Mari Pahami Apa Itu Rekening Koran Serta Fungsinya!

Banyak orang sejak dulu disarankan membuat rekening koran. Banyak orang menganggap rekening ini hanya diperuntukan bagi penabung pemula dan keperluan dagang saja. Sebenarnya banyak orang sering bingung bedakan rekening ini dengan rekening biasa. Perbedaan utama sebenarnya ada pada bentuk buku dan informasi catatan yang tercantum.

Untuk memahami lebih dalam soal penjelasan, manfaat dan contoh rekening koran, mari bahas tentangnya di dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Rekening Koran?

Rekening koran bisa disamakan dengan mendaftarkan diri ke bank untuk buka tabungan. Rekening koran lebih ditujukan sebagai rekening biasa. Tidak ada benefit khusus menabung pada rekening ini kecuali proteksi standard dan layanan menabung.

advertisement

Jika daftar rekening, Anda akan dapat buku tabungan. Tampilan buku tabungan dulunya mirip koran. Jadi nama rekening koran menempel karena image ini. Buku tabungan ini nantinya berisikan alur debit dan kredit uang tabungan Anda.

Di era modern sekarang, pengecekan rekening koran tidak harus langsung dari buku. Print buku tabungan memang masih ada sekarang, tapi lebih banyak orang cek rekening koran dari aplikasi dan browser. Karena perbankan online ini, tidak aneh jika banyak orang mulai melupakan istilah rekening koran.

advertisement

Jika Anda cek artikel penjelasan, manfaat dan contoh rekening koran, banyak yang memberi informasi tambahan soal ini. Info ini terutama saat membahas rekening koran dari perusahaan. Untuk konsep perusahaan, rekening koran ini bisa jadi tabungan asset perusahaan sebelum nantinya diolah kembali untuk biaya operasi perusahaan.

Apa Saja Manfaat Rekening Koran

Baik bagi individu dan kelompok, kegunaan rekening koran tentu banyak. Jika Anda ingin gambaran apa saja manfaat rekening koran, mari bahas singkat di bawah ini:

Mengajukan Visa

Visa untuk pergi ke luar negeri selalu butuh rekening koran. Biasanya menggunakan informasi dari rekening koran, pihak pemberi Visa bisa menimbang. Jika kemampuan ekonomi Anda tidak bagus, biasanya Anda tidak akan diberangkatkan daripada menjadi homeless di luar negeri saat gagal.

Tempat Catatan Transaksi

Rekening koran juga berfungsi dengan mencatat besaran transaksi terakhir selama 3 tahun berturut – turut. Dalam pencatatan, ada juga informasi saldo awal dan akhir bulan, arus debit kredit, bunga, potongan dan juga biaya administrasi. Selain itu, Anda tidak jarang menemukan note – note transaksi pada buku tabungan khusus ini.

Untuk kebutuhan bisnis, memiliki catatan lebih lengkap akan lebih baik. Jadi tidak aneh jika bukunya diisi dengan banyak catatan transaksi serta note penjelasan tambahan. Memberikan gamaran ini, memastikan data lebih transparan dan mudah dikonfirmasi kedepannya.

Mampu Menjadi Bukti Hukum

Benar, rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat Anda terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan mutasi rekening. Contohnya saja ketika Anda yakin telah mengirimkan sejumlah uang untuk membayar pesanan pada sebuah toko online, namun pihak penjual belum ada uang terkirim atas nama rekening Anda, sehingga order Anda tidak dapat diproses. Maka rekening koran dapat membuktikannya.

Mengajukan Pinjaman

Penjelasan rekening koran juga sering dibahas pada saat Anda mengajukan pinjaman. Pengajuan pinjaman seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) membutuhkan buku tabungan ini. Info buku tabungan nantinya akan menjadi referensi apakah pemilik rekening mampu bayar pinjaman atau tidak.

Kepemilikan rekening koran juga mempermudah pembayaran cicilan utang. Anda bisa memilih opsi potongan otomatis saat bayar utang dari rekening bank secara langsung. Hal ini memastikan peminjam bisa lunasi utang tanpa harus berbuat banyak.

Audit Keuangan Perusahaan

Rekening koran tidak hanya bisa dimiliki individu tapi juga organisasi. Baik pemerintah dan swasta bisa buka rekening koran dan mulai menyimpan setoran di rekening tersebut. Nantinya jika ada masalah pada flow cash data dari rekening, audit lebih mudah dilakukan karena semuanya sudah tercatat rapi.

Seperti yang disinggung sebelumnya, informasi pada rekening koran biasanya lebih lengkap. Jika tiap transaksi pada catatan rekening koran ada note dan penjelasan transaksi, tentu proses audit jadi lebih baik.

Apakah Anda Tertarik Memiliki Rekening Koran Ini?

Karena mudah didapatkan dan memiliki banyak manfaat, Anda disarankan punya rekening koran minimal dari satu bank. Memperkenalkan hal ini pada anak tentu penting. Jika Anda adalah orang tua, pastikan ajarkan anak budaya menabung dan coba buatkan rekening koran mereka.

Jika Anda tertarik memiliki rekening koran, pastikan hubungi pihak bank yang ingin Anda gunakan. Pasti layanannya manis dan santai. Jadi Anda tidak perlu takut menjadi pasien di sini. Sekian bahasan penjelasan, manfaat dan contoh rekening koran. Terima kasih sudah baca artikel ini. Semoga bahasan tersebut jelas dan bisa membuka wawasan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button