Manfaat dan 5 Efek Samping dari Sabun Klinskin

Produk kimia selalu saja membawa dampak tertentu bagi tubuh. Jika tepat penggunaannya dan cocok maka akan mendatangkan manfaat namun jika tidak, maka akan menimbulkan efek samping yang justru merugikan.

Bisa juga mengakibatkan munculnya alergi sehingga produk berbahan kimia tersebut menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Ada baiknya sebelum memakai produk tersebut, kita mengetahui efek samping yang akan ditimbulkan.

Apa itu Sabun Klinskin

Sabun Klinskin ialah produk pemutih badan yang berupa sabun dan disebutkan terbuat dari bahan-bahan yang cukup aman serta telah lolos dan mendapat izin edar dari BPOM. Sabun Klinskin disebut tidak mengandung bahan yang dilarang BPOM seperti Merkuri, Hidrokinon dan bahan kimia berbahaya lainnya.

advertisement

BPOM melarang penggunaan bahan merkuri pada berbagai produk kosmetik sebab berpotensi membahayakan kesehatan ginjal serta saraf manusia. Selain merkuri BPOM juga melarang bahan kimia Hidrokinon.

Sebenarnya Hidrokinon cukup aman digunakan sepanjang tidak melebihi 2 persen dan maksimal 4 persen serta harus dengan resep dokter. Ditakutkan apabila kadar Hidrokinon dalam suatu produk sabun pemutih lebih dari 4 persen bisa berpotensi mengakibatkan timbulnya leukoderma kontak atau vitiligo.

advertisement

Sabun Klinskin

Manfaat Sabun Klinskin

Manfaat dari sabun klinskin ini antara lain bisa menyegarkan, dan membersihkan, serta memutihkan kulit. Sabun klinskin juga disebutkan terbukti ampuh memutihkan kulit hanya dalam waktu yang singkat, yakni hanya perlu waktu beberapa hari saja dengan pemakaian secara rutin maka hasilnya bisa langsung terlihat.

Sabun ini tak hanya digunakan untuk kulit lengan atau bagian tangan yang lain. Tapi bisa juga digunakan di seluruh bagian tubuh termasuk area sensitif seperti selangkangan dan tentunya wajah. Untuk jenis kulit yang sensitif maka diperlukan uji coba terlebih dulu agar tidak terjadi alergi.

Efek Samping Sabun Klinskin untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa dampak atau efek samping dari penggunaan sabun klinskin yang mungkin saja terjadi.

1. Kerusakan pada Kulit

Kulit merupakan bagian sensitif dari tubuh. Dan ditakutkan jika terkena bahan kimia dari sabun klinskin yang dipakai secara terus menerus akibat dalam jangka waktu yang lama, bisa saja menyebabkan pori-pori jadi tersumbat sehingga akan membuat kulit menjadi rusak.

2. Timbul Jerawat

Penumpukan sumbatan pada pori-pori akibat sisa sabun yang dibersihkan secara tidak tuntas juga akan menyebabkan timbulnya jerawat. Jerawat disebabkan oleh penyumbatan lubang pori-pori, baik itu jerawat kecil-kecil atau brutusan hingga jerawat yang besar dan mengeluarkan nanah dan bisa mengakibatkan peradangan. Jika timbul jerawat maka sebaiknya hentikan dulu pemakaian sabun klinskin.

3. Kulit Terkelupas

Bagi kulit yang sensitif, kulit bisa saja terkelupas dan terasa kering serta perih. Jika timbul hal seperti ini maka imbangi dengan pemakaian pelembab agar kulit tidak menjadi terlalu kering dan pecah-pecah.

4. Wajah Menjadi Kering Juga Kusam

Dengan penggunaan sabun klinskin yang secara terus-menerus pada wajah juga akan menyebabkan minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah akan menjadi habis terkikis sehingga kulit pun akan menjadi kering dan tampak kusam.

5. Kulit Terasa Gatal dan Panas

Bisa juga timbul risiko kulit jadi terasa gatal-gatal dan kemerahan. Bagi kulit berjenis sensitif, setelah pemakaian sabun klinskin selama beberapa saat akan bisa timbul gejala atau efek samping seperti itu. Jika hal seperti ini muncul, maka ini merupakan tanda bahwa jenis kulit Anda itu tidak cocok menggunakan sabun klinskin. Lebih baik dihentikan dulu penggunaannya.

Cara Mengatasi Gejala Efek Samping

Sebagai solusi guna mengatasi timbulnya efek samping akibat pemakaian sabun klinskin, maka bisa lakukan beberapa hal sebagai berikut.

Test atau uji coba dulu pemakaian sabun klinskin di tempat bagian tubuh yang tersembunyi seperti di ketiak atau di bagian dalam balik lutut. Jika aman dan nyaman saja maka bisa dilanjutkan menggunakannya di tempat yang lain, juga di bagian wajah.

Hentikan pemakaiannya jika timbul efek samping yang parah, seperti jerawat, kulit kering terkelupas berwarna kemerahan, perih dan nyeri yang berkepanjangan. Berarti kulit Anda tidak cocok.

Imbangi dengan penggunaan pelembab kulit yang aman yang tidak mengandung pewangi dan anti alergi.

Itulah beberapa efek samping sabun klinskin, yang bisa saja timbul jika jenis kulit Anda tidak cocok.

sumber gambar : google.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button