Ini 7 Manfaat dan Efek Samping Sabun Pepaya Untuk Kulit

Efek Samping Sabun Pepaya. Sabun pepaya saat ini menjadi salah satu jenis sabun yang populer digunakan karena terbuat dari bahan alami buah pepaya. Saat ini terdapat banyak sekali sabun pepaya yang beredar di pasaran dengan berbagai merk, pastikan sabun tersebut asli untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Manfaat Sabun Pepaya Untuk Kulit

Sabun pepaya ternyata sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu untuk merawat kecantikan kulit. Baru-baru ini penggunaan sabun pepaya menjadi semakin diminati dan disukai. Salah satu hal yang mendasari banyak orang yang memilih menggunakannya adalah karena mempunyai manfaat yang baik untuk kulit. efek samping sabun pepaya

Berikut ini adalah 7 manfaat dari penggunaan sabun pepaya untuk kulit:

advertisement

1. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Sabun pepaya sudah diketahui mempunyai efek yang sangat baik bagi eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati. Pada kulit, terdapat lapisan yang bernama sel kulit mati yang merupakan bagian dari kulit yang sudah rusak dan tidak bisa membaik sehingga perlu diangkat supaya membuat kulit nampak lebih sehat. Sabun pepaya sangat baik sekali digunakan untuk mengangkat sel kulit mati tersebut karena adanya enzim papain.

2. Mencegah Sekaligus Mengatasi Jerawat

Hadirnya jerawat bisa jadi disebabkan oleh kotoran dan minyak yang terus menerus menumpuk dan tersumbat pada bagian dalam kulit. Akumulasi kotoran tersebut bisa menyebabkan timbulnya infeksi yang lebih dikenal dengan jerawat. Kotoran, minyak, dan sel kulit mati bisa diangkat dengan baik oleh sabun pepaya. Maka, sabun pepaya sangat cocok sekali digunakan untuk mencegah dan mengatasi jerawat. efek samping sabun pepaya

advertisement

efek samping sabun pepaya

3. Membuat Kulit Menjadi Lebih Cerah

Siapapun pasti sudah tahu bahwa orang-orang yang menggunakan sabun pepaya menginginkan kulit yang lebih cerah. Sel kulit mati yang terangkat dan banyaknya kandungan antioksidan dalam pepaya yang dijadikan sebagai bahan dasar untuk sabun tersebut bisa membuat kulit Anda menjadi lebih cerah.

4. Menyamarkan Berbagai Noda dan Flek Hitam Pada Kulit

Noda dan flek hitam pada kulit kerap kali mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menjadi menurun. Namun, tak perlu khawatir karena efek samping sabun pepaya mampu untuk memudarkan berbagai noda dan flek hitam karena kandungan antioksidan didalamnya.

5. Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus

Kulit yang halus menjadi dambaan semua orang karena selain terlihat lebih sehat juga lebih mudah untuk membuat riasan wajah menjadi menempel sempurna. Hal ini juga merupakan salah satu dampak dari eksfoliasi yang dilakukan oleh sabun pepaya tersebut.

6. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Sabun pepaya mengandung berbagai enzim dan vitamin yang bisa untuk membantu membuat kulit menjadi sehat dan menutup segala ketidaksempurnaan kulit, salah satunya adalah pori-pori besar. Dengan penggunaan yang rutin, sabun pepaya mampu untuk mengecilkan pori-pori kulit.

7. Meredakan Gatal

Sabun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan gatal seperti yang disebabkan oleh gigitan serangga. Jika sudah mengalami gatal-gatal, akan lebih baik jika langsung dicuci menggunakan sabun pepaya agar gatal berkurang dan tidak ada kemerahan.

Cara Menggunakan Sabun Pepaya Untuk Manfaat Lebih Maksimal

Sebelum menggunakan sabun pepaya, ada baiknya untuk membersihkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan make up remover. Lalu, bilas wajah dengan air dan gunakan sabun hingga berbusa dan pijat perlahan untuk membuat sabun mampu membersihkan wajah secara maksimal. 

Setelah itu, diamkan selama 5 menit agar enzim papain dan vitamin beserta kandungan bermanfaat lain didalam sabun pepaya bisa meresap sempurna pada kulit. Lalu, bilas dengan air bersih dan keringkan. Dengan mengetahui bagaimana cara penggunaan yang baik diharapkan juga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunaannya dan mengurangi efek samping sabun pepaya yang mungkin saja terjadi.

Efek Samping Sabun Pepaya Untuk Kulit

Sesungguhnya, efek samping dari penggunaan sabun pepaya tidak ada. Apabila ada orang yang mengalami efek samping bisa jadi memang dikarenakan tipe kulitnya yang tidak cocok untuk menggunakan sabun ini dan bisa jadi juga sabun yang digunakan adalah sabun pepaya palsu. 

Efek samping dari penggunaan sabun pepaya palsu bisa beragam, mulai dari jerawat, gatal-gatal, kemerahan, iritasi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri sabun pepaya yang original agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk kepada kulit.

Ciri-ciri sabun pepaya yang asli adalah aromanya segar khas pepaya dan tidak menusuk, sabun pepaya biasanya juga mempunyai tekstur yang lembut karena terbuat dari berbagai bahan alami, terdapat izin dari BPOM, harganya masuk akal dalam artian tidak terlalu murah dan kurang lebih sama dengan toko resmi yang menjualnya. Untuk menghindari efek samping sabun pepaya yang buruk, maka Anda harus menggunakan sabun pepaya yang asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button