Nah, Ternyata Ini Manfaat Ikan Teri Bagi Tubuh Yang Harus Diketahui

Termasuk ke dalam satu dari banyak jenis ikan yang paling disukai oleh masyarakat yaitu ikan teri. Ikan yang bentuknya kecil dan memanjang tersebut sangat disukai oleh sebagian orang. Apakah ada manfaat ikan teri untuk tubuh manusia? Pada dasarnya setiap ikan mengandung protein di dalamnya, berikut penjelasan lanjut terkait manfaat teri untuk tubuh:

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Terjadinya peradangan yang terus menerus dapat menimbulkan gejala, bahkan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan peradangan yang ditimbulkan dapat terjadi di mana pun, salah satunya pembuluh darah jantung. Untuk itu, perlu adanya asupan omega yang bisa diperoleh dari ikan teri untuk melindungi jantung. Berikut beberapa manfaat ikan teri, khususnya karena kandungan omeganya:

  • Menjaga kestabilan irama jantung agar tetap normal, agar terhindar dari risiko meninggal dunia akibat jantung yang meledak.
  • Menghindari gumpalan trombosit darah akibat aliran darah yang tersumbat.
  • Bisa menurunkan kadar trigliserida, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Pencegahan terbentuknya plak arteri pada jantung dengan tetap menjaga lapisan arteri halus.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Semua sel-sel pembentuk tulang yang rusak bisa tergantikan oleh tulang-tulang baru. Tulang baru tersebut adalah tulang sehat yang proses pembentukannya terjadi pada anak-anak. Batas usia dari pembentukan yaitu sampai usia 30 tahun dengan proses cepat dan sebaliknya jika melewati batas, maka akan melambat.

advertisement

Namun setelah melewati usia tersebut, proses yang terjadi pada pembentukan sel baru melambat. Pada kondisi inilah membuat lansia rentan akan pengeroposan tulang. Penyakit lainnya seperti patang tulang pun kemungkinan terjadi. Demi mencegah hal tersebut terjadi, mengkonsumsi ikan teri bisa menjadi salah satu alternatif yang baik.

Konsumsi jumlah kalsium yang diperlukan oleh tubuh tentu sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat ikan teri yang mengandung banyak kalsium di dalamnya akan berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Bukan hanya kalsium yang dapat membuat tulang kuat, terdapat zat lainnya yang dapat membantu seperti zinc, fosfor dan lainnya.

advertisement

3. Melindungi Saraf dan Otot

Sejumlah manfaat yang terdapat dalam ikan Teri seperti natrium, yaitu garam. Semua macam nutrisi yang terdapat dalam ikan teri memberikan fungsi baik untuk dapat mengendalikan tekanan dan volume darah. Selain itu, tubuh memerlukan natrium supaya otot dan saraf dapat terus bekerja dengan baik. Kurangnya kadar natrium dalam tubuh, bisa mengakibatkan kerja otot dan juga saraf terganggu.

Jika hal tersebut terjadi, tentu tekanan darah dalam tubuh juga akan terpengaruh. Kandungan natrium yang terdapat dalam tubuh tidak sepenuhnya buruk untuk dikonsumsi, asalkan seimbang pemenuhannya. Jangan sampai mengonsumsi natrium dalam jumlah berlebih. Hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit hipertensi atau darah tinggi.

4. Membuat Mata Tetap Sehat

Berikutnya dengan mengkonsumsi ikan teri yang mengandung vitamin A, berperan untuk melawan radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh. Sejumlah radikal yang tidak baik untuk tubuh bisa mengakibatkan peradangan, sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Mengkonsumsi ikan teri dapat melindungi kesehatan mata, mengapa?

Hal ini dikarenakan vitamin A bagus untuk kesehatan mata, disamping itu pembentukan fotopigmen yang seringkali disebut dengan fotoreseptor rhodopsin. Kandungan tersebut dapat membantu sel batang yang terdapat pada retina untuk melihat dengan jelas di malam hari. Itulah yang mengakibatkan vitamin A berpotensi untuk mencegah segala kemungkinan rabun senja.

Semua vitamin yang baik untuk mata, termasuk vitamin A bisa menaikkan fungsi konjungtiva. Maksud dari fungsi tersebut yaitu merupakan lapisan yang memberikan perlindungan untuk area putih pada mata. Sejumlah produksi cairan yang terdapat dalam kornea, membuat mata tidak kering. Memungkinkan kornea membiaskan cahaya yang masuk.

5. Menghindari Peradangan

Proses peradangan yang terjadi dalam tubuh setiap orang berbeda-beda. Ikan yang mengandung asam omega lemak 3 terdapat pada ikan teri, salmon dan lainnya. Kandungan asam lemak tersebut terdiri atas EPA dan DHA yang sangat berperan penting dalam mencegah peradangan.

Bentuk peradangan yang terjadi dalam tubuh, sebenarnya merupakan respon tubuh untuk melawan infeksi. Memungkinkan ketika gejala yang ditimbulkan oleh tubuh merasakan adanya ancaman. Ancaman yang hadir berupa zat asing bagi tubuh yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Bentuk perlawanan yang dilakukan oleh tubuh menghasilkan peradangan. Butuh jangka waktu yang panjang untuk dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit. Hal tersebut dapat mencegah peradangan, selain itu konsumsi makanan yang banyak mengandung anti radang seperti ikan teri bisa menjadi alternatif. Tidak hanya ikan teri saja yang kaya akan omega 3, tetapi ada berbagai pilihan ikan lain yang bisa dikonsumsi.

Ikan yang bisa menjadi rekomendasi di antaranya yaitu mackerel, tuna, salmon, teri. Manfaat yang diberikan dengan mengkonsumsinya secara rutin yaitu dapat memperlambat sejumlah produksi zat inflamasi beserta zat yang dilepaskan.

Itulah penjelasan tentang manfaat ikan teri yang baik untuk kesehatan tubuh. Lengkapi juga kebutuhan tubuh lainnya dengan mengkonsumsi makanan serta minuman yang bergizi. Hal tersebut dapat mendukung kesehatan tubuh yang lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button