Mari Pahami Perbedaan Investasi dan Trading

Perbedaan investasi dan trading. Saat ini bisnis saham banyak dilirik karena jumlah keuntungan yang didapat bisa lumayan banyak jika tahu strategi yang baik dalam melakukan proses transaksinya. Namun memang ada beberapa istilah yang perlu dipahami sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis saham, seperti kata investasi dan trading. Kedua istilah tersebut penting untuk diketahui jika Anda berniat untuk berkecimpung dalam dunia bisnis saham baik online maupun tidak. Lalu, apa pengertian investasi dan trading, dan apa perbedaan investasi dan trading itu sendiri?

Pengertian Investasi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian investasi dijelaskan sebagai kegiatan yang melibatkan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Secara sederhana, investasi adalah usaha kita mengumpulkan uang supaya memperoleh keuntungan nantinya. 

Contohnya, ketika Anda melakukan investasi saham, artinya Anda memberikan atau menaruh sejumlah dana di suatu perusahaan dan secara langsung Anda akan memiliki hak klaim atas penghasilan atau income yang diperoleh perusahaan tersebut, dengan begitu Anda mendapat keuntungan dari dana yang Anda berikan atau taruh di perusahaan tersebut di masa mendatang. Orang yang  melakukan investasi tersebut dipanggil investor.

advertisement

Seperti yang dikutip dari sebuah artikel di Financialku, investasi merupakan kegiatan jangka panjang dan tidak berfokus pada  naik turunnya harga saham di pasaran, karena prinsipnya yaitu buy and hold. Jadi seorang investor bisa memegang kepemilikan saham tersebut sampai jangka waktu yang dia tentukan sendiri, yang pada umumnya 1 tahun atau lebih, baru kemudian di jual jika dirasa keuntungan sudah bisa didapat.

Pengertian Trading

Trading merupakan kata dalam Bahasa Inggris yang berasal dari bentuk dasar  trade, yang oleh Lektur.id diartikan sebagai suatu kegiatan jual beli atau perdagangan. Ketika Anda melakukan trading, artinya Anda melakukan kegiatan jual beli. Orang yang melakukan trading di sebut sebagai trader.Financialku.com menyebutkan bahwa trading ini dilakukan dalam rentang waktu yang relatif pendek sekitar 30 menit dan paling lama 1 minggu. Jika Anda kerap membeli saham saat harganya rendah untuk dijual kembali ketika harganya naik sewaktu-waktu, maka Anda bisa disebut sebagai trader. Karena itu jumlah transaksi yang dilakukan seorang trader akan jauh lebih banyak daripada investor. Menurut pada satu artikel yang ditulis di Cermati.com, sebagai trader Anda juga memiliki kebebasan untuk memilih saham mana yang akan anda beli atau jual sesuai keinginan.

advertisement

Dari pengertian diatas, dapat dilihat bahwa perbedaan investasi dan trading terdapat di makna dan jenis kegiatanya. Selain itu, perbedaan kedua istilah tersebut juga terlihat jelas pada penekanan waktu ketika transaksi dilakukan.  Seorang trader akan memanfaatkan kesempatan kapan pun itu jika dirasa keuntungan bisa didapatkan, sedangkan investor akan memberikan dananya untuk melakukan transaksi yang sekiranya dapat menambah keuntungan yang bisa diperoleh seiring waktu berjalan.

Perbedaan investasi dan trading juga bisa dilihat dari keuntungan dan kerugian masing-masing kegiatan.

Keuntungan dan kerugian investasi

Sebuah artikel dari web Cermati.com menggambarkan keuntungan yang investor bisa dapatkan menggunakan analogi menabung di bank. Dengan menabung di bank, investor akan mendapatkan bunga dari dana yang didepositokan tanpa harus repot menjalankan transaksi bisnis secara langsung karena yang akan bekerja adalah pihak bank. Disebutkan juga bahwa investasi bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang disibukkan dengan banyak pekerjaan.

Disebutkan sebelumnya bahwa trader mendapatkan kebebasan untuk memilih saham mana yang akan mereka beli atau jual, lain halnya dengan investor. Di dalam artikel dari Cermati.com disebutkan bahwa investor tidak dapat memilih target profit secara mandiri karena semua transaksi bukan dilakukan oleh investor. Sebab itu investor tidak memiliki kendali penuh atas naik dan turunnya profit yang diterima.

Keuntungan dan Kerugian Trading

Beberapa sumber menuliskan bahwa dengan transaksi yang bisa dilakukan secara langsung, maka keuntungan bisa didapatkan dalam waktu yang singkat, jadi trader tidak perlu menyimpan saham mereka terlalu lama. Selain itu trader juga memiliki banyak pilihan saham yang bisa dibeli maupun jual untuk upaya menambah profit. Proses transaksi yang terkendali memungkinkan trader untuk mendapatkan keuntungan yang besar secara cepat.

Walaupun begitu, pada sumber-sumber tersebut juga disebutkan bahwa harga saham yang cenderung berubah-ubah tiap waktu, membuat kegiatan trading memiliki resiko fluktuatif untuk harga saham di pasaran. Tentunya ini membawa resiko kerugian untuk trader karena harga jual saham mereka bisa turun. Apabila trader salah memilih strategi dalam bertransaksi, kerugian yang akan dialami pun cukup signifikan. Sebagaimana dengan penjelasan yang sudah diberikan diatas mengenai perbedaan investasi dan trading saham, kira-kira mana kah yang lebih cocok dengan Anda? Semua memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing, pilihan tergantung dengan preferensi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button