisme tubuh dan pemenuhan kebutuhan gula

  • Felonik

Membantu masalah kulit 

5 Manfaat Bawang Dayak Untuk Kecantikan

Dari sejumlah kandungan hebatnya di atas, tentu bisa diprediksi bahwa bawang dayak akan sangat bermanfaat untuk kecantikan jika dikonsumsi  dengan cara dan takaran yang tepat. Lima manfaat bawang dayak untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa dirasakan adalah:

  • Atasi Infeksi Jerawat

Buat yang punya masalah dengan jerawat bandel yang sulit dihilangkan, kandungan alkaloid dari bawang ini akan bekerjasama dengan tanin untuk mengatasi tersebut. Sekaligus membuat pori-pori lebih bersih dan sehat dan infeksi tidak terjadi lagi.

  • Cegah Penuaan

Kandungan fenolik yang ada di dalam bawang ini, akan membantu meminimalisir tanda penuaan secara lebih maksimal. Baik itu keriput yang mulai terlihat di beberapa bagian wajah, garis halus, hingga masalah kulit di ambang penuaan lainnya.

  • Atasi Noda Hitam

Noda hitam memang menjadi salah satu momok menakutkan bagi banyak wanita, makanya perlu cara tepat untuk mengatasinya.

Noda hitam yang muncul karena proses regenerasi kulit yang tidak maksimal, juga bisa diatasi dengan lebih baik. Ketika kamu mengkonsumsi bawang ini dengan cara yang tepat. 

  • Kulit Cerah Alami

Bawang ini akan mengambil peran sebagai antimelanogenesis, yang akan meminimalisir kulit kusam yang menjadi awal penyebab kulit tidak cerah. Sehingga kondisi kulit akan mulus, bebas noda, dan tentunya memiliki tingkat kecerahan lebih maksimal.

  • Tangkal Radikal Bebas

Radikal bebas akan sangat mengganggu kecantikan seseorang, apalagi yang beraktivitas di luar ruangan untuk waktu lama. Kegunaan bawang dayak untuk kecantikan yang satu ini, bisa dirasakan dimana kulit memiliki kekuatan untuk mencegah efek radikal bebas tersebut.

Manfaat Lainnya Bawang Dayak Untuk Manusia

Selain manfaat untuk kecantikan, bawang dayak juga bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan diantaranya:

  • Batu Ginjal

Buat yang mengalami  masalah batu ginjal, mengkonsumsi bawang ini bisa membantu proses menghancurkan batu ginjal. Dimana senyawa yang ada di dalam bawang, akan meminimalisir kadar kalsium pada urin begitu juga dengan pH urin.

Ditambah pula sifat diuretiknya, yang akan membantu meluruhkan batu ginjal dengan lebih efektif dan cepat.

  • Jantung Koroner

Punya riwayat keluarga dengan jantung koroner, ada baiknya mencegah supaya kamu juga tak mengalaminya. 

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah mengkonsumsi bawang dayak, dimana kandungan senyawa fenolik nya akan membuat jantung bekerja normal dan potensi masalah bisa diminimalisir.

  • Gula Darah

Banyak senyawa di dalam bawang ini, yang akan membantu menstabilkan kandungan gula darah di dalam tubuh. Ada senyawa glikosida, saponin, hingga flavonoid.

  • Osteoporosis

Wanita yang akan memasuki masa menopause, sangat rentan mengalami masalah tulang akibat pengaruh hormon kewanitaannya. 

Berdasarkan studi yang dilakukan FKUI didapatkan data bahwa konsumsi bawang ini selama 21 hari bisa memaksimalkan kembali kadar kalsium tubuh, sehingga mampu membuat kepadatan tulang membaik.

Begini Cara Terbaik Makan Bawang Dayak

Banyak cara yang bisa dipilih untuk mengkonsumsi bawang dayak, supaya manfaatnya benar-benar bisa dirasakan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

  • Diolah menjadi obat herbal bersama dengan bahan berkhasiat lainnya, bisa dengan cara direbus kemudian disaring airnya dan dikonsumsi dengan takaran yang tepat.
  • Dimakan langsung dalam kondisi segar, agar semua nutrisi yang terdapat di dalam bawang bisa terserap lebih baik.
  • Bagi kamu yang tak suka aroma bawang, bisa menjadikan bawang dayak untuk masakan favorit. Walaupun mungkin kadar zat di dalamnya akan berkurang ketimbang dikonsumsi langsung
  • Bisa juga dijadikan campuran untuk manisan buah dan sayur
  • Dikeringkan juga bisa menjadi pilihan, sebelum dimanfaatkan dengan cara diseduh atau dikolaborasikan dengan bahan makanan lain.

Semoga informasi seputar bawang dayak mulai dari kandungan, manfaat bawang dayak untuk kecantikan hingga cara konsumsi terbaiknya di atas bisa menambah wawasan Anda. Sehingga, bisa memanfaatkan jenis bawang yang satu ini dengan lebih maksimal agar manfaat yang dirasakan juga maksimal.

sumber : google.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button